Posted on

Artificial Harmonic (Tabs Inside – PDF)

wih.. lama nggak ngepos, akhirnya kesampean juga. kali ini gue mau nulis tentang tutrori.. phueh! tutorial tentang bagaimana caranya memainkan gitar kalian agar menghasilkan suara layaknya harpa. cieile…

sedikit perkenalan, teknik harmonic ini adalah teknik membunyikan nada tanpa harus benar-benar menekan string gitarnya, sehingga menghasilkan suara yang lebih lembut dibandingkan suara yang dihasilkan gitar pada umumnya. teorinya sih, si gitaris mencegah terjadinya getaran normal yang biasa dihasilkan senar gitar. karena getaran senarnya dibawah normal inilah, suara yang lebih lembut dan halus bisa tercipta. teknik ini sering banget dipakai oleh gitaris-gitaris ngetop dunia, salah satunya idola gue yaitu oom Tommy Emmannuel. alasany, kebanyakan karena teknik ini bisa mencapai nada yang tinggi sekali, asalkan teknik penggunaannya tepat.

cara menggunakan teknik ini sederhana banget.. untuk Natural Harmonic, kalian cukup meletakkan jari kiri ke senar apapun di fret 3, 5, 7, 9, atau 12. ingat, senar jangan ditekan tapi cukup di sentuh aja..  sebagai contoh, coba kalian sentuh senar satu (paling bawah) di fret 12. udah? terus kalian petik senarnya, dan pada saat yang bersamaan kalian lepas sentuhan dari fret 12 tersebut.. gimana? udah ngerti kan yang namanya harmonic itu kayak gimana? wehehehe

nah, kalo tadi adalah cara menggunakan teknik Natural Harmonic, yang pada umumnya bisa dimainkan pada fret ke-3, 5, 7, 9 dan 12. || ngomong-ngomong, kalian udah tau kan harmonic di fret 12 gimana suaranya? || tau, tapi kok nggak sejalan sama kata-katanya tadi yang katanya bisa mencapai nada yang tinggi? suaranya itu2 doang.. payah nih. hoax nih, tapi nice info. cendol donk gan || ah ilah bocah forum sebelah nongol lagi kemari.. wakakakak. ini gue kasih penjelasannya biar nggak protes:

nah, bagaimana caranya supaya kita bisa pake teknik ini untuk fret yang lebih kesono lagi untuk mencapai nada yang lebih tinggi seperti yang kita ketahui, kalo untuk memainkan Natural Harmonic diatas fret 12 itu sepertinya tidak mungkin karena ya itu, nadanya nggak akan sampe. menurut gue–yang belom pernah ikut pendidikan musik formal–ini sih, salah satu cara yang bisa digunakan untuk mencapai nada tinggi adalah dengan menggunakan teknik Artificial Harmonic.

Artificial Harmonicsetelah liat ilustrasi diatas pasti pada tau kan?

yup. itulah, bisa diliat kalo pada ilustrasi diatas si gitaris menyentuh fret ke-13 dengan telunjuknya. || tau darimana itu fret 13?  || perhatikan tanda titik pada neck grip gitarnya, tanda titik itu menandakan fret 12🙂 nah, bagaimana caranya? ternyata, Artificial Harmonic mampu memainkan nada tinggi berkat bantuan teknik Fretting! 

apa itu fretting? sebenarnya, prakteknya nggak seasing namanya. fretting adalah istilah gitar untuk permainan fret. jadi untuk memainkan nada tinggi, misalnya fret ke-13 dan seterusnya, kita bisa menggunakan teknik ini. caranya sederhana sekali. gue nggak sengaja nemu rumus beginian (entah udah ada yang publish apa belom ya) pokoknya, kalo kita mau Harmonic ke fret 13, kita harus pasang jari (Fretting) kiri di fret pertama! ya, fret satu! rumusnya adalah, Artificial Harmonic = Fretting + 12. logikanya, kalau kita bisa memainkan Natural Harmonic dengan nyaring dan mulus pada fret ke-12, maka angka itu jadi kuncinya. sehingga untuk memainkan Artificial Harmonic dengan nyaring dan mulus pada fret ke-13, maka kita harus Fretting di fret pertama.

karena tangan kiri kita sudah dipake buat fretting, gimana cara ngeluarin suara kalo tangan kanan dipake buat nyentuh senar?  :lol:🙄

ada dua cara untuk memetik senar dalam teknik Artificial Harmonic ini, pertama dengan menggunakan pick biasa, dengan cara menahan pick dengan jari jempol dan jari tengah:

1

untuk kemudian dipetik dengan cara menahan senar harmonic dengan telunjuk dan memetik senar dengan pick tersebut

2

cara kedua adalah dengan cara menggunakan Thumb-Pick, yaitu pick yang bisa diselipin ke jempol. berhubung gue nggak punya pick ginian, gue terpaksa pake kuku jempol aja, ilustrasinya kayak gini nih:

3kalo ilustrasi yang gambar benerannya dia nyentuh senar pake telunjuk, kalo gue nyentuhnya pake jari tengah🙂 simpel banget kan? jadi intinya kita coba main harmonic dengan satu tangan aja, kita sentuh dengan jari telunjuk/tengah dengan pelan, kemudian tinggal petik pake pick/kuku jempol. dengan sedikit-banyak latihan gue jamin kalian bisa menguasai teknik ini!

akhir kata, mohon maaf kalo ada salah dalam penulisan, soalnya gue sendiri nggak pernah ikut les gitar, jadi semua serba otodidak.  :cry:

nah begitulah kira-kira, latihan terus sampai bisa lancar dan nggak pletak-pletuk lagi suaranya. pokoknya ingat rumus diatas supaya nyaring suaranya.. haha. ehm, kayaknya abis tutorial ini nggak afdol kalo gue nggak bagi-bagi tablatur. hehe, so, enjoy then! ada beberapa bagian lagu ini yang pake teknik AH, dijamin easy-listening banget, judulnya “Loving You” (Minnie Riperton) ini lagu gampang tapi asik buat jadi latihan:mrgreen:

♫ loving_you ♫

About aryasulistyo!

I tend to write to kill my spare-time.

2 responses to “Artificial Harmonic (Tabs Inside – PDF)

  1. Anang

    keliling2 nyari natural harmonic satu tangan eh ketemu di blog ini. trims ya, soalnya saya mau belajar Haru-Haru nya sunghajung bingun ngeliat dia natural harmonicnya cuma modal tangan kanan(sambil megang senar sambil metik) sedangkan tangan kiri tetap megang fret juga. ntar saya juga belajar deh sip.

    nih kunjungi blog saya yo kapan2
    http://www.jurnalfantasi.blogspot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s