Posted on

Batu ginjal, keluar tanpa oprasi

semua berawal pada tanggal 15 juni. Setelah sarapan jam 9, lalu nongkrong depan komputer sebentar.
siangnya mendadak terasa pegal yang lama2 makin parah di pinggang bagian kanan bawah. Hal pertama yang saya lakukan adalah coba googling tentang gejala ini.
“mati gw. kena usus buntu nih” itulah yang pertama lewat di pikiran ketika muncul hasil google kalau2 ini gejala usus buntu.
rasanya pegel banget, saking bingungnya, sampe2 rela nongkrong di kamar mandi, sambil berharap kali aja pas boker sakitnya ilang. hasilnya? boker pun gak bisa, buang angin pun ga bisa!
serius tuh perut rasanya keras, kembung gitu, kaya pengen buang angin, tapi udah ngeden tetep ga keluar juga. sengsara.

berhubung dirumah ga ada orang, langsung ke klinik deket rumah aja, dan divonis kena Disentri.
Disentri?? nggak mungkin. pasti ini dokter salah vonis dan salah ngasih obat juga lol
akibatnya sakit makin menjadi jadi. beneran, sakit banget. mau nungging kek, meringkuk, kayang, tetep itu sakit ga ilang2.
skip cerita, hari itu saya belom ke rumah sakit. lagi ga ada duit. 2 hari tuh sakitnya, ampe kaga bisa tidur semaleman.

akhirnya bantuan datang juga, bule’, om, sama sodara saya mau bantu buat berobat. alhasil dibawalah saya ke rumah sakit swasta di kota saya ini.
pertama di periksa, terus dokter curiga kalo ini emang usus buntu dan menyarankan untuk di USG.
hasil USG bagus tuh. normal dan sehat semua, kecuali ginjal bagian kanan.
baru deh, di vonis sama dokter.. katanya di ginjal saya ini terdapat endapan kristal (pasir) masih belom membatu.

terus tanya sekalian ke dokter, ini kenapa ga bisa buang air ya dok? yah katanya sih sembelit gitu. langsung aja tuh ama dokternya dikasih obat kapsul.
kapsul yang dimasukin ke bagian bawah. serius.

magrib pulang, agak enakan. ginjal udah nggak sakit lagi. besoknya pun bisa buang air besar lagi. alhamdulillah..

selama kira2 seminggu saya masih ngikutin saran dokter untuk minum air putih banyak2 sampai akhirnya, sekitar 2 minggu sebelum saya ngepost tulisan ini.
waktu itu lagi nongkring nongkring bareng temen, biasalah main game, ngalor ngidul ngomongin rencana liburan macem2.
biasanya tuh tiap nongkrong pasti makan siang bareng; nah makannya itu pasti warteg. ga jauh2.
udah tuh sengaja saya nggak pesen, soalnya saya lagi ga boleh sembarangan makan dulu takut kenapa2.
nah bodohnya saya tuh malah pesen minuman bersoda: kuku bima roso roso. siang2 enak tuh minum roso roso.
udah deh pas nongkrong emang ga terasa, tapi pas udah sampe rumah, beh.. rasa pegal yang bikin trauma itu muncul lagi. tapi bukan di ginjal kanan, melainkan di pangkal paha.
gile.. malem itu juga, buang air kecil susah dan terasa anyang2an, panik dong saya, jelas.

terus tuh nyoba bolak balik kamar mandi tetep anyang2an juga, kaga bisa keluar kemihnya. mana sakit banget lagi nih pangkal paha.
untungya sisa obat dari rumah sakit masih ada, langsung tanpa pikir2 lagi saya tenggak tuh obat (nama obatnya Kaflam apa Spasmomen gitu lupa, pokoknya buat menghilangkan nyeri)
sembari nunggu reaksi, saya pun mendeklarasikan nazar kepada Allah. nazarnya rahasia ya. dan sesaat setelah deklarasi itu, rasa nyerinya hilang. saya bersyukur banget saat itu. tidurlah saya.

pas bangun, beh… buang air kecil susah bener man.. gile, saya rasa sih emang nih udah ada batunye nih. lemes langsung bayanginye. beneran.
terus tuh kejadian berlangsung selama sekitar 3 hari. saya pun ga enak juga, masa minta bantuan sodara lagi sih. ah.. browsing internet aja, cari metode alternatif.
dan bener aja, banyak banget opsi. dari ngeracik sendiri sampe beli jamu, macem2. saya pun nggak langsung hajar aja, soalnya takut ngga cocok.

iseng nyari metode penyembuhan secara medis, ternyata, bisa dengan metode ESWL. menurut testimoni orang2 sih ESWL terbukti manjur, hari itu juga batunya hancur.
metode ESWL ini pake gelombang kejut, jadi nggak perlu di bius apalagi dibedah. boleh juga nih.. tapi biayanya? ampun. sekitar 8-10 juta sekali sesi.
yang bener aja, ngancurin batu kecil aja sampe 8 juta? ngga dah.. kaga.

galau. bingung.. saya udah bilang sih ke temen2 kalo saya sakit ini. mereka memang sahabat yang baik. mereka semua berdoa untuk kesembuhan temannya ini. terimakasih guys.
bahkan sampe2 ada yang mau minjemin duit 8 juta buat oprasi. waduh baik banget ya? tapi saya nggak mau ah. takut ga bisa balikinya hehe
sempet putus harapan, tiba2 semangat muncul lagi. masih ada jalan.
saya kebetulan nemu di internet, di wordpress juga malah, tentang blogger yang pernah menderita penyakit ini. dan tulisannya itu meyakinkan banget.
wah, patut dicoba. saya iseng kirim komentar ke tulisan itu, sukur2 dibales; dan emang nasib lagi baik, nggak lama dibales juga komentarnya, hehehe semangat lagi deh gara2 nemu orang yang bisa sembuh penyakit kencing batu tanpa oprasi.

bener aja, saya beli obat di toko obat (what do you expect?) nama obatnya BATUGIN ELIXIR.
serius nih saya bukan jualan bukan apa, emang ini obat ajaib bener. pasalnya, baru saya minum 3 takar aja (masing2 takar 30ml) efeknya langsung terasa.
sakit banget… ada batunya nih mau keluar. serius. itu batu kaya kedorong keluar sama derasnya urin tapi masih nyangkut di uretra. sakit bener.
tapi emang konsekuensi, daripada 8 juta nggak pake sakit, mending 30 ribu pake sakit. hehe

saya sempet kecewa juga, dan sedih. serius. ramadan udah tiba, tapi masih sakit. sakit beginian lagi. kalo pilek mah hajar aja puasanya😛
tapi kata emak saya juga mending sembuhin dulu tuntasin, daripada puasa ntar tambah parah. iya deh. saya terus jalani aja minum obatnya.
hari pertama ramadan, saya ngga puasa, ngga teraweh. ngaji aja di rumah ngulang lagi dari al baqarah. kebetulan ada terjemahannya.
ga sengaja liat ada ayat yang artinya tuh merujuk ke keadaan saya waktu itu. kira2 begini bunyinya “Tepati janjimu kepadaKu, niscaya akan Ku tepati janjiKu kepadamu, dan janganlah engkau ingkar kepadaKu”, dsb2. wah saya yang punya nazar, langsung bengong. harus ditepati nih nazarnya🙂
terus iseng juga buka ayat secara acak, terus liat terjemahannya. bener aja. ketemu lagi ayat yang terjemahanya itu seperti “menyindir” saya pribadi, “wah bener juga nih..” (jadi malu sendiri kan)
subhanallah.. emang keajaiban kali ya bukan kebetulan.

singkat cerita, 1 takar lagi abis tuh obat. kejadiannya malem tuh. hari kedua ramadan. pas mau tidur, saya tuang tuh obat ke takarannya.
saya baca doa. kira2 begini “ya Allah semoga ini obat bisa menyembuhkan penyakit saya, semoga ini batu keluarnya ngga sakit ya Allah, Engkau Maha Segalanya, tentu mengangkat penyakit seperti ini bukan perkara yang sulit. sembuhkanlah saya. (lalu baca doa nabi yunus waktu di perut ikan paus) aamiin..”
yap. kira2 begitu intinya. dan abis itu minum air yang banyak segilanya. sebelum benar2 tidur saya cek dulu ke kamar mandi. mau tau update rasanya kayak gimana sih setelah obatnya mau abis.
ternyata hasilnya.. masih sama, cuma kali ini lebih parah sakitnya. gila. luar biasa sakitnya saya ga yakin kalo ada laki2 yang mengalami ini tanpa meraung raung (halah) dikamar mandi. serius. gabungan antara rasa terbakar, perih, sakit, ngilu, nyeri, nyut nyutan ada semua. mana kemihnya gak keluar lagi ampun dah.

tidurlah saya dengan keadaan kembung banyakan minum. paginya, pas emak sama ade saya lagi pada saur kira2 jam 4 lewat dikit. (mereka udah saur duluan saya gak dibangunin karena ga puasa)
saya terbangun tuh mau kencing. biasalah panggilan alam setelah bangun pagi.
deg-degan juga nih, takut sakit lagi, soalnya semalem kan sakit banget. pas saya mau buang air..
lho? kok ga mau keluar sama sekali? (melemaskan badan) serrrrrrrrrrrr… WADOH! BATUNYA KELUAR!!!!!!!
bukan main girangnya saya, agak shock juga masih ga percaya ini batu beneran keluar. saya nekat tuh ngobok WC pake tangan kiri cuma buat ngambil batunya doang. wow
segede beras batunya. lumayan gede itu. pas saya ukur ukurannya 5mm atau setengah senti. gile bener. sumpah lega banget abis itu.

dan saya sadar, bahwa bener2 kekuatan doa itu emang paling powerful dah. apalagi doa ibu, adek dan doa temen2, termasuk doa2 kalian yang ditambah dengan nazar. beh..
serius. nanti kapan2 saya upload foto batunya. masih ada saya simpen, saya plastikin biar ga ilang.

hari ketiga ramadan, batu keluar. masih was-was kalau2 masih ada batu yang tertinggal. maka dari itu saya ngga puasa lagi. dihari ketiga itu pula saya masih merasa sakit kalo lagi buang air kecil.
mungkin masih karena luka yang ditumbulkan oleh gesekan batu kali ya. tapi cuek lah. mumpung gak puasa minum yang banyak aja hehe
sekalian beli obat itu lagi di toko obat seharga 30 ribu hehe.

hari keempat, saya masih merasakan sakit. tapi nggak parah2 amat kaya hari ketiga. saya tetep minum obat secara teratur hari itu. hingga merasakan sensasi buang air kecil senikmat dahulu..
saya memvonis diri saya sendiri SEMBUH. dan, dihari kelima inilah, puasa ramadan pertama saya bulan ini. hehe

terimakasih, kepada Allah swt, kepada sodara2 saya, kepada ibu dan adek saya, teman saya, kalian, dan orang2 yang menginspirasi saya untuk mengkonsumsi obat2an herbal
karena tanpa mereka semua, dan kalian juga, mungkin sampe sekarang saya masih deg-degan kalo mau buang air kecil. hehe

reviewnya nih biar ga bingung, buat bantu para pembaca, kali aja rekan sodaranya mengalami penyakit yang sama:
-gejala pertama pegal di (pinggang)perut bagian kanan/kiri bawah (bisa salah satunya)
-merembet ke rasa nyeri yang luar biasa sakitnya
-lama lama bisa turun dari pinggang ke pangkal paha
-kalau berkemih suka anyang2an
-rasa sakit timbul ketika buang air kecil mau selesai
-minum obat penghilang rasa nyeri kalo sudah nggak kuat (sesuai anjuran dokter)
-kalo mau oprasi biayanya 8 hingga 10 juta per sesi
-kalo mau herbal, obatnya cuma 30 ribu namanya BATUGIN ELIXIR (sirup) atau CALCUSOL (kapsul)
-minum herbalnya rutin, 3-4x sehari sampai obatnya habis. mudah2an langsung keluar itu batu
-pas batu keluar ternyata nggak sakit kok beneran
-jangan berenti minum herbalnya kalo masih dirasa sakit.

sekian. maap kalo kata2nya seadanya, saya nulis di notepad nih :O

Foto nanti saya update yah

About aryasulistyo!

I tend to write to kill my spare-time.

153 responses to “Batu ginjal, keluar tanpa oprasi

  1. fasyaulia

    Gile terakhir baca blog kamu pas katanya sakit, sekarang sembuh. Alhamdulillaaaah. Mudah-mudahan ga sakit2 lagi deh ya.

  2. Beberapa bulan yang lalu, saya minum Kapsol Calcusol sebanyak 3 botol kecil, ternyata betul batu ginjal saya keluar 2 potong bergantian, sampai sekarang batu ginjal itu saya simpan. Terimakasih CALCUSOL

  3. Jaelah bang, kalo mau aduin batu ginjal punya bapak gw ama punya lu. Gile ukurannya bang, 1cm lebih.
    Piss… Ga mau perang…

  4. dimdim ⋅

    bang, gw ga ngalamin buang air kecil nyeri, tp kadang pinggang pegel (kadang), tp yg bikin gw bingung buang air besar nya ada batu kek kerikil gt (kerasa pas cebok, ada 2-3mm gt), aduh apa kira2 batu ginjal yah? >.<

  5. bowo ⋅

    ternyata batu ginjal juga bisa menyerang kaum muda ya gan, ane juga divonis suspect sih ama dokter, dikasi obat tp baru sehari, moga2 atas ijin allah bisa sembuh gan

  6. Dedi ⋅

    Sungguh sangat berarti info nya istri sy juga Lg sakit dan udah di USG ternyata batu ginjal dan sekarang komsumsi Batugin sirup juga semoga aja bisa seperti anda batu nya keLuar…amiin

  7. paryadi ⋅

    Belinya di APOTIK atau di Toko Obat Cina mas bro..?

  8. yf ⋅

    Aq sekarang ini juga kena batu ginjal ,sakitnya minta ampun
    dan aq coba minum batugin elixir mohon bantu doanya

    • aamiin, cepat sembuh ya oom🙂

      kalo berkenan sharing juga dong penyebabnya/kronologisnya gimana

      • sujadi ⋅

        penyebabnya adalah saking terbiasanya laki-laki kencing dengan berdiri sehingga air yang di minum itu langsung masuk kantong kemih tanpa mampir di ginjal , bandingkan kencing dengan jongkok maka ginjal akan berfungsi dengan baik sebagai penyaring /filter sebelum masuk kantong kemih, sehingga tidak terjadi pengkristalan /pengendapan di kantong kemih, begitu ceritanya. semoga bermanfaat.

  9. Kristanto ⋅

    Tadi malam habis buka puasa, perut terasa mulas, ke toilet tapi ngga ada yg keluar eh malahan tambah sakit, melilit di perut bawah kanan menyebar kr pinggang belakang. krn ngga tahan dianter ke rmh sakit, setelah cek lab ketahuan air seni berdarah en dokte bilang ada batu ginjal. Trus setelah dikasih penghilang rasa sakit terasa mendingan banget, Alhamdulillah, dokter kasih resep obat Batugin Elixir ini, mg2 segera sembuh. …..

    • untung udah nggak puasa ya bro hahaha

      paksain aja minum air putih segila-gilanya, ditambah minum batugin 4x sehari. Insya ALLAH 3-4 hari batunya keluar🙂

      kalo sakit pinggang lagi (kolik) minum aja obat penghilang nyerinya (emang deh kalo sakit ginjal yang paling nggak nahan itu koliknya)

      semoga lekas sembuh ya bro:)

  10. Arfan ⋅

    Bro, gw ngerasain nyeri d pinggang kanan dan perut bwh sudah lama, dr tanggal 10/06/13 ane sudah ke dokter 2 x, umum 1 x dan spesialis penyakit dalam 1x, dan hasil diagnosa sama, yaitu dirasa nyeri otot. pada saat d periksa dok ane pernah d tanya ada nyeri punggung ga. ane jwb g ada. Tp ternyata ane br nyadari ada nyeri tersebut, di tambah lagi nyerinya sampai ke telur sebelah kanan ane😦😦 .
    Dan sekarang ane belum ke dokter lagi, krn mndapat tgs dr kantor utk stay d hotel selama 1 blnan😦😦
    Jadi ane akan ke dokter lg utk periksa plg gawe ini tgl 22.
    Ane jg selama ini berusaha utk minum banyak air Putih
    Minta saran bro …,

    • sorry baru bales bro, waduh.. kalo nyerinya udah sampe bagian bawah gitu besar kemungkinan si batu udah bersarang disana bro. ane dah ngalamin soalnya rasanya campur antara pegel dan nyeri. nggak enak banget deh!

      saran saya sih, minum batugin (atau obat dari resep dokter), banyak2 minum air putih, kalau mau pipis jangan ditahan, serta jangan lupa berdoa bro

      mudah-mudahan kalaupun ada batunya, batunya nggak berukuran besar. soalnya menurut kabar yg ane denger, batu yg ukurannya agak besar itu susah banget untuk keluar dan bisa nyangkut (jangan sampe)

      kalo ukuranya seperti itu, ada cara yg bisa ditempuh yaitu tembak laser (mahal lho. NOT recommended jika uangnya belum ada!) dan paling banter minum batugin (karena obat ini bisa mengikis batu ginjal sedikit demi sedikit, sampai ukurannya kecil dan bisa keluar sendiri lewat saluran kemih)

      coba ente beli obatnya barang satu botol deh, dan coba minum 3-4x dalam sehari, Insya Allah setelah habis satu botol batunya sudah bisa keluar sendiri

      good luck ya bro, ane doain dari sini. semoga lekas sembuh🙂

  11. edu ⋅

    halo bro arya. Mau tanya -tanya dikit nih. Sekitar sebulanan lalu saya merasa “agak ngak enak” di bagian ginjal kanan saya. Lalu periksalah saya ke dokter. Di test urine katanya ginjal saya sehat, di test fisik sama dokter diketok di bodi juga sehat, tapi pas di test USG baru ketauan ada batu ginjal 0,9 cm (hampir 1 cm) bersarang di ginjal kanan, dan 2 batu kecil di ginjal kiri. Lalu dokternya ngeresepin obat batugin elixir. Di minum 2 kali sehari 15 ml (kagak full takaran nih). Karena efek baca baca dari internet saya sudah siap siap tuh untuk menerima rasa sakit yg parah pas batunya keluar. Tetapi pas sudah sebulan kok ngak ada yg keluar ya? tapi memang rasanya bener2 enteng di tubuh saya. Yg saya ingn tau nih masbro apa si batugin elixir itu bisa mengikis batu ginjal perlahan atau memang mendorong keluar ya? Pernah denger ada kasus orang minum batugin lalu lama2 batu ginjalnya terurai sendiri kah? . Saya belum sampai sakit bener kayak mas, dan pas sudah minum batugin juga ngak ngerasa sakit, Kencing sih lancar terus. Sy jadi penasaran pas nungguin batu ginjal kok ngak nongol2 kayak pengalaman orang2 lain setelah minum batugin. Padahal sy di usg ada batu ginjalnya… makasih mas bro. Kalau2 ada info kenapa pengalaman sy beda ngak keluar batunya nih padahal uda minum batugin. Kalau ada aja. Oh ya skarang sy sudah anti minum extra joss, krating daeng, kopi dan teh. Kata dokter yg usg minuman dari luar yg paling aman namanya air kelapa dan so pasti air putih yg banyak.

    • ceritanya hampir mirip sama saya tuh heheh

      bedanya kalo saya udah sakit baru ke dokter :hammer:

      sebenarnya sih fungsi batugin elixir itu menggerus/menghancurkan batu ginjal dari dalam bro, misalnya batu ginjal ane yang ukurannya satu koma sekian cm itu digerus sampai ukurannya agak kecil hingga muat keluar melalui saluran ureter bersamaan dengan urine. tergantung hoki juga sih, soalnya untuk batu ginjal yang kedua, ukurannya cukup besar. meskipun detik-detik ketika batu akan keluar itu (hampir) tidak sakit sama sekali, proses buang air kecil sebelum itu terasa sangat sakit bro, dan nggak bisa tuntas (mungkin karena batunya nyangkut di saluran ureter)

      kembali ke topik, kalo anda nggak merasa sakit menurut pengalaman saya sih kemungkinan ada dua hal:
      yang pertama adalah batu didalam ginjal sudah berhasil digerus sama batugin elixir ini sampe jadi butiran pasir sehingga keluarnya (saat buang air kecil) nggak terasa.
      yang kedua, mudah-mudahan jangan sampai terjadi, batu ginjal masih tertahan di ginjal kanan anda. hal ini pernah terjadi sama saya, waktu sakit utk kedua kalinya. beberapa saat saya mengalami kolik (tanda batu sudah ada didalam ginjal), namun reda sendiri nyerinya. hingga beberapa hari kemudian kumat lagi, dan batu pun sudah mulai jalan-jalan di sistem pembuangan saya.. haha.

      saya mau tanya, anda ini kalo buang air kecil sampai tuntas? kalo tuntas, pertahankan pola hidup anda dengan minum air putih yang banyak. sebab kalo “meleng” sedikit saja bisa kambuh dengan cepat.

      saya juga wanti-wanti nih, jangan sering-sering minum selain air putih. kalaupun terpaksa minum selain itu, pasti saya minum batugin lagi, anggaplah sebagai “pencuci” ginjal😀

      semoga kita semua masih diberi kesehatan bro, aamiin😀

    • sujadi ⋅

      pengalaman anda beda dengan yang lain karena jenis batu yang ada di dalam juga berbeda . pengalaman orang2 lain setelah minum batugin kemudian batunya keluar itu karena kebetulan batunya termasuk batu yang lunak (mudah hancur), apabila batunya termasuk yang keras maka butuh kesabaran . saran, minum air putih yang banyak biar sering kencing (untuk mencegah pengendapan/ pengkristalan ) dan biasakan makan / minum dengan duduk dan kalo kencing usahakan dengan jongkok! semoga bermanfaat

  12. edu ⋅

    wah terimakasih atas reply dan infonya mas arya. Barusan sy baca blog orang yg kena batu ginjal dan sembuh dengan ramuan tradisional dia baru berhasil keluar setelah 2 tahun. Bentuk batunya orang itu ngak beraturan sperti karang gitu, sedangkan di blog lain ada yg keluar cepat bentuk batunya elips lonjong begitu .
    Gile lama juga ya kalau sampai 2 tahun baru keluar.
    Kalau boleh tanya ni mas, itu mas arya dari awal minum batugin sampai keluar batu ginjalnya berapa lama ya? ada 2 bulanan kah? habis berapa botol batugin kah?
    Dan apakah 3 kali sehari selalu full dosis minum batuginnya (satu takaran penuh 30 ml) ?
    Kesannya kayak nunggu thr saja ya saya padahal nunggu batu ginjal keluar…ckck
    Makasih atas info di blog ini mas

    • sorry nih baru sempat bales.

      emang jangka waktu bisa beda-beda, mungkin tergantung ukuran batu dan faktor lain.

      kalo saya sih kronologisnya, untuk kasus pertama saya merasa nyeri pinggang selama 4 hari, kemudian rutin minum batugin yang botol gede (harganya 30 ribu) tiap hari 4 takar, itu sampe habis satu botol kira-kira 4-5 hari lah lupa.. dan setelah minum takaran obat yg terakhir (udah habis), subuhnya itu batu keluar sendiri.

      untuk kasus kedua agak lain, ini lebih cepat karena saya hanya menghabiskan satu botol batugin berukuran kecil (20 ribuan), sekitar 3-4 hari saya minumnya sampai batu keluar sendiri.

      jadi bisa diambil kesimpulan untuk kasus saya, batu ginjal yang teksturnya mirip batu koral/karang/kapur itu bisa keluar paling lama setelah 1 minggu. itu juga dibarengi sama minum air putih yg banyak, berdoa agar diberi kesembuhan, serta positive thinking bahwa semua akan beres pada waktunya🙂

      untuk takarannya sih kadang-kadang tepat 30ml, tapi kadang-kadang kalo lagi gak sabaran langsung saya minum dari botol ga pake takarannnya😆

      semoga cepat sembuh mas.. saya doakan

  13. To mas arya saya mau sharing dikit dan nanya, kebetulan nih pengalamannya mas arya hampir 99% sama dengan saya dan saya tau persis gimana rasanya perih bercampur sakit, hampir 10 hari saya tepar menahan nie sakit tidur salah, duduk salah, apalagi jongkok serba salah pokoknya yg benar mati aja kayaknya hahaha.. sebelumnya memang pola makan minum saya gak benar suka makan jeroan, daging dan minuman berakohol, padahal klu dilihat dr segi pengalamn yg namanya sakit ginjal itu pernah bikin masa-masa kelam dlm kelurga saya, kakak tertua saya meninggal gara2 gagal ginjal sudah pernah berobat kemana2 medis non medis hasil tetap nihil kondisi makin parah begitu juga dng harta benda krna mahalnya biaya cuci darah 2kali seminggu blum jg obat2tan yg lain, blum jg ngamar dirumah sakit klu kondisi lg drop skali, itu selama 2 tahun dan akhirnya gak ktolong lagi, awal gejalanya sih karna batu ginjal trus katanya dia pake obat cina gak taulah apa namanya itu yg jelas batu ginjalnya memang keluar 2 biji sebsar beras, tp stelah lama kelaman mungkin ada efek samping dr obat tersbut ginjalnya meradang dan hasil tes menunjukkan ginjlnya mengeluarkan sejenis cairan dan akhirnya mengkerut ( gagal ginjal ) nah waktu itu saya ikut nganter dia kdokter dan saya denger sendiri klu dokter bilang kemungkina besar saudara anda jg bisa kena sakit ini, memang sih klu dilihat dr riwayat kluarga kakek ( ayah dari ibu saya ) meninggalnya karna sakit ginjal jg. Sempat sih pernyataan dokter ini menghantui saya stlah kakak saya meninggal, nah skitar 6 atau 7 tahun kemudian dng pola makan saya sprti diatas, saya merasa ada yg aneh dng pinggang saya sprti nyeri gitu, dan memang benar pas ditempat kerja tiba2 saja pinggang sya sakitnya bukan main juga dibagian perut sampe2 gak bisa nafas, singkat cerita pernah kambuh 2 kali saya dilariin ke rumah sakit, (sama ceritanya disini nih) hasil tes ada batu ginjal, lemas, putus asa kebayang akhir cerita kayak apa nantinya, akhirnya dikasi informasi ma tetngga coba alternatif pijat reflexsi pengalamn dr temanna dah pernah smbuh lwat terapi ini, saya coba, dan imbangi dgn komsusi obat dr dokter yg memang menyediakan pengobat alternatif reflexi jd skalian deh.. juga pengobatan alternatif yg lain dng energy supranatural dr seorang yg pintar saking bingung dan takutnya saya boyong smua pengobatan… Akhirnya setelah 10 hari batu ginjal keluar entah pengobatan yg mana menyembuhkan saya gak tahu dah, tes IVP krmh sakit ginjal bersih, tp bisa2 dokter nyaranin lg tes berikunya masukin selang lewat penis yg ada kamera biar betul2 tuntas dan tau penyebab pastinya biaya 8jt ampe 10jt ya udah kaburrrrr….setelah sekian lama giliran bapak saya yg di diagnosa batu ginjal dng ciri yg sama dirumah sakit yg sama pula, karena saya dah tahu alur ceritanya kayak gimana stelah ketauan tuh penyakit lngsung aja saya memutuskan alternatif sprti yg saya jalankan sblumnya, hasilnya ada perubahan namun kadang2 klu kondisi bapak saya lg down sakitnya kadang muncul kmbali dibagian pinggang dan harus didoping dng obat penghilang rasa sakit, dan klu pun habis tu obat sakit muncul kmbali, nah saat saya tulis nih cerpen hahaha…saya sdang mersa nyeri kembali dipingang saya sudah hampir dr 5 hari yg lalu habis dr sakit dan saya suka konsumsi obat pasaran apabila sdang sakit dan saya curiga kalau batu ini muncul kembali. Pertanyaan saya adalah batugin elixir 100% herbal? gak ada efek samping? sprti obat cina yg saya critakan diatas dan apa aman kita konsumsi berdasarkan hanya kecurigaan terhadap ini penyakit tanpa pemeriksaan dr dokter dan resep dr dokter?, soalnya saya mau beli nie obat toh nanti klu faktanya ginjal saya sehat dan kecurigaaan saya salah dan terlanjur mengkunsumsi nie obat, soalnya saya males cek kedokter ( dilihat dr biaya ) atau minum tiap hari sbagai pencegahan… Ok deh mas makasih buat luwangkan waktunya tuk baca crita dan pertanyaan saya yg singkat ini…. salam kenal juga
    soalnya saya mau konsumsi nie obat juga untuk bapak saya

    • saya baca ceritanya dari awal sampai akhir, mas Eddy. memang benar penyakit batu ginjal ini ada faktor keturunannya. Kakek (dari ayah) saya almarhum pernah sakit ini, begitu juga dengan Ayah saya almarhum. beliau meninggal kena komplikasi, kelenjar getah bening, paru, ginjal, semua kena. gejala yang dialami ayah saya dulu juga persis. nyeri di pinggang bagian kiri. tapi karena waktu itu saya belum ngerasain sakit ginjal, makanya saya nggak bisa kasih rekomendasi buat ayah saya.. sampai sekarang saya suka sedih kalo ingat betapa sakitnya kalo nyeri kambuh, sementara ayah saya menahan sakit itu selama berminggu-minggu tanpa obat, hanya dengan air putih hangat ditambah pijit/kerokan dibagian pinggang. perlu diketahui juga keluarga kami bukanlah keluarga yg berkecukupan. untuk cek USG saya saja, harus “pinjam uang” sama saudara.

      kalau boleh tau, obat cina merk apa mas Eddy? dan apakah obat tersebut anda dapat atas saran dokter, atau dari informasi rekan-rekan anda? waktu ibu saya sakit (nyeri akibat tulang patah) juga pernah direkomendasikan obat cina. bentuknya kapsul, harganya mahal sekali. 100 ribuan untuk kira-kira 6 buah kapsul. dan kata yang jual obat pun, itu obat ampuh banget untuk melawan rasa nyeri. tapi setelah saya browsing di internet mencari info tentang obat tersebut ternyata banyak yang “wanti-wanti” kalau obat jenis itu nggak boleh sembarangan, dan nggak boleh rutin.. efeknya bahaya, karena bisa ngerusak ginjal, katanya..

      itu mau dimasukin kamera ke penis? jangan mau. saya yakin itu akal-akalan oknum dokter yang ingin nyari uang lebih. setau saya kalo sakit dibagian penis itu pasti cukup di ronsen aja, nggak sampe dimasukin kamera segala. tapi kembali lagi, saya bukan dokter, mungkin dokternya lebih tau.. hehehe

      untuk kasus ayah anda.. persis seperti yg saya alami.. waktu awal-awal sakit saya juga sempet doping dengan obat pereda nyeri, namanya Kaflam 50mg, harganya 4000 rupiah di apotek. obat kecil itu manjur banget lho.. efeknya mulai bereaksi maksimal 1 jam setelah minum obat. dan 1 tablet itu bisa meredam sakit kira-kira 6-7 jam lamanya. ini obat selalu saya minum apabila mulai timbul gejala nyeri saja. kalau cuma gejala “tidak enak” seperti pegal-pegal, saya paksa minum air putih + batugin elixir + coba buang air kecil (jangan dipaksa keluar). karena apa? karena saya baru baca fakta ternyata obat pereda rasa nyeri itu bisa merusak ginjal juga apabila dikonsumsi rutin, terlebih lagi tanpa resep dokter.. (saya beli ketengan di apotek tanpa resep hehe). makanya ibarat kata obat itu adalah kartu AS saya apabila menghadapi situasi yg tidak enak itu.. saya rasa boleh-boleh aja ayah anda minum obat pereda nyeri, tapi jangan sering-sering. cukup 1x sehari kalo lagi sakit banget nggak bisa ditahan, atau minumnya sebelum tidur agar bisa tidur nyenyak malam hari.

      untuk batugin sendiri, kalo dilihat dari labelnya saya berani jamin 100% herbal. baiknya diminum 4x sehari bagi penderita, dan tiap hari minimal harus habis satu botol aqua ukuran 1 liter apa 1.5 liter tuh (yg botol minum supir truk itu lho hehe). mudah-mudahan kombinasi 3 hal tersebut bisa membuat anda dan ayah sembuh, karena Kaflam mampu mereda rasa sakit sementara, Batugin mampu mereda serta memperkecil ukuran/menggerus batu yang ada didalam tubuh, serta air putih yg banyak mampu untuk mendorong batu keluar.

      saran saya sih mas, coba konsultasi ke dokter dulu, coba tanya2 tentang Kaflam 50mg, batugin serta alternatif lainnya, karena sistem tubuh orang kan beda-beda, dan faktor umur pasti mempengaruhi. takutnya nanti anda atau sang ayah nggak cocok sama obat yg saya rekomendasikan, nanti malah tambah parah lagi.. hehe semoga tidak ya. aamiin..

      sama-sama mas Eddy, ceritanya berharga sekali.. mudah2an bisa jadi pelajaran buat kita semua. terimakasih telah berbagi, salam kenal🙂

      semoga lekas sembuh dan semoga tuhan berikan kesehatan buat kita semua😀

  14. wachid ⋅

    Saat ini saya lagi mau coba pengalaman minum Batugin gan…cuma satu minta doanya juga ya….

  15. edu ⋅

    terimakasih nih mas arya atas info2 diatas. Sekitar 1,5 minggu lalu (7 hari lebih dikit) saya cek USG ke sebuah RS di depok. Cek USG lagi karena masih merasa ada yg tidak enak di ginjal. Walau belum sampai tahap kesakitan. Hal ini saya lakukan setelah proses minum batugin elixir 1 setengah botol gede dan tidak ada batu yg keluar.
    Ternyata di ginjal kiri yg tadinya ada 3 batu sudah hilang 2 sehingga sisanya 1 batu. Dan ginjal kanan apesnya batunya masih bercokol seleber 1 cm. Wah, sy kaget kok batugin ngak ngaruh nih sama batu yg di ginjal kanan saya.
    Pas saya sedang di ruang tunggu menunggu hasil USG tanpa sengaja saya ngobrol2 sama 2 orang bapak2 yg masalahnya sama yaitu batu ginjal. Satu bapak ini diantar oleh istrinya bercerita dia juga pake batugin tapi ngak keluar2. Lalu oleh tetangganya disuruh pake calcusol. Maka minumlah dia calcusol selama 2 minggu sesuai dosis. Dan pas di USG terakhir yang tadinya ada batu ginjal ternyata sudah hancur jadi pasir. Cerita di ruang tunggu ini jadi disimak juga oleh bapak2 lain yg baru keluar dari UGD (unit gawat darurat) karena nyeri. Jadi pas bapak pertama ini pas di USG lagi kelihatan itu batu jadi pasir karena efek dari calcusol. Wah, maka saya pas pulang maka coba konsumsi calcusol. Dan memang beberapa hari lalu saya lihat di dalam kencing saya ada pasir “melayang” dan rasa tidak enak di ginjal kanan sudah tidak ada.
    Saya coba riset riset dikit di internet soal calcusol ini ternyata kandungannya 100 persen tempuyung. Kalau batugin kan tempuyung plus keji beling tapi sudah dijadikan cairan. Mungkin lebih konsentrat kali ya? Semoga sembuh nih pake calcusol. Ya jadi lewat obrol2 di ruang tunggu itu ternyata ada kasus juga dimana pake batugin belom mempan tapi pake kalkusol mempan.
    Doa saya buat semua mas mas yg kena batu ginjal agar cepet sembuh dan menghindari makanan hewani plus hindari kopi dan teh, hindari minuman soda, hindari macem extra joss.
    Kalau minum Air putih, air kelapa, dan jus saja itu aman. Sekarang sy seperti itu minumnya.
    Salam.

    http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/11/08/12/lptjw8-hasil-karya-prof-sardjito-sumbang-negara-rp-40-juta-tiap-bulan

    • cakeppp bener deh😀

      emang saya juga direkomendasiin sama ‘mamang’/paman yg dulu pernah sakit ginian, disuruh minum calcusol kapsul.. tapi berhubung pas hari H ketika sakit saya nyari nggak ketemu, beralihlah saya ke batugin.

      nah mungkin kandungan tempuyungnya itu yg berperan besar. kalo mau lebih bagus makan langsung daunnya aja mas wkwkwkwkw

      berarti sekarang sudah sembuh dong mas.. alhamdulillah kalau begitu.. semoga nggak kambuh lagi ya🙂

      sekedar ngingetin juga kalo katanya sih, orang yg sekali kena batu ginjal bakal kena terus kalo pola makan ga dijaga, so, hati-hati aja deh dari sekarang.

      makasih atas komentarnya mas😆

  16. edu ⋅

    Info dikit gan….

    Mencegah Kencing Batu

    Cukup Minum Banyak Air Putih

    TIDAK ada seorang pun yang mau terkena sakit kencing batu. Lalu bagaimana caranya bisa mencegah penyakit ini? Caranya gampang, cukup dengan minum banyak air putih adalah tips paling gampang. Minum banyak air putih membuat produksi urine bertambah, sehingga endapan-endapan yang beresiko mengalami kristalisasi dan bisa membatu akan ikut terbuang bersama urine. Standar kebutuhan air pada manusia biasanya mengikuti rumus 30 cc per kilogram berat badan perhari. Jadi, orang dengan berat badan 60 kg membutuhkan asupan air minum sebanyak 1,8 Liter per harinya. Kebutuhan air juga bisa dipenuhi dengan rajin memakan makanan yang banyak mengandung air, seperti sayur dan buah.

    Selain itu hindari kebiasaan menahan buang air kecil, karena akan menimbulkan keadaan statis urine yang dapat berakibat pada terjadinya pengendapan kristal. Karena kebanyakan batu terbentuk dari kalsium, maka semua menu yang kaya akan kalsium seperti susu, keju ikan salmon, sarden perlu dibatasi. Jika berasal dari air tanah, periksalah apakah kandungan zat kapurnya tinggi.

    Langkah pencegahan lainnya adalah jangan berlebihan mengkonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D dosis tinggi. Suplemen ini dipromosikan dapat mencegah osteoporosis, namun justru berbahaya karena menimbulkan batu kalsium bila dikonsumsi di luar waktu makan. Namun, hal itu tidak berbahaya bila mengonsumsi segera diikuti dengan makan. Kelebihan vitamin D dapat memancing terlalu banyak penyerapan kalsium.

    Batu ginjal juga bisa terbentuk dari asam urat, maka menu protein yang banyak kandungan purin (jeroan, daging, makanan kaleng, kacang-kacangan, terigu) juga perlu dikurangi, termasuk jika batu yang terbentuk terbuat dari oksalat yang berasal dari sayur mayur.

    Orang-orang yang pekerjaannya duduk dan kurang bergerak lebih gampang terkena batu saluran urine daripada orang yang pekerjaannya banyak gerak atau kerja fisik. Untuk itu dianjurkan untuk melakukan olahraga secara rutin.

    Kurangi juga asupan makanan dan minuman yang dapat membuat pH urine menjadi asam. Seperti asupan protein hewani yang berlebihan, jus apel, jus anggur, dan jus tomat. Jika pH urine turun, reabsorbsi kalsium dalam ginjal berkurang sehingga kadar kalsium urine naik. Batu kalsium oksalat akan terbentuk pada pH urine 5,2. Selain itu, hasil metabolisme protein hewani akan menyebabkan kadar kalsium dan asam urat dalam urine naik. (san/net)

  17. Info bagus gan , ceritannya sama nih , jam 10 malam ane nongkrong nih dpan komputr , biasa juga maen game , g lama ane kepingin buang air kecil tp aq tahan ni ye saking asiknya ngegame , sampe akhirnya terasa nyeri di pinggang ,aq udahin game nya , langsung deh ke kamar mandi .. waktu mau kencing rasanya sakitnya minta ampun .. bahkan g keluar , sampe pagi ane nongkrong di kamar mandi , mau beol juga susah , akhirnya jam 7 pagi ane periksa ni ke dokter sebelah , katanya kena tipus , pas aq tanyain , pipisnya tersendat sakit , katannya tipusnya nyerang ke saluran urin , pake suntik segala lagi , oke lah mudah2an sembuh , nyampek periksa tidur ane . .
    Bangun tidur pas lagi buang air , rasannya kaya di potong lagi nih burung T_T ,
    untungnya nih ada bos ane yg baik suruh periksa lagi nih ke RS , alhasilnya ane di vonis bahwa ginjal ane mengalami penyumbatan(batuginjal) . . ane di sarankan untuk operasi , tapi ane g punya biaya , mrembes sambil nongkrong di kamar mandi T_T,
    untung aje ada bos ane yg baik hati , yg dulunnya juga ngalamin , langsung deh ane di kasih obat >>BATUGIN<< 2 botol , ini baru semalem ane minum obatnya , n sekarang belum sembuh juga .. batunya suka kali ya nyarang di situ , guling2, nungging , ampuuunnnn sakitnya ,,. moga cpet keluar nih batu n lekas sembuh -_-

    • ternyata ada juga yg kisahnya hampir mirip..

      ya itulah.. akibat dari nahan pipis >.<
      saya juga waktu itu nongkrong di kamar mandi sampe pagi, perut diolesi minyak tawon + kayu putih sampe kulitnya mengelupas karena iritasi. nyiksa banget..

      karena kalo ginjal yg kena sistem tubuh bisa kacau semua, salah satunya ya sembelit itu sendiri. gara2 ginjal, saya sama sekali gak bisa kentut/boker selama 2-3 hari gila nggak tuh.. padahal perut dah kembung banget dan keras kalo ditepuk.

      kalo sakit nyeri dah menyerang dan gak bisa ditahan, baiknya konsul ke dokter untuk obat pereda nyeri yg cocok buat sampeyan.. namun harus diperhatikan juga, minum obat pereda nyeri ini jgn banyak2 takutnya malah tambah parah ginjalnya, jadi cukup sekali-sekali saja.. (misal kalo mau tidur)

      terus semangat mas, yakin pasti sembuh. saya aja udah 2x kena ginian, selang waktu satu tahun.

      sakit pertama saya minum habis 1 botol baru keluar dan untuk sakit yg kedua saya minum hampir 2 botol baru keluar batunya (ukuran batu lebih besar)

      cukup adil menurut saya karena mendingan sembuh dengan cara sakit/extreme pake obat murah, daripada sembuh dengan cara gampang/operasi pake fasilitas yg super mahal🙂

      semoga lekas sembuh

  18. Cupak

    Bang ane dah 6 hari punya penyakit ni ,

    dan ane dah 4 hr konsumsi obat herbal batugin n calcusol + 1 hari minum 4 botol air aQua besar ntuh .

    tapi rasannya g mau keluar ni batu .
    kalo oprasi masih pikir2 apa nih yg mau di jual ,
    baru pertama ini ane ngalamin penyakit kaya gini, kalo ane g mau dach ntuk kedua kalinnya sakit nya nyiksaaaaaaa

    • 6 hari? hampir mirip sama kejadian saya yg sekitar 3 hari “survive” tanpa obat + 7 hari masa pengobatan

      saran saya.. terus minum batugin/calcusolnya, terus minum air yg banyak.. kalo mau pipis jangan ditahan gan, keluarin aja meskipun sakit banget.. karena aliran urin akan mendorong batu untuk keluar pelan-pelan.

      kalo mau keluar ciri2nya tuh nanti lu bakalan kebelet pipis banget banget, abis itu pas mau pipis, batunya pasti meluncur keluar.

      makanya perbanyak minum air putih dan berdoa gan😀

      lekas sembuh yak

  19. novi chandra ⋅

    Asskm……

    Suami saya yg kena batu ginjal nih….
    Batunya udah dipangkal penis malah dah keluar sedikit nih,tp ga mau keluar2 dipaksa sakitnya minta ampun katanya jd bingung harus diapain padahal minum dah banyak banget tp keluar juga.skrrng lg ke rs ….
    Minta doanya biar cepet keluar ya mas….

    • walaikum salam…

      waduh itu udah keluar sedikit? o.O
      batunya dah nongol apa gimana? o.O

      hmm.. pangkal penis ya.. berarti udah mau keluar itu
      kalo masih mampet berarti ukuran batu masih lebih besar dibanding saluran kemihnya..

      salah satu opsi adalah dengan terus minum batugin/calcusol dan berdoa supaya batunya terkikis, sehingga bisa muat di saluran kemih dan terdorong oleh pipisnya itu sendiri

      baiklah.. saya doakan lekas sembuh

  20. Arfan ⋅

    Udh 2minggu lbh, kencing saya tersendat-sendat, tes urine ada batu oksalatnya, katanya sih gedenya sebiji kapuk(randu). Udh nyoba minum kejibeling+kumiskucing+neprholit tapi blm ada perubahan yg signifikan. Umur saya kan 15th Kalo saya minum batugin/calcusol nnti apakah dosisny dikuramni. Mohon doanya ya biar batunya bisa keluar+gak kambuh lagi

  21. Arfan ⋅

    Kira2 brp duit buat usg/rontgen batu ginjal bang??
    pantangannya kalo lagi kena ginian apa aja?

    • usg lengkap dulu di RS swasta kena kurang lebih 1 juta (kena asuransi dari sodara)

      mungkin kalau usg ginjalnya aja kena 300-400rb.. coba di RSUD kota terdekat aja mas..

      pantangannya sih setau saya jgn minum yg aneh2, jangan banyak2 makan indomie, ikan, saos (gorengan), dan makanan yg kadar garamnya tinggi..

      • udz ⋅

        gan, ane kayanya kena batu ginjal neh coz perut samping kiri saya sakit kadang2 sakit, trz kencing tersendat2 mulu.. alhamdulillah bru 2 hri minum.batugin elixir kencing udah ga tersendat lg.. tp batunya blm keluar😦

        minta doanya gan agar batunya cepat keluar dan sembuh total..

    • to @udz

      amin, amin, amin..

      kalo pipis dah lancar tapi merasa batu belom keluar, insya Allah itu batu dah hancur jadi pasir dan kebawa keluar bersamaan dengan urin nya.. semoga diberi kesehatan terus ya mas..

      amin

      • udz ⋅

        aamiin allahuma aamiin..

        btw emg minum batugin itu bsa ngehancurin batunya jg yah?

      • udz ⋅

        haddeh obatnya udah abiz tp batunya blm keluar jg, masih anyang2n aja kencingnya tp warnanya putih seh kencingnya

      • wah mungkin ukurannya masih terlalu besar untuk bisa lewat keluar saluran kemihnya mas..

        kalo kencing warna bening mah wajar kalo kamu minum air putih banyak-banyak mas😛

        gak apa-apa, coba beli lagi obatnya, lalu minum sampai habis.

        2 hari lalu saya juga sempet kumat sakitnya, gara-gara seharian duduk depan komputer ngejar tugas yang dipepet deadline tanpa minum/makan.. saya langsung beli batugin dan minum 2 takar pada hari itu. saat hendak tidur saya merasa pegal-pegal di pinggang, tanda mau nambah parah sakitnya, langsung aja saya minum Kaflam 50 mg, obat pereda nyeri yang selalu saya simpan buat jaga-jaga. alhamdulillah, sekarang udah hilang sakitnya. tinggal minum batuginnya aja yg harus rajin, soalnya saya kalo dah sembuh suka lupa minum obat😥

        iya batugin itu kan fungsinya meluruhkan batu.. alias mampu mengikis batu tersebut sedikit demi sedikit hingga hancur..

        kalaupun ukuran batunya sudah cukup kecil dan muat keluar melalui saluran kencing, ya pasti keluar sendiri tuh batu.. hehe.. keluarnya batu nggak sesakit saat “nyangkut” didalem kok, malah lega banget rasanya saat batu itu keluar😀

  22. Roman ⋅

    Mas aria; saya mau share sedikit. saya mengalami kencing sakit ini sdh hampir 10 th.gejalanya sbb: jika dalam sehari saya kurang minum air pasti keesokannya sy langsung kencing sakit. Sakitnya hanya pas mau kencingnya habis (diujung penis) rasa nyeri yg luar biasa, dampak lebih jauh adalah demam dan panas tinggi. selama kurun wkt 10 th ini , jika sakit itu muncul sy langsung minum air sebanyak2nya , pokoknya minum sampe mau muntah…dan alhasil sorenya pasti sdh sembuh dan baikan. Pas tiga hari lalu saya kena hal serupa gara2 sy kurang minum, rasa sakit pas mau kencing luar biasa, sdh bgitu kencingnya hanya sedikit. Kemarin krn sdh tdk tahan lagi sy beli calcusol dan baru 4 x minum. Sampai saat ini masih sakit kalau mau knecing. Oya apakah saya sekalian minum Batugin itu ya, bersamaan dengan calcusol? mohon saran. Makasih Mas

    • maaf baru bisa balas komentar mas Roman,

      turut bersimpati atas penyakit yg mas derita, itu persis seperti gejala yg saya alami waktu kena penyakit ini..

      untuk calcusol saya kurang tau juga aturan pakainya mas, tapi kalo untuk batugin, setahu saya dia (batugin) itu herbal, tidak mengandung bahan kimia dan dalam kemasan sirup, jadi menurut saya tidak apa-apa diminum bareng. menurut saya loh ya, saya bisa aja salah. biar lebih jelasnya lebih baik mas tanya ke dokter, atau kalo ga mau repot cukup tanya sama apoteker di apotek terdekat.. biasanya mereka bisa ngasih saran terkait obat yg mau mas minum..

      mudah-mudahan cepat sembuh mas, amin amin amin..

      • udz ⋅

        iya kali yah, tp skrg mah udah ga terlalu pegel pinggangnya, trz kencing jg skrg mah ga anyang2an.. alhamdulillah moga aja batunya udh hilang..

  23. awo ⋅

    sya kurang lebih satu bulanan d USG dan hasil y d ginjal ada kristal-kristal, sya mau coba minum obat batugin tp saya nyari di apotik sekitar tempat saya ga da tolong saya minta alamat yang jual batugin…trims…

  24. wahyu ⋅

    Aku udah habis 5 botol ni tpi blm sembuh juga, mungkin udah terlalu gedhe kali ya batunya jadi lama.
    Minta bantu doa jg tmn2 §3мûД nih ya smoga cpt sembuh.

  25. WANDI ⋅

    brow sdilh lebih dari 7 bln z skit pinggang parah ini menjalar ke perut kanan saya sdh cb mn batugin smlm tp skitnya nyut2 ,, apa kah obat in tdk ada efek smipng nya.

  26. Wirda ⋅

    Berapa bulan yg lalu saya pernah USG dan memang ada batu ginjal berukuran 0,4-0,5mm. Saya pikir udah hilang batu ginjalnya kerena pipis saya lancar, tapi udah seminggu ini saya merasa ketika kencing tidak tuntas, masih ada yg tersisa, jadi pas habis pipis selang berapa menit pengen pipis lagi, pinggul & perut bawah saya juga terasa nyeri. Saya baru 1hari coba minum batugin seperti mas arya. MOhon do’anya mudah2an batu & nyerinya cepat hilang.
    Atau mas arya ada saran untuk saya ? Thank’s

  27. arfan ⋅

    Ane Arfan yg d atas sebelumnya, mulai merasa gejala batu ginjal sedari tgl 10/06/13, terakhir wktu itu ane ke dokter dan d USG ternyata ada batu ukuran 0,45 cm d sebelah kanan, Kemudian ane d berikan obat sama dokter dan 3 minggu lg ane d suru balik ke sana utk d cek, tp ane blm balik. krn kmarin ada tgs dr kantor. nah selama ini ane udah minum batugin mungkin ada 2 botol habis dan ane lanjutkan 2 botol calcusol, tp blm ada hasil sih. Ane jg tertutup orgnya jd kl d kantor ane g mw keliatan minum obat gitu, jd sekarang udah jalan 6 bln😥 dan blm keluar. mana di sebelah kanan ane skrg ada nyeri jg. Ane lanjutin lg hari ini minum batugin, dan 3 ltr air deh. Bantu doa donk tmen2😥 N saran jg blh.

    • mungkin batu yg 0,45 cm itu dah hancur/jadi pasir dan terbuang lewat kencingnya.

      kalo nyeri timbul kembali biasanya terjadi kalo agan “mangkir” dari jadwal minum obat/air putih nya.

      ane pun gitu.. kalo lupa minum air putih mesti nyeri lagi pinggangnya, tapi setelah minum obat pereda nyeri + minum air putih + istirahat cukup sih gak masalah lagi gan.

      biasanya yg memicu pinggang nyeri itu:
      kebanyakan duduk
      lupa minum air putih
      menahan buang air kecil
      terlalu capek (stress)

      kalo kira2 udah tau penyebabnya, bisa ente praktekin/akalin sendiri deh tuh biar ga nyeri lagi haha

      itu aja sih saran dari ane

  28. suci ⋅

    lagi browsing pengalaman org sakit ginjalnya eh alhamdulillah ketemu ginian. Soalnya emak saya blm lama sakit pinggang dpn, trus sy bw ke spesialis peny. dalem di usg tnyt ada pasir di ginjalnya. Sama dokternya dikasih batugin elixir, tp baru hbs sebotol katanya malah meriang. Dia brentiin tuh obat sambil nelpun saya, katanya kl obatnya dibrentiin sakitnya ilang. Pas saya baca curcolmu dan orang2 senasib dibawahnya, saya mikir mgkn pasirnya udah masuk saluran kemihnya kali makanya meriang. Jadi saya suruh aja lagi minum tuh batuginnya. Mhn doanya aja ya mas aria spy cpt smbh..

  29. rachmawati793 ⋅

    Saya baru operasi batu yang ada d saluran kencing sebulan yang lalu

  30. iwan ⋅

    Mas, bapa saya jg sekarang lg dalam proses pengobatan batu ginjal dengan BATUGIN dan ramuan daun keji beling + kumis kucing. Kemarin sempat keluar seperti pecahan batu dan air seni kalau di saring seperti pasir, sekarang kencing nya udh mulai lancar tp terasa perih di ujung kemaluannya. Apakah rasa perih itu karna adanya luka bekas kkeluarnya batu atau karna batunya belum keluar semua ya mas ?

  31. ndar46 ⋅

    Assalamualaikum mas Arya, alhamdulillah sy bs baca cerita2 di atas. Sya mau sharing juga. Sy prnh ngalamin sakit perut bagian bawah dan pinggang blakang yg sangat luar biasa sakitnya shingga gk bisa tidur sampe pagi karena sakitnya, perut kembung tp gk bs BAB, kencing trasa kbakar stlh slsai dan kadang keluar kencing bercampur darah setelah sls olahraga. akhirnya dibawa ke puskesmas dan dikasi obat pnghilang rasa nyeri dan sjenis promag. 1 jam kmudian sakitnya hilang. Skitar 1 bulan kmudian kambuh lagi, sakit yg luar biasa shingga gk tidur sampe pagi. Ke pudkesmas lagi dan dikasi obat yg sama shingga 1-2 jam kmudian sakitnya hilang. Org2 perawat2 di puskesmas bilang itu maag, tp sy sering googling shingga sy mnyimpulkan ini pasti ada masalah dg ginjal atau ISK (infeksi saluran kemih). Setelah itu sy sering minum air putih yg banyak dan jadi sering pipis dan sampe 8 bln ini tdk prnh trasa sakit lagi walaupun kadang2 masi kluar darah stlh sls olahraga (tdk sering). Tapi sy tidk prnh minum obat2an, hanya cukup air putih dan kemarin keluar batu karang berukuran 1 cm panjang. Sy mngeluarkan dg tangan karena baru keluar sedikit, waktu itu sy menariknya kluar dan cukup sakit krn lumayan besar. Setelah itu kluar dy jd panik krn tumben liat batuan kluar dr saluran kencing. Belum ada yg tau sakit yg sy alami, tp slalu mngamalkan air putih dan sedikt gerak badan. Saya msi ingat sblm itu kluar, sy sering berdo’a siang dan malam kpd Allah yg mnciptakan manusia spy pnyakit ini diangkat dr perut. Wktu itu hari sabtu tgl 25 Januari 2014 jm kira2 siang jm 11, sya siapkan 1 liter sir mineral kmudian berdoa kpada Allah “ya Allah semoga perantara air ini Engkau angkat pnyakitku ” dan membacakan Alfatihah 2x kmudian minum air itu. Alhamdulillah setelah itu sore sekitar jam 5:30 Wita mnjelang magrib sy kebelet kncing dan akhirnya batu itu kluar. (Rajin solat 5 waktu juga mnjadi koncinya).

    • hampir sama persis yang saya alami.. emang benar yang utama itu air putih mas. saya juga minum batugin (sebagai bantuan aja, karena dia kan ramuan herbal yang terpercaya buat mengikis batu ginjal menjadi kecil) langsung dihajar sama air putih yang banyak (2-3 botol aqua besar sehari). batunya juga keluar setelah merasakan kebelet yang “lain” dari biasanya.

  32. firmanfirdaus ⋅

    !Batu Ginjal sy sejak 2003 s/d 2013 sdh sebanyak ±1sendok makan, dgn ukuran 5mm s/d 1mm,, & sdh pernah d lacer 4X,,,, sampai skrng batunya msh suka terbentuk d Ginjal,,jd sewaktu2 bisa k luar lg…! # Apakah dgn minum Batugin Elixir / Calcusol batu Ginjal tdk akan terbentuk lagi,,,?? Mohon Jawabannya Sobat,,,apabila ada yg pernah mengalami seperti pertanyaan sy d atas,,,,! Salam

    • batu ginjal bisa terbentuk sewaktu-waktu, karena sejak awal ginjal udah “terbiasa” menciptakan batu itu.. ini beneran lho, di dunia ini orang yg pernah kena batu ginjal PASTI akan sakit lagi karena batunya lebih mudah terbentuk dibanding orang sehat lainnya. solusinya perbanyak minum air putih, olah raga teratur, jangan nahan kencing.. hati-hati juga karena pengkristalan pada ginjal secara berlanjut (terus-terusan/sering) bisa berakibat gagal ginjal. mudah-mudahan kita semua diberi kesehatan. aamiin

  33. rudie

    Doa Kan Saya Ya Mas, Semoga Cepat Sembuh Saya Juga Kena Penyakit ini dan di BNO Rontagen,Batunya 1/3 Media, Saya Minta Doa pada kawan kawan semua agar saya cepat sembuh.Amiin amiin amiin ya robal allamin.Doa Kalian Semua Itu Adalah Obat.Terima Kasih Wasalamualaikum Wr.Wb

  34. Bener kata mas arya. kemaren pas periksa ke rs darmo di surabaya. saya ketemu orang yang udah kena batu ginjal udah 3x operasi, tapi kemudian terbentuk lagi kanan kiri. baru beberapa bulan kemaren ( maret ) – sekarang (mei) udah ada lagi.

    makannya juga menurut dia udah dijaga kayak sayuran hijau, daging, kuning telur, ubi2 an.pada intinya gak enak banget.

    Resiko keturunan besar juga, kemaren ketemu juga anak kecil padahal umurnya baru 9 tahun juga kena, karena dari kakek ayah juga kena.

    Kalau saya sendiri kemaren takut, karena gejalanya mirip seperti mas arya. sempat baca artikel2 ngeri juga, tambah ngerti ya tambah takut, jg kepikiran gak punya uang untuk operasi, laser,atau metode kejut, dll. udah seminggu ini periksa dari RS soetomo, adi husada sampe RS darmo. alhamdulillah setelah di foto IVP menurut dr spesialis urologinya positif gak ada batunya.

    saran saya juga kalau teman2 yang dari surabaya yang berbayar mending jangan foto IVP di RS Soetomo, gak enak banget. privasi gak ada, perawat – dokter, pasien, lalu lalang di tempat kita di foto (X-ray) tepatnya dl LT 2 D8 bagian radiologi, ane malu banget pas buka celana tiba2 ada banyak perawat masuk. heleh..

    juga antrinya gak ketolong, dari mau daftar lalu disuruh ke farmasi. di farmasi di suruh fotocopy di sana juga antri karena fotocopynya cuma satu. di farmasi antri lagi tuk nugguin obat, jarum suntik. pas mau eksekusi juga antri bro. ane kemaren dari jam stengah 8, eh baru jam 3 selesai. padahal namanya orang sakit kan butuh cepat, sehat aja kalo nugguin kayak gitu pasti sebel.

    di RS soetomo foto IVP RP.953.000, kalau pramita lab sekitar 945.000 kalau di RS darmo sekitar 1juta 200ribu. kalau mau lengkap sama CT di RS darmo 3 juta. tes darah ma urine enak di rs darmo pelayanannya enak, cepat dan profesional sekitar 265 ribu an.

    Intinya jadilah orang sehat, karena sehat itu mahal. kalau mau sakit harus banyak uang karena bisa berobat di tempat yang pelayanannya baik dan berkualitas. he3x

    wasslmualaikum wr wb

    • maaf nih baru bales, saya lagi sibuk soalnya hehehe

      emang sakit itu mahal mas, lebih baik kita mencegah daripada mengobati. trims atas informasinya mas, sangat sangat membantu barangkali ada yang membutuhkan info tsb.. waalaikumsalaam… wr wb

  35. Ryan Placebo ⋅

    Gan…ane juga lagi mengalami batu ginjal sekarang..
    dr kemaren ane minum urogetix + urotrectin sampai akhirnya
    pas saat ngilu dibagian buah kelamin..
    ane disarankan minum calcusol…
    sekarang sesudah minum calcusol…bawaannya susah bab😦
    pinggang nyeri sampai dr paha ke telapak kaki kiri kesemutan ringan…
    ampun deh…ane mau merujuk ke dokter tapi berharap batunya bisa keluar tanpa eswl yg mahal😦

  36. indah ⋅

    Aq skit kncing udh mw 2 minggu g smbuh” itu hrus gmna obt nya af ?
    Sya tkut knpa” amit j

  37. Dandung ⋅

    saya lagi galau nih makanya saya cari info sakit saya, awalnya sakit perut sebelah kiri bag bawah, berobat ke rumah sakit divonis cram usus, diberi obat sembuh sakitnya saat itu nggak taunya malam jam 12, kambuh lagi ,kerumah sakit lagi disarankan USG full abdoment baru ketahuan ada batu diginjal sebelah kiri , dokter sarankan saya untuk ditembak laser ginjalnya karena ingin sembuh aku turutin saran dokter, habis beaya 14juta termasuk USG dan obat2an yang harus saya konsumsi,beberapa minggu saya jalani terasa sudah sembuh, namun terasa terpukul perasaan saya ketika sakit itu datang lagi dan saya berobat lagi, kalai ini dokter menyarankan saya untuk CT scan, walaupun mahal aku jalani juga karena iningin sembuh dg beaya 3,5 jt +lab darah 300rb, hasil CT scan saya serahkan ke dokter dan dokter bilang masi ada batu diginjal dan penyumbatan di ureter ,lagi2 dokter menyarankan saya untuk operasi endoscopic…..lagi2 karena ingin sembuh saya jalani juga dengan beaya yang aduhai mahalnya laboratorium kali ini 709 ribu, + beaya operasi habis 40 jt, habis sudah uang yang saya dapat dari klaim jamsotek selama hidup saya bekerja sebagai karyawan swasta, saya merasa lebih terpukul lagi saat dokter memberi tau kalau tidak berhasil mengeluarkan batu yang bersarang diginjal dan saluran kemih dg cara endoscopic karena ada penyempitan dan penyumbatan di salurankemih, dia hanya berhasil membesarkan lobang saluran kemih dg harapan batu bisa lebih leluasa lewat untuk bisa keluar, dan dokter mengatakan kalau terpaksanya mungkin nantinya harus diangkat dg operasi bedah, saya benar2 galau saat ini makanya saya se hari2 browsing obat apa yg bisa menyembuhkan, hal yang saya ingin tanayakan sama saudara Arya, apa kira2 BATUGIN dan CALCUSOL bisa dikonsumsi secara bersamaan
    dimana saya bisa beli obat itu, selain itu saya juga ingin memberi saran pada agan2 yang juga sakit batu ginjal untuk pikir2 bila berobat ke dokter jangan sampai seperti yang saya alami,bila dokter kasih saran dan kita merasa ragu lebih baik dg data2 berobat sebelumnya pindah berobat ke rumah sakit yang lain siapa tahu dokter lain diagnosanya lain dan tepat…. yang jelas saya saat ini sedang mencari obat yang murah ekonomis tapi tepat dan berkhasiat mudah2an agan2 ada saran.

    • maaf baru balas.. gile bener, mahal amat. itu dokter mata duitan apa gimana.. alangkah lebih bijak kalo kita mau berobat tidak mesti di satu dokter/RS.. harus bisa ke banyak dokter/RS karena masing2 beda rekomendasi.. tapi kalo udah darurat saya bisa ngerti kondisi sampeyan.. mudah2an nggak sakit lagi ya, amiin.

      jujur saya udah membuktikan keampuhan batugin buat ngeluarin batu, kalo calcusol belum pernah. coba jalani dulu satu-satu, jgn dicampur takutnya nanti malah menyebabkan efek samping yg ga enak dan bisa memperparah..

      batugin bisa didapat di apotek2/toko obat di ruko-ruko pinggir jalan.. dulu kisaran harganya 30-45rb utk botol besar, tergantung lokasi juga sih, kalo di bekasi harganya segitu hhehe.

      saran saya perbanyak air putih. kenapa? karena dengan air putih yg banyak mau nggak mau kemih bakal penuh, dan itu harus keluar melalui kencing..

      meski sakit banget pas kencing saat batu masih bersarang, paksa aja minum air putihnya (JANGAN paksa kencingnya dengan ngeden/mengejan.. sekali lagi, JANGAN).. barengi air putih + batugin utk meluruhkan batu (mengikis sampe ukurannya kecil sampe bisa keluar sendiri).. dengan begitu mudah2an bisa cepat keluar dan segera sembuh..

      dulu waktu sakit ginjal yang kedua, saya mengalaminya selama sekitar 2-3 hari aja.. seharian itu full minum air putih minimal 3 botol Aqua 1 liter + 5 takar batugin.

  38. Mabukcinta1 ⋅

    Assalamualaikum Gan Arya…
    Nama saya Andi..Saya juga menderita batu ginjal.. awalx saya merasakan nyeri di pinggang atas sebelah kanan. kira2 sdah 1 stngah bulan yg lalu saya periksa ke RS.. hasilnya ada batu ginjal yg mnyumbat disaluran ginjal sbelah kanan.. kata dokter sudah stadium 3.. tapi saya tidk tahu seberapa besar ukuran batux…. slama ini saya mngkomsumsi obat2 herbal juga,, tpi belum prnah mncoba obat batugin… tpi beberpa hari yg lalu sakit itu kambuh tetapi tidak ditempat yg sama,, mlainkan dibawah perut diatas kmaluan saya,… apakah itu tandax batux sudah mulai turun…???

    mohon saranx dari Agan yah ???
    Ditunggu Gan🙂
    Terimakasih..

    By : Andi
    Fb : Andi C’Pasmada
    BBM :760c0255

    • waalikum salaam..
      kalo dokter sudah bilang begitu kemungkinan batunya besar/lokasinya sulit dilacak. sudah pernah di ronsen/scan?

      tapi sekarang kalo rasa sakit sudah berpindah tempat, itu tandanya batu sudah mulai turun ingin keluar. saran saya perbanyak minum air putih + batugin/obat herbal lainnya, supaya batu yang ukurannya mungkin besar itu akan terkikis secara berkala sampai bisa muat keluar melalui saluran kencing..

      mudah2an cepat sembuh

  39. Renal ⋅

    Bang saya seorang anak kecil bernama rendah. Saya mau cerita :malem ini saya mau kencing tapi ga bisa kencing. Saya ngerasa sakit di perut. Lalu saya ketemu websitenya abang yg ini. Saya mau tanya mungkinkah Saya sakit batu ginjal ? #mohondibalas

  40. freerider ⋅

    saran untuk JAMU KENCING BATU / BATU GINJAL ALAMI
    sekedar berbagi pengalaman saja
    dulu saya pernah ngalamin kencing batu
    3bulan saya betul2 tersiksa setiap kali serangan datang
    perut bagian kiri mules luar biasa hebat
    bermacam2 obat, sudah saya coba
    dari obat kapsul, obat cair, obat tetes, dsb
    hasilnya batu tak kunjung keluar juga
    malah karena terlalu sering mengkonsumsi obat macem2
    badan saya jadi kurus kering, berat badan drop sampai 12kg
    akhirnya saya putuskan beralih ke pengobatan tradisional alami
    saya berburu daun2an yg konon di percaya untuk mengobati kencing batu
    keluar masuk kampung cari daun kumis kucing, keji beling, dll
    tapi karena susahnya mencari daun2an tersebut saya jadi putus asa

    sampai suatu hari saya akhirnya kembali periksa ke dokter spesialis
    dokter internist yg cukup ternama di tegal, saya pun di USG 4 dimensi
    di situ terlihat batu seukuran kacang tanah di ureter kiri saya
    menurut ilmu kedokteran posisi batu dalam ureter menentukan waktu proses keluarnya batu
    Kalau diatas biasanya memerlukan waktu 4-6 minggu.
    Kalau di pertengahan ureter 2-4 minggu
    dan kalau batunya sudah dibawah cukup 1-2 minggu.
    dokter pun menuliskan resep dan menyodorkannya ke saya
    saya pun tanya ” bisa di tebus dimana dok?”
    jawaban sang dokter bikin saya kaget
    dia jawab ” di pabrik jamu seberang”
    sambil seraya menunjuk pabrik jamu yg letaknya tidak lebih dari 200m dr tempat prakteknya
    saya pun bergegas ke pabrik jamu itu dan langsung membeli jamu itu
    tanpa maksud promosi merk jamu itu JAMU MUSNAH KARANG
    “Penghancur batu ginjal alami paling manjur ” setidaknya itu kata dokter nya

    dan sungguh tidak saya duga
    komposisi dari jamu ini adalah bahan2 dedaunan yg saya cari selama ini
    di dalamnya ada kumis kucing,tempuyung, keji beling, dll kalo ga salah 7macam dedaunan
    sudah komplit jadi 1 di dalamnya, Murni dedaunan alami yg sudah di keringkan
    tinggal rebus, di minum, praktis sekali.

    -saga dikenal sebagai anti bakteri
    -kembang bugang (keji beling) di percaya mampu menghancurkan batu ginjal
    -daun sendok sebagai pelancar buang air
    -temulawak fungsinya untuk anti inflamasi (peradangan)
    -daun kumis kucing Mengobati kencing batu (menghancurkan batu-batu ginjal) dan sakit pinggang
    -dll

    dan alhasil saya minum jamu yang rasanya pait2 agak pedes ini dengan doa, tekad kuat ingin sembuh,
    tak peduli baunya tak peduli rasanya, yang ada hanya kata SEMBUH.. saya teguk jamu itu setiap hari selama 3hari berturut2
    ajaib.. di hari ke 4 waktu sedang kerja saya merasa ingin kencing, seperti biasanya saya mencari gelas untuk saya tampung,
    kebetulan tidak ada jadi tidak saya tampung, saya kencing di kamar mandi tp tidak di wc ( lantai kamar mandi )
    akhirnya saat saya sedang buang air kecil tiba2 keluarlah benda asing bersama air seni saya
    saat itu saya merasa air seni saya tiba2 terdorong deras bersama benda asing itu.
    sungguh itu hari terbahagia saya selama berbulan2 sejak menderita kencing batu
    seperti beban berat yang terlepas dari tubuh saya, saya merasakan kelegaan yang luar biasa
    thanks god , trimakasih ya TUHAN…. dan sejak saat itu saya tidak pernah sakit seperti itu lagi
    terkadang saya masih minum jamu itu sesekali kalau terasa pegal pinggang saja.

    sengaja saya tulis kan lagi pengalaman ini karena banyak sekali sms yang masuk menanyakan mengenai jamu ini
    jamu musnah karang ibu tjipto ini saya beli di pabrik jamu tegal..tanpa bermaksud promosi merk, memang inilah jamu yang saya minum
    silahkan datang saja atau cari info nya di google maupun family tegal dan sekitarnya.
    bagi yang butuh tetapi jauh dan susah mendapatkan nya silahkan kontak saya di 0818261633.
    sebisa mungkin saya bantu, soal harga dan ongkos kirim menyesuaikan saja,
    saya tidak jualan jamu, saya sekedar mencoba sedikit membantu,karena saya sangat mengerti derita penyakit ini
    semoga bermanfaat

    bagi yang kesulitan mendapatkan jamu ini silahkan kontak 0818261633.

  41. MiaRama ⋅

    banyk sih yg nyaranin wt mnm batugin.katany ampuh. setlh dgrin lagu” anda. aq mkin yakin wt nyuruh cowq mnm itu. tpi dy gk mw to..gimna coba?

  42. Aslm. sat in saya sedng mengalami hal yg sama. Saya sudah 2 X kena batu ginjal dan dilakukan ESWL disalah satu RS di Jkt. Sekarng kambuh lagi, udah minum Batugin 4 botol tapi masih blm juga keluar, walau sakitnya sudah sangat berkurang. Rencana mau coba Calcusol (sore ini rencanamau beli). Dulu ESWL dibayari perusahaantempat kerja, sekarng udh gk kerja lagi, jadi cari yg murahan tapi mantab. Mohn bantuan doanya agar cepat sembuh. Makasih semuanya.

  43. Sitti ulfa ⋅

    Saya jadi terkesimat baca testimoni anda kebetulan sy sakitnya dr hasil ivp sakit isk itu sendiri penyebabnya byk salah satunya ada batu di saluran pipis dan sy sendiri dulu pernah terdianoksa batu ginjal bahkan pernah minum batugin cuma gak sy teruskan krn sy di ajak teman ikut therapi kesucian tyt setelah mengjalani terapi kesucian lewat doa alhamdulillah kshtn berangsur bk bahkan batu ginjal sy saat itu hilang itu lah kebesaran tuhan ,cuma Skrg skt itu datang lagi malah sktnya lbh terasa yg skrg dr pd yg dulu, sakitnya ke pinggang kanan terus terasa berat n bila bab jg terasa ada yg lain g enak sbg sy melakukan pemeriksaan ivp n hasilnya sy sakit isk,sdgkn iskandar itu sendiri penyebabnya byk salah satunya ada batu yg menyumbat disaluran pipis

    • benar, katanya kalo batu yg dibiarkan didalem (nggak diobatin) lama2 bisa merusak saluran dan ujung2nya kena infeksi saluran kemih, ini yg bahaya.. terus sekarang kondisinya gimana bu? lekas sembuh ya

  44. dwi ⋅

    Aslm. Saat ini saya mengalami hal yang serupa. Waktu saya kelas 3 SD saya sering di bawa pengobatan alternatif sama orang tua dan harus ngejalanin operasi karna saya udah lelah untuk berobat saya diemin sampe saat ini.
    Sampe sekarang rasa sakit itu semangkin parah sampe kadang saya nangis klo buang air kecil, dan saya liat di kantor saya kalo bos saya komsumsi obat itu saya cari tau dan baca artikel ini.
    Saya mau nyoba tapi saya takut gak cocok, sebaiknya bagaimana ya?

  45. anis ⋅

    Siang..
    Mau sharing nih bang, saya kena ISK alhamdulilah ginjal baik. Tp pas tes urin katanya ada pasir nya, udah ke spesialis urologi katanya memang ada pasir lembut di pipis saya. Saya sdh mengkonsumsi Batugin 3hari ini. Pipis saya alhamdulilah lancar. Yang mau saya tanyakan, pinggang kanan saya masih terasa sakit. Itu kira2 ada pgaruh ke ginjal ga ya? Mksh bang.

    • siang..🙂

      kalau masih terasa sakit nyeri yg teramat sangat itu gejala kolik, batunya masih ada.
      tapi kalau terasa nyut-nyutan ringan, kemungkinan endapan pasirnya masih tersisa, itu kalau didiemin bisa mengeras..
      saran saya kalo bagian pinggang sakit buru buru deh minum air putih yg banyak dan coba istirahat (tiduran, jangan duduk).. semoga bermanfaat🙂

  46. zali ⋅

    makasih berbagi infonya mas. ini saya kena perut sakit bagian kanan ama pinggang. abis dari rs katanya dokter jaga antara luka infeksi/batu ginjal. belum ke dokter urologi juga sih, libur dan juga lg keluar kota dokternya..ane jadiin ref herbalnya ya mas..trimakasih

  47. juli ⋅

    Mas Arya …suami saya juga sakit batu ginjal,Saat ini sedang bingung,mau operasi ato musti gimana.masalahnya batunya udah ada di kedua ginjalnya dan ukurannya juga udah besar.karena dulu kami sering mengabaikan gejala sakitnya.

    Kira2 klo minum batugin bisa nggk ya batunya yg gede itu hancur.Karena klo operasi takutnya efeknya nggk bagus untuk selanjutnya.Jadi galauuu bingits nihh…hadeuuhh…ada nggk temen2 disini yg udah pernah dioperasi,trus gimana hasilnya setelaah dioperasi?

    Kalau ada mohon infonya ya…buat perbandingan kami sebelum ambil keputusan buat dioperasi.

    makasi

    • insya allah bisa, tapi akan butuh waktu. karena namanya obat herbal, kerjanya nggak secepat operasi yang sekarang di praktekkan lalu besok sakitnya hilang. sistem kerja obatnya kan mengikis itu batu hingga ukurannya mengecil dan keluar sendiri. semoga cepat sembuh ya buat si oom🙂

  48. awan ⋅

    Mas arya mw tanya kalo si batu itu udah mw keluar gmna mas rasanya

  49. mauna

    Cerita penyakitnya sama dengan saya kakak dan alhamdulillah saya sekarang sudah sembuh🙂

  50. roziqin ⋅

    Thax infonya mas,, skrng sy jg mengalami spy yg pernah anda alami 😊

  51. Fafa ⋅

    maaf, itu beli obatnya dimana ya? Di apotek ada? Apa harus ke toko herbal? Kemaren saya beli di toko herbal bentuk jamu harganya 50rb untuk sekali minum. Minta sarannya. Terimakasih.

  52. ed ⋅

    kok saya minum batungin rasanya seperti minum bir ya, muka terasa agak panas dan merah, persis seperti minum bir. apa kalian seperti itu juga. atau sy gak cocok minumnya?

  53. guntur ⋅

    mas saya mau nanya mas

    awal nya selangkangan saya sakit terus ilang kan tuh ywdah dari pada kenapa napa saya langsung periksa ke klinik katanya si turun bero , ywdah pas hari abis periksa saya langsung urut , katanya bukan turun bero katanya lambung saya bermasalah ywdah saya urut aja lambung saya , besokannya saya ke puskesmas saya bilang di dekat selangkangan saya sakit tuh kata dokter puskesmas katanya gejala usus buntu , ywdah saya minum obat dari puskesmas eh selang 2 hari pinggang saya sakit , saya periksa di puskesmas jatinegara kata dokternya sama aja usus buntu , saya masih sakit tuh nah saya periksa lagi di puskemas saya si mau nya di rongten tapi kata dokter nya tes urine aja ywdah saya tes urine , kata dokternya si gk ada masalah cuma kurang minum di suruh dokter sejam sekali suruh 1 botol aqua ywdah saya ikutin tetap aja masih sakit , sampe sekarang

    padahal kencing saya lancar cuma sakit di pinggang belakang saya doang ? itu sakit apa ya mungkin ada yg bisa bantu apa itu batu ginjal atau bukan ya

    • buang air lancar tapi pinggang sakit bisa jadi gejala kolik tu… coba ke apotek terdekat, konsultasi sana.. kalo saya sakit gitu biasanya minta obat kaflam 50mg, fungsinya buat ngeredain rasa sakit. setelah minum itu obat, tinggal banyak2 deh minum air putihnya… semoga lekas sembuh ya

  54. puput ⋅

    mas arya , numpang tanya mas

    sudah seminggu ini saya anyang2en , hari kedua dan ketiga anyang2en pinggang saya sakit sekali dan gantian antara kiri dan kanan . saya minum obat nyeri dan sakit pinggang saya sudah sembuh , tapi anyang2en blm sembuh juga,, kalau buang air kecil sakit dan keluarnya sedikit . tapi saya belum periksa ke dokter sama sekali . saya tertarik untuk membeli batugin setelah baca blog dr mas arya . menurut mas arya lebih baik saya ke dokter dulu untuk memastikan apa memang ada batu , atau lebih baik saya langsung beli batugin yya mas ???

    mohon sarannya
    trims

    • ke dokter boleh buat mastiin, tapi resikonya harus siap dikasih obat sama si dokternya yang harganya bisa mahal. kalo mau coba dulu aja ke apotek beli obatnya 40rb doank, tapi resiko tanggung sendiri ya hehehe

  55. puput ⋅

    mas arya ,
    dr pertama minum batugin sampai sembuh sudah habis berapa botol batugin mas ???😀

  56. chintya sari ⋅

    suamiku kena kencing batu.sedih bgt liat ny klo kolik ny kumat ditambah kerjanya brat.udh 2 tahun.pertama usg 0.99mm aku coba batugin.bismillah minta doa nya

  57. Henry Wileh ⋅

    gw juga gitu gan ,,, pas gw dulu minum yg roso2 itu campur ma susu campur ma air tape ketan,, bubuset ancur dah ni ginjal,, terus gw minumin calcusol yg kapsul itu,, lumayan jadi sembuh tp g tau keluar batunya apa kaga, terus gw diemin kan cuma beberapa kali minum aja ( gw kira dah sembuh ), terus gw sekarang keseringan minum teh keknya gan sama kopi susu ( susunya banyak ) minum teh n kopi gantian gitu walau minum air putihnya banyak sekarang ni ginjalnya sakit lagi,, eh calcusolnya pas abis,, kira2 dah jadi batu gak ya? pas bersendawa habis makan gitu jadi sakit amat,

    • emang minuman roso2 itu biang keroknya gan.. biar lebih pasti coba periksa ke dokter gan, takutnya malah tambah gede batunya, dan mau ga mau harus operasi biar tu batu keluar.. jgn sampe dah amit2 ;D

  58. Henry Wileh ⋅

    biar gak sakit2 amat gw kasih obat namanya daun binahong ( deng san chi ) di toko herbal juga ada beli yg murah aja ,, tumbuhan yg banyak di jawa barat itu,, itu gunanya buat ngeredam rasa sakit nya aja ( klw ini bisa ngobati gagal ginjal juga gan)

    buat yg suka puasa atau diet seharian -JANGAN LUPA SAHUR-

  59. udz ⋅

    Aduuuh, ampun dah gan, klw penyakitnya udh kumat ga ga karuan nih pinggang, udh lama ga kumat2, sering minum jamu rebusan.. 2 bln trakhir ini kumat lg, mngkn batunya msh ada d ginjal ane, gara2 nya aktivitas yg keseringan duduk, apalg pas bulan puasa skrg ini ane jagain toko bantu kk duduk trs aduuh gila pinggang rasanya ga karuan, agan smua mnta doanya di bulan suci ramadhan ini smoga batunya pd kluar smua dr ginjal ane, ane mw nyoba minum batugin elixir lg nih, ane mnta petunjuk dr Allah obat apa yg ane msti minum biar smbuh dr pnyakit batu ginjal ini, trnyta pikiran ane trtuju pd batugin elixir, minta doa nya yah ga semoga batunya kluar dr ginjal ane, menderita bngt rasanya klw udh kolik😦 , di bulan ramadhan ini smoga doa ane di ijabah.. aamiin yaa rabbal ‘alaamiin

    • Smaditaa ⋅

      Saya divonis batu ginjal pada bulan februari 2015. Sempat opname 2 mggu dirumah sakit. Sampe akhirnya mutusin keluar rumah sakit karena di rumah sakit tindakan nya tiap hari cuma di suntik obat semacam pereda sakit gtu. Akhirnya keluar rumah sakit trus minum calcusol rutin 2kali sehari. Bulan mei kemarin pagi2 kemaluan rasanya gatal dan sakit bingung kenapa. Sampai akhirnya pas buang air kecil terasa seperti ada yg keluar. Alhamdulilah batu berbentuk karang keluar. Akhirnya memutuskan untuk USG lagi. Dan alhamdulilah batu yg semula ukuran 2,5cm sekarang udah jadi 1,2cm. Cuma sedihnya pada saat lamar kerja sudah sampai tahap med checkup ketahuan deh punya batu sebesar 1cm dan akhirnya gak lulus tes hiks hiks seandainya dokternya tau tu batu udah mengecil. Hhe. Sekarang bulan puasa libur dlu minum calcusolnya. Insyaallah lanjut sehabis bulan puasa. Dan selama terapi minum calcusol. Udah bener2 ga minum yang lain selain air putih. Semoga sebulan lagi bisa hilang total batu nya. Aminn

    • joko ⋅

      daun kumis kucing dan keji beling kering masing2 satu genggam direbus kasih air 5 gelas sisakan 2 gelas untuk pagi dan sore, saya habis sembuh dari infeksi ginjal dan pinggang sakitnya pol

  60. BayuAji ⋅

    mas bro saya mau nanya, saya lg ngerasain gejala” batu ginjal tapi setelah minum banyak kencing banyak dan lancar apa mungkin batunya masih bersarang? masbro dulu ngerasain gitu ga? pas sakit minum banyak kencing lancar tp masih sakit? harap reply ya mas bro terimakasih😀

    • Sorry baru bales.

      Kalo pas kolik (nyeri pinggang) walau minum air banyak2 sakitnya ga ilang bro alias batunya masih bersarang.

      Tapi kalo abis minum air putih dan sakitnya ilang insya allah kaga ada batu didalemnya

  61. rea ⋅

    Skrg aku yg merasaka. Seperti itu😦

  62. fuad ⋅

    Assalamualaikum wr.wb

    Ane pernah mengalami hal serupa nyeri hebat di pagi hari yg ane kira gejala usus buntu atau batu ginjal saat itu juga langsung ane minumin temulawak+madu Alhamdulillah reda dalam kurleb 3jam dan tidak pernah kambuh saat ini.

    3 minggu setelah mengalami nyeri hebat ane mengalami anyang2 yg sedikit nyeri setiap saat akan selesai buang air kecil selama 2 minggu. ane kira gejala isk akibat kurang minum/akibat bakteri jadi ane perbanyak minum selama 2 minggu ini. Eh pas paginya ketika ane buang air kecil tiba2 kencingnya berhenti di tengah jalan sperti ada benda yg mau keluar jdi ane tunda, pas kencing ke2 ane beranikan diri eh bner ternyata ada yg keluar cuma ane gak kepikiran ngobok wc kayak agan🙂 Alhamdulillah pasca keluar tdk anyang2 dan nyeri. jadi ane simpulkan nih benda asing biang keroknya.

    nah yg bikin ane bingung kan rata2 gejala batugin sakit pinggang hingga pangkal paha bawah cukup lama bahkan mingguan, tapi ane kok cuma 3 jam? apakah gejala batugin bisa tanpa nyeri pinggang berkepanjangan? atau ane emang punya 2 penyakit yaitu usus buntu dan batugin, soalnya ane pasca nyeri awal emang sulit bab mirip gejala usus buntu. Trims

    • Walaikumsalam..

      Makasih banyak mas sharingnya

      Sorry baru bisa bales ya, kalo gw waktu pertama kali sakit ginjal ini satu paket sama sembelit (ga bisa boker, ga bisa kentut).. dokter vonis gw kena usus buntu atau bisa jadi kena disentri, padahal ini salah. Coba kamu cek ke dokter kalo masih suka susah buang air atau suka sering sakit perut.

      Kalo 3 jam udah bisa keluar berarti kamu beruntung, karena mampu ngerasain ada yg aneh didalam badanmu, sebelum bertambah parah. Kasus gw dulu kalo kata dokter awalnya masih berupa pasir, endapan, jadi blm twrlalu sakit. Nah rata2 orang suka nyepelein penyakit dan didiemin, klo di kasus ini didiemin terus lama2 endapannya jadi batu deh.

      Syukur kalo mas udh sembuh, jaga kesehatan dah mulai sekarang hahaa

  63. Romeo ⋅

    pinggang bagian belakang gw sering pegal-pegal, thn 2012 dan 2013 gw pernah Rontgen n USG saat itu kata dokter semuanya normal. sejak saat itu hingga sekarang belum periksa lagi ke dokter. kadang2 berkurang sakitnya. gw hanya rasakan sakit dipinggang saja tp tdk ada rasa sakit ditempat lain (pangkal paha, dibawah perut, sakit saat pipis, itu semua tdk saya rasakan). pipis Alhamdulillah Lancar gak ada kendala. namun begitu sekarang saya coba juga minum BATUGIN Elixir utk berjaga-jaga saja (kan tdk ada salahnya diminum toh tdk ada efek samping). so teman2 atau mas aryasulistyo ada saran the best gak buat saya, apa yg harus saya lakukan? krn saya takut kalo ntar di USG ada batu ginjal saya bs stress, krn saya takut operasi. please help me..😦

  64. ayoe ⋅

    Ya betul broo ..emang batugin itu obat herbal yang manjur .
    saya mengalami 2 kali penyakit ini ..rasanya sakit buanget .
    yang pertama 5 tahun yang lalu saya divonis batu ginjal dan di rawat 1 minggu dan harus operasi +/- 8 Jt , temen menyarankan minum batugin ..dan Alhamduliilah baru habis 1 botol 300 ml pagi pagi mau pps euy keluar batunya .
    dan 3 hari kemarin gejala itu muncul lagi dan langsung inget minum batugin ..akhirnya tadi pagi habis sholat shubuh batunya keluar juga .
    Alhamdulillah yach Allah ..diangkat penyakitnya

  65. Eng ⋅

    Mas mau tanya, pas sekitar seminggu yg lalu perut kanan bawah rasanya gak enak lalu beberapa hari berikutnya sakit nyerinya kok pindah ke p*nis bagian atas lalu lama kelamaan mulai hari rabu sakitnya jadi diujung p*nis, pas kencing rasanya sakit sekali sampe sekarang..
    Apakah itu batu ginjal ya? Dan apakah sebaiknya saya langsung minum batugin saja?
    Mohon pencerahannya..
    Terima kasih sebelumnya..

  66. sebelum baca post ini ane juga pernah kena gan, langsung berobat kedokter dan disuruh beli ya batugin elixir, pipis pun lancar karna batu keluar. tapi selang beberpa bulan entah ane makan apaan lupa soalnya ane dah gak mikirin sakit itu lagi, eh kumat lagi nih persis kayak punya agan bagian kanan, ane beli lagi deh batugin elixir ini cuma 15 rebu an doang udah gak sakit lagi, tapi ini pada bagian anu nya masih rasa nyut2 kayak ada yg ganjel gitu pasirnya blm kluar, sebenarnya bisa juga sih pake rebusan daun kumis kucing sama keji beling tapi rasanya gak enak banget gan, mending batugin ini. yg jelas setealh batu keluar jaga pola makan, gaya hidup, kita, dll jaga kesehatan lah sakit itu gak enak sangat2 menderita.

  67. alam ⋅

    gile persiss bgt kronologisnya kya gua 99,9%. tapi gua blom kluar batunya gua mau bli BATUGIN elixir ga punya duit gan. gua mohon doanya ya gan biar gua bisa beli tuh herbal.
    Amiiin
    thanks gan infonya bermanfaat bgt.
    goodjob buat kalian yg udah kluar batunya

  68. nugraha ⋅

    Saya juga ingin ikut bercerita mas mas sekalian, beberapa hari yang lalu saya tiba tiba merasakan sakit pinggang sebwlah kanan, awal mula muncul sakitnya itu saat saya berdiri di stadion lebih dari 90 menjt da berjalan agak jauh setelahnya, tapi puncak sakit pinggang sebelah kanan saya itu muncul sekitar 3 hari setelah saya pergi ke stadion, rasanya sangat tidak enak, pegal yang menyiksa menurut saya, saya pun memanggil tukang urut dan berhasil meredam sakit pinggang saya, sekitar 6 hari setelahnya saya merasakan sakit yang luar biasa dibarengi dengan perut yang kembung, mual, meriang, dan sakit saat mau kencing. Beberapa jam saya menahan siksaan yang saya rasakan sambil terus mengucap astagfirullah sampai akhirnya saya ketiduran. Pada saat saya bangun di sore hari, saya ngerasa kebelet dan langsung menuju toilet untuk kencing, kencing saya pun keluar dengan lancar dan serasa ada yang keluar, beberapa lama setelah itu saya kembali kencing sambil BAB dan saya melihat ada batu yang bisa dibilang sangat kecil dan pipih keluar dari “anu” saya, dan setelah itu saya kembali memanggil tukang urut dan saya tidak merasakan sakit lagi, alhamdulillah.

    Selama saya sakit, saya tidak minum obat karena tidak tahu obat apa yang harus saya minum, saya pun tidak menceritakan apa yang saya rasakan pada orangtua karena ibu saya sendiri baru beres di operasi dan eswl, semoga saya tidak kambuh lagi dan ibu saya pun bisa sembuh seutuhnya, dan semua mas mas pun diberi kesehatan terus, amiiiinnn.

  69. julax bakul ⋅

    kencing kurang lancar, selang 1 menit kencing lg dan terasa nyeri bagian perut kiri .. apakah itu batu ginjal,,

  70. joko ⋅

    nama joko, saya habis sembuh dari radang ginjal, kencing mengandung darah, keruh, badan lemas , saya pakai obat dari dokter gak sembuh, tetapi keajaiban dari Alloh telah menyembuhkan saya yaitu hanya dengan daun kumis kucing dan daun keji beling kering masing2 satu genggam direbus 5 gelas sisakan 2 gelas untuk pagi dan sore, gak sampai 24 jam air kencing sudah mendekati jernih tak ada darah dan sekarang Alhamdulillah sembuh total , barangkali anda2 mengalami penyakit seperti saya mudah2an jodoh, yang penting bermunajat kepadaNya pasti ada jalan

  71. sella ⋅

    saya juga penderita batu ginjal nih mas.
    berhubung saya tidak begitu familiar dengan penyakit ini,
    boleh tanya nggak mas apa saja makanan / minuman yg dilarang / tidak boleh dikonsumsi oleh penderita batu ginjal bang??

  72. elisabeth ⋅

    Alo salam kenal.. Nama saya elly 28th saya jg dvonis kena batu ginjal tp sudah turun k ureter. Uk batu 0,6cm berdasarkan hasil usg. Smua organ kondisi normal hanya ureter sedikit melebar krn sumbatan batu..
    Sebelumnya alami kolik renal antara nyeri dan pegel pokoknya sakit luarbiasa.. Untungnya pas kolik dah drumah sakit dan diberi suntikan sampe sekarang ga nyeri lg. Sama dokter sp. Dalam dcoba obat renax dan harnal plus dsuruh minum banyak dan loncat2. Pipisnya banyak dan ga anyang2en krn minum hampir 4lt tp dah 2 minggu banyak minum dan minum obat si batu jg ga kunjung keluar.. Tp kalo dliat2 air seninya kyk ada kapurnya gt sih awal2 minum obat apakah itu tandanya batunya udah terkikis ya.. Tp kadang masih rasa nyeri plus pegel tapi samar2.. Klo minum batugin itu berasa sakit banget ga ya waktu batunya mau keluar.. Saat sakit gt boleh dminumin anti nyeri ga..klo ga keluar2 si batu bisa tambah besar ga ya?? Trima ksih sblmnya

    • Si batu bisa tambah besar kalo kita gak minum air putih, and makan makanan yg jadi pantangan.

      • Herry ⋅

        Asslkm…smua komen diatas dah dibaca..semua nya persis yg saya alami mas..cm ditambah lg saya jg mglami demam panas dingin…sdh byk mnum air putih.ke apotik jg .obat2 herbal jg..tp blm ada hsl nya..tp blm cb batugin elixir atau calcusol..saya saat mnlis komen
        ni sdg mrsakan nyeri & demam mas…

  73. hartono ⋅

    blm lama sy ngrasain gejala yg persis dan berobat ke klinik terdekat dan alhamdulilah sembuh, tp memang masih suka kambuh rasa anyang2en, pantesan juga nih sy abis makan yg asin2, sepertinya itu yg bikin kambuh, punya batigin exilir tp blm diminum

  74. putra ⋅

    Gan. Ane ngerasai pinggang belakang dan panggul nyeri saat duduk dan berdiri. Anyang – anyangan. Susah BAB.

    Apa ini gejala batu ginjal atau hanya infeksi saluran kemih?

  75. raniherlina ⋅

    mas mau minta solusinya dong.suami saya batu ginjal juga kira2 udah mau seminggu lebih,udah pernah ke dokter trus di kasih obat batugiin,sekarang obatnya udah mau abis,terus dia sekarang suka sakit diatas pangkal penis,terus suka pengen pipis tapi pas mau pipis suka dikit,dan terasa perih..itu kira2 batu ginjalnya udah parah belum?

  76. Fadilla ⋅

    Pak saya kmaren periksa ke siloam trnyata urin sya ktnya trkena btu ginjal saya minum daun kumis kucin.pecabeling.meniran d rebus alhamdulila keluar sebesar beras trus hancur sendiri alhamdulila sya sudh tk skit pinggang tp sya akn mencoba meminum batugin exilir siapa tahu msih ad yg tertinggal pak

  77. santo ⋅

    sama persis , yg sy derita hari ini, dari kemarin ,saya mulai minum batugin…
    moga2 cpt terangkat penyakitnya…Aminnnn…

    • Indra

      Gan, ane mw cerita dikit ne,2007 ane merasakan sakit luarbiasa sprti agan2,semua posisi serba salah.pergi kedokter diponis batu ginjal dan harus nginap di rs segera,krn ortu jauh dikmpung takut,disuruh operasi dikmpng aja,dlm hati( prgi ke rs aj setngah mati,disuruh pulkam lgi,jogja-medan)sbagai anak yg pnurut akhirnya aq plg kekost dgn prjuangan mnhan skit lgi.brncna besok pulkam,mlm nya aq bdoa(***) mw minum takut tadinya,ane hajar aja tuh air sampe ane rasa bosan minumnya,mw kncing pun tak trthankan,dan akhir pnderitaanpun dimulai,busss,,,,,batunya kluar ada 4 an gitu,pnasaran,,ane tangkap,dapat seh satu.
      Trnyta blum slsai gan, beberpa thn kmdian setiap aneh lompat trasa sakit dipngkalan paha pas mndarat.2016 ini januari,lpa tgl nya tuh batu kluar 1 lgi.pnasaran aneh coba lompt lgi,eh masih sakit,mungkin msh ada btunya,skrg ane coba mnum batugin smoga bisa tuntas ya,mhon doanya.thx

  78. achmad ⋅

    Udah dua kali kena batu ginjal yang pertama akhir desember 2014 lalu kerasa nyeri di perut sampai pangkal paha sebelah kiri, mulai kerasa dari sore hari dan malamnya makin sakit. Setelah itu minum batugin 4x alhamdulillah paga hari berikutnya tuh batu udah keluar bareng dengan berkemih tanpa sakit. Yang kedua awal tahun 2015 dimulai dari anyeng2an selama tiga hari, di hari ketiga anyeng2annya hilang di pagi hari eh siangnyanya malah sakit di pangkal paha sebelah kiri, akhirnya minum batugin lagi 2x alhamdulillah tu anyeng2 nya hilang malam hari. Singkat cerita di hari keempat minum lagi batugin siang harinya sekali, tanpa disadari pas mau buang air sore hari akhirnya tiba2 keluar lagi batu ginjal ukuran sedang tanpa sakit. Alhamdulillah banget
    saran dari saya kalau batunya udah keluar tetap minum batugin sehari sekali buat mencegah munculnya batu ginjal lagi

  79. Fahmi ⋅

    Sakit gak gann pas keluar batunya

  80. bani setyo ⋅

    boleh di coba kayaknya.ane jga baru menderita ni.sebetul e gejalanya uda hanpir 2thun.tp kata dokter kemungkinan ISK.tp kemaren di rusuh rongen dulu ja.buat pastinya.bosen jga minum obat terus,meskipun cuma pas kumat ja.

  81. yoga ⋅

    serius ni broo saya lagi ngalamin cuma belum sampai terasa sakit kencingnya

  82. daniltawi@gmail.com ⋅

    Skrang q sdng mnum sirup batugin Βά̲̣Ʀΰ 4x mnum alhamdullah kencing saya lncar tnpa rasa sakit…tp pas bab cma kluar cairan berwarna hijau Dan sdikit ktoran Yg rsanya lmayan prih pas kluar,apkah it normal y?mlah kdang2 dsertai tubuh pnas sperti mau demam..

  83. Andre

    Saya skarang mengalami batu ginjal & konsumsi batugin udah abis 1 btl besar tpi blm kluar batunya apa krn batu nya gede mas?

  84. damss ⋅

    saya kebetulan baru keluar dari rs beberapa hari ini dan menjalankan tindakan mri dan ternyata didapati beberapa batu ginjal dan yang paling besar berukuran 1,8 cm.saya dianjurkan untuk mengambil therapy laser yang biayanya sekitar 8 jtan (cukupmahal) setelah membaca blog mas arya saya minta pendapat yg pernah mengkonsumsi calcusol saya harus mencari kapsulnya di apotik atau dimana? klo untuk batu gin saya p
    dulu sering mengkonsumsinya memang manjur ( saya pengidap batu ginjal akut ) cuma saya masih penasaran dengan rekan yg ada diblog mas arya yg bercerita klo calcusol dapat mengikis cukup banyak untuk ukuran batu ginjal dari 2,5 cm menjadi 1,2 cm. mungkin sama dengan mas arya dan yang lainnya jauhi minuman minuman yg berjoss ria dan sejenisnya dan tetap makan makanan yang sehat…. yg enak2 seperti jeroan lupakan nikmatnya sebentar sakitnya tidak sepadan ,terima kasih mas arya

    • Jaga kesehatan terus mas.. hehe

      Iya calcusol bisa didapati di apotek, harganya cukup terjangkau lah apalagi sebagai “pil sakti” buat pengidap ginjal hehe..

      Utk khasiatnya menurut saya calcusol lebih ampuh, mungkin setiap orang beda2 khasiatnya.

      Contoh kasus saya kalo lupa minum dan asyik kerja (duduk) kadang suka pegal2 lagi, setelah minum calcusol 2 kapsul, 10-15 menit langsung reda nyerinya.

      Sekarang saya lebih sedia calcusol di tas saya daripada batugin haha

  85. hendri ⋅

    Alhamdllah agan sembuh. Ane senasib gan baru 2 hari ni pinggang rasa sakit banget, kalo warna kencing agan gmna normal ketika waktu sakit kemarin,

    Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s