Posted on

Blue Screen BCCode: 116

hallo! kembali lagi ketemu postingan baru saya, dan juga tentunya diikuti dengan masalah baru!:\

ya, masalah. kwaarena sudah 2 hari belakangan komputer saya mengalami restart tiba-tiba yang diketahui akhirnya semacam kena Blue Screen! wow.. rasanya aneh kalo komputer saya yang damai ini kena blue screen. tapi nyatanya kena juga kok! kok bisa? mari simak cerita berikut terlebih dahulu..

hari itu, lupa hari apa.. yang jelas di pagi yang sama dengan kejadian pas saya nemu sensasi Blur pada monitor saya (biar lebih lengkap baca postingan saya sebelum yang ini). waktu itu saya belom nemu solusinya tuh, jadi dengan spontan saya coba kencengin kabel biru penghubung monitor ke cpu (yang bisa diputer-puter) nah sepertinya waktu itu saya neken terlalu pake tenaga, jadi agak ‘kepaksa’ gitu. sudahlah, pikir saya. pas balik ke tempat duduk (lesehan) tiba tiba kok layarnya freeze ya? mouse dan keyboard tidak bisa digunakan. nggak lama setelah itu, komputer saya restart sendiri.. kenapa nih?

saya pikir cuma angin lewat.. eh error lewat.. pas masuk ke desktop muncul peringatan “windows telah –recovered– dari –unexpected shutdown–)” kira kira seperti itu, dan saat saya cek details, ternyata ada kata-kata bluescreen.

saya coba ke reliability monitor, dan akhirnya saya dapatkan ini

BS

 

 

 

tapi no worries, kayaknya BlueScreen ini masih level jinak..  perlu diketahui, “bluescreen” yg saya alami ini tidak nampak layar biru seperti Blue screen yang lain (setau saya sih..cmiiw), kalo yang ini cuma restart sendiri aja.

 

nah, berhubung saya anggap cuma kebetulan, makanya saya diemin aja. toh terbukti seharian setelah insiden itu komputer saya aman aman saja🙂

 

besoknya, nggak disangka sangka. pas lagi asik asik browsing, tiba tiba freeze lagi. dan nggak lama restart sendiri.. lagi.

aduh galau.. dan lagi lagi muncul pesan yang sama ketika masuk ke desktop🙄

saya cek reliability lagi, dan saya dapatkan ini:

Video Hardware Error

 

BlueScreen yang komputer saya alami ini ternyata disebabkan oleh Video Hardware Error. nah loh?

 

 

ternyata benar, bahwa BS yang saya alami itu memiliki beberapa kesamaan. salah satunya BCCode nya, 116.

lalu saya coba googling tentang BCCode 116, ternyata masalah disebabkan oleh VGA yang overheat atau kotor. sehingga terjadi ‘crash’ sehingga VGA terpaksa di ‘reset’ ulang. nah, proses reset ulang inilah yang memaksa windows untuk restart dengan sendirinya.

 

saya coba analisa sedikit:

VGA overheat, rasanya tidak mungkin. karena insiden terjadi ketika 5-10 menit setelah Cold Booting (pagi pagi baru nyalain komputer) masa iya sih VGA langsung panas?

VGA kotor, mungkin saja. karena VGA belom dibersihin dari hampir 1 tahun yang lalu😥 tapi kemaren2 aman aman aja kok walau kotor.. heheheh

 

dan setelah baca forum sana sini dari yahoo answers sampai tom’s hardware, saya nemu beberapa solusi diantaranya adalah untuk mengupdate driver VGA terbaru.

 

masa iya sih driver VGA ini penyebabnya? hmm.. gak apa apa deh, saya coba download driver terbarunya yang berukuran sekitar 160 MB dengan koneksi download yang ‘wedew’ banget.

 

setelah nunggu seharian, akhirnya kelar juga:\ langsung tanpa ba-bi-bu lagi saya install, dan masih menunggu hasilnya besok saat cold booting lagi.

 

dan ternyata, guess what? tanggal 25 desember kemaren komputer dalam keadaan normal tanpa restart sendiri karena BS itu.. waw.

dan hari ini, tanggal 26 desember juga masih normal pada saat cold boot🙂

tapi nggak tau besoknya gimana, mudah mudahan nggak deh😉

 

jadi kesimpulannya, kalo pernah dapet BlueScreen, terutama BCCode 116, buruan deh update driver VGA nya😛

semoga postingan ini bisa membantu (y)

About aryasulistyo!

I tend to write to kill my spare-time.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s