Posted on

springerLOL

Kali ini gue mau coba melakukan “Analisa” untuk jurnal Springer yang berhasil *teman* gue temukan entah darimana. Dilihat dari judul figure/gambar nya sih, ini merupakan DFD untuk Sistem Manufaktur Diskrit, atau bahasa gampangnya, mungkin “Sistem Pabrik Terpisah” <– ini google translate😆

gue coba menjelaskan, sebenarnya kalo udah ngerti nggak ribet-ribet amat kok. langsung aja, biar adil kita mulai dari Proses nomer 1, yaitu “Receive & record both product and m/c status” apa tuh m/c? m/c itu singkatan dari Machine. jadi jelas ya, maksud Proses disini adalah “Menerima dan merekam/mendata status dari produk dan mesin”. Proses#1 ini menghasilkan dua buah output. Pertama adalah Product’s position yang berarti mungkin posisi/letak produk, yang masuk kedalam Database “Product History” (mungkin ini berarti database yang merekam jejak produk yang dihasilkan) serta Database “Current Product Position” yang mungkin berisi data tentang produk terbaru; dan Machine Status yang berarti Status Mesin, yang masuk kedalam Proses#7 “Verify Machine status” (Proses verifikasi mesin). Oh iya, BTW ini proses ada berkat hasil dari entitas eksternal “Machine Station” (ibarat kata ini stasiun penyimpanan mesin) yang berupa Machine Status serta Product’s Position yang merupakan hasil dari sensor(mesin)… Stop sampai sini dulu! mari kita lanjut ke proses nomer 2.

Sekarang kita masuk ke Proses nomer 2, “Monitor the position of all products to identify collisions” maksudnya, proses pemantauan posisi semua produk untuk mengetahui adanya bentrok. Nah, proses ini membutuhkan data dari Database “Production Track” yang berisi informasi detail tentang produk tersebut. Hasil Monitoring/Pemantauan dari proses ini masuk kedalam Database “Current Product Position” dan “Product being Manufactured” (Program tentang produknya yg sedang diproduksi massal). Hasil pemantauan ini juga bakal masuk ke Proses nomer 6, “Produce reports & Warnings” (menghasilkan laporan & kesalahan jika ada). Stop! nanti gue bakal jelasin lagi tentang Proses#6 ini. Jangan nangis! ea..

Sekarang kita masuk ke Proses nomer 3, “Monitor the postion of all products to check them against the production plan”.. BUSET panjang bener! artinya kira-kira proses pemantauan posisi letak semua produk untuk menyocokkan dengan rencana produksi. Gitu deh. Proses ini membutuhkan data dari Database “Current product position” untuk mendapatkan informasi mengenai posisi produk; serta data dari Database “Production Scheduling Plan” (Rencana penjadwalan produksi) untuk mengetahui posisi yang diharapkan saat produksi. Nah, hasil dari proses ini akan masuk ke Proses#6 tadi. Proses ini juga menghasilkan “sesuatu” kedalam Database “Job” yang membawa informasi bahwa pekerjan telah selesai. Database “Job” ini mengantarkan “sesuatu” tadi menuju Proses berikutnya, Proses#4! booyah!!

Sekarang kita masuk ke Proses nomer 4, “Update production plan” atau bisa diartikan sebagai proses pembaharuan rencana produksi. Proses ini butuh data dari Database “Current product position” untuk mengetahui posisi produk saat ini (ya iya..). Proses ini nantinya akan menghasilkan data yang bakalan masuk kedalam Database “Production Scheduling Plan” tadi, berupa “completed job in product plan” yang berarti Pekerjaan yang telah selesai dalam rencana produksi. Lanjut deh..

Sekarang kita masuk ke Proses nomer 5, “Change & identify production details” yang artinya Proses merubah dan identifikasi detail produksi. Proses ini butuh data dari entitas eksternal “Production Controller” atau pengendali produksi (ini bukan avatar, lagipula produksi itu bukanlah elemen). BTW entitas eksternal ini tidak akan dibahas lebih detail lagi, sorry ya. Uhuk.. proses ini menghasilkan data yang masuk kedalam Database “Production scheduling plan” tadi berupa Perubahan untuk rencana produksi, serta kedalam Database “Product being Manufactured” berupa hal yang sama (Perubahan, red). See? kayaknya udah mulai keliatan darimana dan bakal kemana data-data ini mengalir nih!

Sekarang kita masuk ke Proses nomer 6, “Produce reports & warnings”. Dalam proses ini bakal terjadi adegan reproduksi.. halah. Proses ini berupa kegiatan untuk menghasilkan laporan dan kesalahan (produksi) jika ada. Proses ini membutuhkan data mengenai produk terkait yang diambil dari Database “Product being manufactured” serta data mengenai data yang diperlukan untuk mengetahui produk yang salah sasaran/salah kirim atau terlambat produksi masuh memenuhi kriteria perencanaan produksi atau tidak, dari Proses#3. Proses ini juga membutuhkan data berupa ‘Posisi letak produk yang sudah ada dan produk yang tertunda maupun di produksi ulang’ dari Proses#2~ wow! semuanya saling berhubungan, dunia (DFD) memang sempit -,- | Proses ini juga membutuhkan data berupa “Production floor layout” dari Database yang bernama sama. Lanjut deh!

Sekarang kita masuk ke Proses nomer 7, “Verify machine status” yang artinya proses verifikasi status mesin. Masih ingatkan sama kejadian di Proses#1? ini lanjutannya nih. Status mesin yang merupakan dari Proses#1 ini masuk ke Proses#7, menghasilkan status mesin yang valid/SAH karena telah di-SAH-kan oleh Proses#7 (sah? sah? Alhamdulillah.. emangnya penghulu!). Status mesin yang valid ini masuk kedalam entitas eksternal “Production controller”. Seperti yang gue bilang, kalo gue jelasin tentang avatar (pengendali) ini, gue gak akan mau. soalnya kalo ditulis pasti malah bikin bingung karena avatar ini merupakan penghubung “penting” dari proses-proses DFD disini. Bisa disimpulkan sendiri kalau entitas eksternal ini akan menghasilkan data yang akan masuk ke Proses#5, membutuhkan data dari Proses#6, dan sebagainya, yang mana sudah dijelaskan secara “ngaco” pada paragraf-paragraf sebelumnya. Harap maklum!

Nah akhirnya kita masuk ke Proses nomer 8, “Move Products from queue” maksudnya, proses ini menggambarkan kegiatan pemindahan produk (yang dihasilkan) dari antrian barang. Proses ini butuh “Produk” (ya iya..) dari Database “Queue” (Antrian) dan Proses#8 ini menghasilkan data berupa posisi letak produk yang akan dibawa kedalam entitas eksternal bernama “Sensor” atau #$*%# (maksudnya Pemindai barang, haha). Entitas eksternal ini menghasilkan Posisi Produk yang bakalan masuk kedalam Proses#1, “Receive & record both product & m/c status”. HOREE.. HOREE.. selesai penjelasannya.

Kesimpulan yang bisa gue ambil bahwa, DFD ini menggambarkan alur data yang cukup rumit dan seperti nggak ada habisnya (muter-muter terus) ya karena wajar, soalnya DFD tidak mengenal waktu dan kapan proses ini dieksekusi. Tapi sistem yang memakai DF ini gue rasa cukup mantab dan tob markotob banget karena struktur alurnya “kokoh” dan jelas, hampir tidak ada kekurangan/kelemahan yang bisa dicari-cari lagi. Sekian dan terimakasih telah mampir, membaca, mencoba memahami, meninggalkan komentar, menyukai postingan, membagi postingan, serta MEMBERI NILAI softskill buat gu.. saya! Thanks..

sumber: bingung saya, ini gambar yang nyari temen saya (nitip) tapi saya jamin ini asli dari Springer! –> http://link.springer.com/article/10.1007/s10270-006-0013-0

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s