Posted on

mungkin ini kejadian super langka, yang jelas kasus ini udah gue alami kemaren. dan asal tau aja nih ya, dulu juga temen gue pernah ngalamin kasus yang serupa. apa aja kronologinya? simak nih:

kalo kasus temen gue dulu, selalu terjadi ketika dia sedang mengunduh video dari youtube melalui Internet Download Manager. kalian pengguna IDM pasti tau kan, kalau kalian lagi buffer video pasti dipojok kiri/kanan bawah ada tulisan “download this video” kan? ini cara yang efektif buat ngunduh video youtube tanpa harus repot pake software atau mampir ke situs youtube downloader itu. nah, anehnya, saat temen gue lagi dalam proses unduh itu, ditengah jalan kecepatannya turun drastis jadi 0 kbps. stop. aneh? biasa aja ya? tapi tunggu dulu.. saat temen gue itu mau coba unduh lagi.. (ah ngga enak banget ngomong unduh.. wakaka) ternyata ngga bisa juga. yaudah akhirnya dia nyerah dan memutuskan untuk browsing² aja, akan tetapi.. tiap halaman yang dia coba buka, nggak bisa kebuka sama sekali. nggak kebuka dalam artian, browser masih menunggu jawaban dari server.. “waiting for google.com…” tulisannya. tau kan? salah satu obat dari penyakit itu, ya harus restart komputer.

 

nah, serupa dengan kasus temen gue tadi, kalo kasus yang gue alami, selalu terjadi setelah setia gue buffer video youtube. inget loh youtube. kalo situs lain (kayak embed video dari situs orang, source nya dari file-host, bukan dari youtube) itu lancar nggak ada masalah. ceritanya gini, gue lagi ngudak-ngudak (halah bahasanya..) youtube, biasalah, nyari referensi buat kemajuan permainan gitar gue.. hehe.. nah. pas buffer sih lancar aja, tapi setelah buffer 1-3 video, tiba² youtube nggak jalan. “an error occured, please try again” . tapi penyebabnya bukan proxy, karena sebagai orang yang SEDIKIT ngerti IT, entah kenapa gue tau kalo proxy bukan penyebabnya. dan pas lagi error gitu, gue pikir biasa lah mungkin internetnya yang lemot. youtube kan suka gitu, yega? sama kaya temen gue tadi, gue nyerah dan memutuskan untuk browsing² aja. dan kalian tau apa yang terjadi.. yak. browser gue mati.

you serious bro?

gue udah coba disconnect lalu reconnect lagi nih modem, masih aja bengong browser nya. gue coba masuk ke command prompt, ketik ping youtube.com, lancar jaya tuh. malah rata² pingnya 60 ms. ada apa ini? kok jalur paket lancar nggak macet tapi di browser nggak jalan? gue coba clear cache dan cookie, masih aja bengong. setan bener nih. masa gue harus restart komputer terus sih? .. ya dong! dan akhirnya gue restart² juga.. beberapa menit berlalu, setelah restart, dan komputer sudah kembali waras, gue penasaran.. mungkin tadi cuma kebetulan. gue coba buffer video lagi, dan kemudian browser gue mati, lagi. nggak putus asa, gue coba restart PC gue lagi (biar waras lagi) dan coba googling tentang kasus sialan ini.

 

kalo di forum luar negri, kasus ini pernah/sering terjadi. salah satu penyebab yang gue baca adalah adanya hardware asing (headset, etc) yang somehow, entah mengapa, memblokir akses internet blablabla.. gue nggak ngerti tuh teknis banget bahasanya. tapi masa iya sih? di komputer gue ngga ada hardware macem-macem kok, masih sama kayak dulu waktu belom ada kasus kayak gini. waduh, dari sini bisa gue simpulkan bahwa penyebab browser mati itu bisa terjadi karena beberapa alasan yang berbeda. dan dengan semangat yang membara gue beranikan diri untuk buffer video sampe browsernya mati, supaya gue bisa pecahin masalahnya hari itu juga:mrgreen:

 

ditambah SEDIKIT ilmu dan CUKUP rasa penasaran, gue coba mengakses segala program/pengaturan yang berhubungan internet. di Network & Sharing Center juga udah gue periksa nggak ada yang aneh. gue coba pake IP Dynamic, proxy Static, DNS google, masih aja mati browsernya. semua pengaturan yang berhubungan dengan internet udah gue periksa dan nggak ada yang aneh. wah.. buntu nih. gimana solusinya ya? gue coba review satu² apa aja yang udah gue periksa, ini udah itu udah, tapi ada satu yang belom. apa itu? ANTIVIRUS!!! sempak. antivirus belom gue periksa. coba ah.. dan gue melihat ada yang ganjil disini. coba liat deh:

 

av

 

ternyata ada salah satu fitur yang nyambung ke internet, namanya LinkScanner. ini fitur nggak berguna banget, sumpah. jadi sistemnya dia bakal scan link apapun yang ada untuk mengetahui berbahaya apa nggak. kalo gue sih jarang bahkan hampir nggak pernah buka link yang aneh² macem goo.gl atau bit.ly kecuali kalo ada perlunya dan bersumber dari sumber terpercaya. yaudah tanpa ragu gue mampusin itu fitur. dan gue coba masuk ke browser, tapi masih aja mati :cry: oh iya, gue lupa. biasanya, setiap penggantian fitur macem begituan, kita harus memutus koneksi internet dulu. nah, langsung aja internetnya gue matiin, terus di Apply pengaturan anti virusnya, terus connect lagi, dan jreng.. browser kembali hidup!:mrgreen:

horee seneng banget gue -,-

horee seneng banget gue -,-

 

sampai detik ini gue pun masih penasaran, kenapa harus YOUTUBE? apa yang salah sama youtube sampe² bikin “kacau” sistem kerja anti virus gue, yang menyebabkan browser mati?

 

tapi ya sudahlah, yang lalu biarlah berlalu.. dan sebagai anak IT yang baik, gue mau coba menyelikidi (halah) penyebabnya. tapi ntar² aja deh.. gue males soalnya🙄 tapi nih, btw.. gue kasih ringkasannya aja deh supaya nggak ribet baca cerita nggak jelas diatas (masih pagi, belom mandi, udah nulis aja.. maklum ya!)

1. gue mengalami fenomena aneh, internet nyambung, ping lancar, tapi browser mati. kalian juga kah?

2. gue coba disconnect-reconnect modem, dan utak-atik settingan browser ataupun semua yang berhubungan dengan internet, tapi browser masih mati. kalian juga kah?

3. kebetulan, untuk Anti virus gue pake AVG Internet Security 2012. jadi gue coba matiin fitur yang gue rasa nggak perlu, dan setelah disconnect-reconnect modem, browser gue hidup kembali:mrgreen:

 

yaa.. berakhirlah postingan sederhana gue kali ini. ada pertanyaan? mau diskusi? mau curhat? jangan ragu tulis aja komentarnya ya.. TU.. WA.. GA! oke, sesi PDC (pertanyaan-diskusi-curhat) dimulai!👿

 

 

15 responses to “Internet nyambung, Ping lancar, Browser mati? Ini (salah satu) solusinya!

  1. sama yang gw alami..akhirnya ketemu juga masalahnya..makasih yah rekan

  2. Magrhib ⋅

    Asli brooo lu penyalamat gw, hawhahaha dah gw banting” ini kompie baru kenapa tiap streaming youtube kejadian hal sperti itu. thx bro semoga tuhan membalas kebaikan mu bro THX!

  3. stev ⋅

    mending diapus bro avg nya, menyusahkan wkwkkwkw

  4. di tempat saya kerja gini gan pc to pc connect tapi ke internet gak connect tapi pc lain connect internet cuman masalahnya pc yang satu ini cuman di pasang server jadi gimana ya gan

    • bukan maksud ane sok tau ya gan,

      tapi biasanya kalo di kantor meja karyawannya sudah dipasang komputer yg terhubung ke LAN.. jadi wajar ente cuman bisa nyambung ke antar meja saja.. untuk chatting, kirim file, dll.

      kalo PC server wajar aja harus konek internet, karena emang itu fungsinya gan,

      hehe mohon maaf kalo ada salah2 kata gan

  5. Luc ⋅

    Makasi banget bro..

    gw ga pake AVG melainkan bit defender, udah cari tau masalahnya ternyata emang antivirus yg ngeblock internet.

    serba salah, mau unninstall yg msuk virus banyak, didiemin bgtu lagi..

    hahaha, biasain aja bagi yg belum mencoba, check antivirusnya.

    yg gw alamin :

    ngeping k server bisa tapi ga bisa connect internet, nyari permasalahan lewat google hampir sama smua jawabannya kecuali dsni infonya akurat untuk kita yg ga ngerti it😀

    thx bgt mas bro !

  6. osama donny Kosasih ⋅

    bro kalo anrivirusnya Smadav doang gmana?

  7. Bro kalo gua beda bro.. jadi gini,

    Gua itu pake modem speedy, istilahnya kalo 4 lampu modem udah nyala tuh udah bisa browsing, awalnya biasa” aja pas browsing Facebook, twitter, youtube, soundcloud apadeh.. eh beberapa menit kemudian, koneksinya jadi ga stabil, kayak koneksinya putus, tapi gua liat di modem tetap nyala, dan ini terjadi cuman pas gua browsing, ini ga terjadi kalo gua lagi main game online, koneksi stabil, gak ada apa-apa, gak pernah putus koneksi dalam game (kecuali ama pacar sering putus koneksi karena gua jomblo, hubungannya apa kwkow?) nah buat agan-agan disini mungkin ada tau problemanya apa, tolong kasih solusi ya thanks, ditunggu nih :v gua on time 24jam.

  8. Makasih banget untuk solusinya dan itu memang benar2 worked!!

    Saya pengguna Bitdefender, entah bagian virus scannya atau firewall penyebabnya karena kedua2nya aku matikan, Tapi karena berhubungan dengan koneksi internet kurasa masalahnya ya di Firewall itu.

    Sekali lagi terima bgt..

Leave a Reply

