Posted on

Monitor LCD Blur?? Ini Solusinya!

kembali lagi di postingan terbaru saya, tentang masalah yang baru aja saya alamin pagi ini.
lagi asyik2nya browsing, sekalian main facebook, kok ada yang mengganjal di mata ya? kaya ada blur alias bagian yang burem menutupi teks yang ada di status-status teman saya disana. sepele, gw ambil lap kacamata terus gw elap tuh layarnya. selang beberapa lama kok itu burem kaga ilang-ilang? gw coba matiin LCD, terus liat permukaan monitor ketika sedang mati. “bersih kok” .. iya, emang bersih. pas gw nyalain lagi, kok burem lagi ya? facebooknya eror kali ya (mulai pikiran anak-anaknya kumat). gw coba buka situs lain, ternyata sama aja, burem. buremnya di tempat yang itu-itu aja. “wah ada yang gak beres nih” pikir gw. gw coba pantengin dari jarak dekat bagian yang blur itu. ternyata bikin gw rada shock liatnya pagi-pagi begini. ternyata pixel di bagian tersebut bergerak2 seperti tidak fokus!

ngerti ga maksudnya? pixelnya gerak/goyang2 gitu, sehingga kalo diliat dari jarak pandang normal terlihat seperti blur, blur yang dihasilkan oleh pergerakan pixel tadi. waduh.. gawat nih.. segera gw buka notepad, nulis huruf “m” yang banyak buat ngecek seberapa besar jangkauan goyangan pixelnya. dan ternyata hasilnya mengejutkan. total ada sekitar delapan KOLOM yang tersusun atas pixel pixel yang bergoyang itu. biar nggak susah bayanginnya, ini saya kasih ilustrasi:

kira kira seperti ini gambarannya. buka gambar ukuran full utk melihat blur

kira kira seperti ini gambarannya. buka gambar ukuran full utk melihat blur

itu yang saya kasih tanda garis hitam dibawah menandakan bahwa ada “pillar” pixel bergoyang yang berdiri tegak di LCD saya.

kebayang nggak sih? mudah-mudahan kebayang ya.

kebiasaan kalo ada masalah begini gw ngadu ke temen😆

untung ada temen gw yang online, gw tanyain dah.. katanya suruh tanya di kaskus.. bener juga, tapi kelamaan. di forum kan suka lama nunggu balesannya, postingnya hari minggu, dibalesnya hari senen minggu depan.

gw takut VGA sama monitor kenapa napa nih. kalo ampe rusak mampus aja gw, ga punya duit buat beli lagi.

keinget 1 hal, berhubung tadi subuh gw abis bersihin CPU, kan otomatis kabel2 harus dicabutin dulu tuh? nah mungkin gw kurang kenceng nyolokin kabel yang warna biru (yang bisa diputer puter itu lho) yang ngehubungin monitor sama VGA (bener ga sih?) ya pokoknya itu lah. pas gw coba puter (kencengin) dan gw coba liat monitor lagi.. “kok ngefreeze?”

monitor freeze! mouse dan keyboard nyala tapi ga bisa dipake. Ctrl+Alt+Del juga ga jalan. wadoh. nggak lama komputer restart sendiri😦

mampus.. mampus.. dalem hati gw. pas nyala, ternyata masih blur..😦

harus puter otak nih❓ gw coba googling nyari ilham, ternyata dapet juga. apa itu? resolusi. yoi,, resolusi!

gw coba pindah resolusi dari yang sekarang 1360 x 768 ke satu level dibawahnya, menjadi 1280 x 768 dan hasilnya benar saja, blurnya ilang dan pixel nampak normal. tapi kenapa? biasanya gw pake yang 1360 x 768 normal normal aja kok? something must be wrong, atau bahasa mandarinnya Sam Ting Wong.

dan mau tau apa yang salah? mata gw udah menuju ke tombol Auto Adjust di monitor gw. Auto Adjust ini gw curigai sebagai otak dari ini masalah. bener aja, gw colek tuh tombol.. srett.. dan blurnya pun hilang.

tapi gw masih penasaran. kenapa kok tadi bisa restart sendiri? oh ternyata penyebabnya adalah..

yep.. ini dia, ada 4 error dari system video gw. kacau ya?

yep.. ini dia, ada 4 error dari system video gw. kacau ya?

4 error yang disebabkan oleh system video hardware (VGA) gw! wadoh.. tapi slow aja lah, mungkin sistem gw lagi “cegukan”, toh sampe detik ini gw ga pernah nemu kejadian serupa lagi. hehehe😆

 

jadi intinya: kalo LCD blur yang pertama harus dilakukan adalah coba ngelap itu layar siapa tau kotor, kalo ga ilang juga coba ganti resolusinya atau coba di auto adjust aja monitornya, kalo ga ilang juga kayaknya harus ke tukang servis..😆

About aryasulistyo!

I tend to write to kill my spare-time.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s