Posted on

HAH HAH! System Font menjadi Bold? bagus dong! jadi tebel tulisannya supaya mudah untuk dibaca! ….bagus palalu kotak. buat orang yang nggak biasa pasti mengganggu banget, apalagi nggak semua font itu menjadi bold, tapi setengah-setengah boldnya. serasa baca SMS dari anak alay dah gua.. hiks. tapi.. kok bisa? gimana ceritanya tuh?

 

baiklah.. akan daku ceritakan. kejadian langka ini benar-benar nyata.. bermula dari suasana yang membosankan, libur diam diri di rumah, gue iseng install game online yang gue dapet gratis dari event di JCC tempo hari. bentuknya CD, isinya game monopoli itu sama game MMORPG entah apa judulnya lupa. hmm.. pertama kali gue install game monopoli online itu, pas masukin CD ke dvd-rom nya (iyalah masa ke slot USB) feeling gue udah ga enak. bukan perasaan nahan boker, bukan.. ini lain. firasat berbicara. tampilan GUI dari CD tersebut berbasis flash, sehingga agak berat untuk dijalankan oleh prosesor gue, sehingga kinerja meningkat, sehingga fan memutar kencang sekali, sehingga.. ah kebanyakan. udahlah pokoknya ketika tampilan GUI itu keluar, CPU usage mendadak tinggi, dan suara kipas pun terdengar dari jarak setengah meter.

 

sreet.. sreeet bunyi tuh CD didalem dvd-rom. gue langsung tancap gas klik game monopoli untuk diinstall. agak was-was juga, soalnya proses installnya cukup lama sementara CPU terus bekerja keras demi memberikan gue sedikit hiburan (thanks, beb). kira-kira 5 menit lah ya installnya, setelah itu tanpa mengeluarkan CD dari tempat bermainnya gue coba ngejalanin aplikasi yang baru terinstall tersebut. hasilnya OK, tapi setelah mengetahui kalo itu game butuh Update dulu ketika pertama kali main, gue force close itu aplikasi daripada kelamaan ngupdate. dan daripada bengong, akhirnya gue memilih untuk menginstall game kedua yang bawa petaka ini.

 

prosesnya kurang lebih sama kayak tadi, cuman ini lebih lama. soalnya gue liat ini game ukurannya 1,5 giga-an, cukup gede lah buat game macem gini. pas nginstall pun suasananya ga enak, karena entah kenapa ditengah jalan suka berhenti sendiri progress nya, udah gitu cd berhenti memutar pula. ampun dah. daripada tanggung, sekalian biar dvd-rom gue olah raga (soalnya udah lama nggak dimasukin cd), gue hajar terus aja. install terus sampe bisa. hahahaha..

 

kira-kira 15 menit berlalu, dan akhirnya proses penginstallan berhasil. gue coba main itu game, malah update. biarin deh nunggu lama. abisnya penasaran sih sama gamenya (kalo ngeliat covernya sih lumayan seru gameplay nya). tapi yang terjadi justru diluar dugaan. ngupdatenya pun lama banget. gue udah nunggu 10 menit tapi kok bar nya nggak jalan. yaudah karena suasana yang tadinya membosankan semakin parah, gue putuskan untuk force close lagi aplikasi itu, lalu melihat ukurannya yang cukup gede (1,5 giga-an) gue mau uninstall itu game sekalian.. labil amat perasaan baru nginstall nggak sampe 1 jam udah di uninstall aja.. proses uninstall berjalan dengan normal tanpa ada kendala berarti. setelah itu, gue coba membunuh rasa bosan dengan browsing internet, biasalah ngaskus kaya biasa. dan lumayan menyenangkan juga, sampe capek dan pegel ini pundak sama mata. akhirnya gue putuskan untuk istirahat sebentar (matiin komputer)

 

3 jam setelah itu gue nyalain lagi, dan alangkah kagetnya gue menemukan hal yang ganjil pada laman facebook ini nih:

bold

 

 

tuh liat bold kan? heran. kirain settingan chromenya, nggak taunya settingan normal. nah loh?

dan bukan tampilan chrome aja, tapi tampilan system juga. windows explorer, IDM, ms.word, semua kena. wakakaka

panik? nggak juga sih.. cuma heran aja, kenapa bisa begini ya..? setelah berpikir sejenak, ternyata gue yakin positif kalo keanehan ini terjadi gara-gara game yang 3 jam yang lalu itu gue uninstall. yah nasi udah jadi bubur, mubazir kalo ngga dimakan. hajar aja deh. hal pertama yang gue lakukan adalah mencoba restore system ke sesi awal sebelum peristiwa uninstall itu terjadi. dan setelah masuk ke system restore gue cukup beruntung. gue menemukan satu-satunya restore point dari 1 hari yang lalu. wakaka

 

setelah restore, kan restart tuh komputernya? iya. gue tungguin aja sampe masuk ke desktop dan siap-siap melihat keajaiban seakan insiden ini tidak pernah terjadi sebelumnya. tapi alangkah terkejutnya gue setelah melihat pemberitahuan yang intinya kalo ditengah jalan (antara 0-100% proses restore) itu restore point gue corrupt. halah! macem-macem aja nih windows bajakan. dan sebagai bonus, seakan kurang, selain gue mendapatkan berita mencengangkan itu gue menyadari kalo font system masih dalam keadaan cetak tebal. huahaahah..! bagaikan orang yang udah putus asa, gue tetep coba restore terus sampe.. ada kali sampe 4 kali. dan hasilnya tetep sama, corrupt ditengah jalan.

 

mencoba untuk tenang, gue masuk ke google untuk mencari jawaban. untungnya, ada orang yang pernah mengalami kejadian serupa, namun penyebabnya beragam. ternyata, secara garis besar penyebab utama dari masalah ini adalah hilangnya sebagian system font yang terinstall di komputer kita. (sepertinya bisa dilihat di Fonts pada control panel). nah, dapet deh gambarannya. ternyata nih, selain menghapus registry dan semua data dari game petaka tersebut, uninstaller juga menghapus bersih font yang digunakan oleh system gue (font standar macem arial gitu dah). logikanya, game menggunakan font dari system, dan ketika uninstaller membersihkan semua komponen, system font  gue pun ikut kehapus. gile kejem banget ini uninstaller😆

 

dari solusi yang ditawarkan oleh orang bule, beberapa diantaranya udah gue coba, yaitu system restore. namun jika gagal nggak perlu kuatir karena masih ada rencana B. rencana B berbunyi “apabila rencana A gagal, maka laksanakan rencana B”.. apa sih.

pokoknya ada solusi lain yang ditawarkan oleh si bule, yaitu mendownload ulang paket font standar khusus untuk system.

bold1

 

nah yang diatas itu kira-kira SS yang berhasil gue capture, keliatan nggak tuh link downloadnya?

kalo udah didownload, nanti font² tersebut tinggal diinstall seperti biasa kita mau nginstall custom font. setelah nginstall itu font, baru deh..  kita restart systemnya. setelah itu, selamat! font pada system sudah kembali normal seperti sedia kala😆

Leave a Reply

