Posted on

A: “pernah nggak ngalamin kejadian begini.. kamu punya file kompresan (.rar/.zip) yang isinya puluhan, bahkan ratusan foto yang mau kamu cetak, tapi resolusinya terlalu gede, atau memiliki DPI (Dots Per Inch) yang dibawah 300*) ? “

B: “loh emangnya ada apa dengan resolusi dan DPI itu? cetak tinggal cetak kan?”

A: “nah gini nih.. resolusi dan DPI itu berpengaruh lho, FYI ya, biasanya sih foto untuk kualitas cetak terbaik memiliki 300 DPI. resolusi juga sama, harus disesuaikan. kalo resolusi gambar terlalu besar sementara kertas fotonya lebih kecil atau bahkan lebih besar lagi, kualitas foto yang dicetak tentu nggak maksimal dong? yega?”

B: “iye juga sih bro, berarti ratusan foto itu harus diedit dulu dong? pasti repot ya soalnya harus edit satu persatu.. hiks. kelamaan bro!”

A: “nah gini nih.. menyerah sebelum bertempur, malu bro sama pejuang kita (apa urusannya sih -__- ) halah.. pokoknya jangan galau dulu, gue punya tips gimana supaya bisa melakukan proses batch via adobe photoshop, jadi kita tinggal klik-klik-klik, dan photoshop bakal ngerjain ratusan kali pekerjaan memperkecil resolusi ataupun DPI dengan sendirinya, kita tinggal santai sambil makan bisa, kita tinggal boker juga bisa.”

B: “wiii mau dong bisa ngedit foto sambil ditinggal boker, gimana caranya tuh? kasitau dong?”

A: “wahahaha.. iya makanya simak nih tulisan berikut!”

untuk tutorial ini gue pake adobe CS5 portable, yang emang udah termasuk software jadul dan kuno dibandingkan photoshop keluaran terbaru dari adobe. tapi disini gue ga masalahin update-apa-enggak-nya bro, yang penting berguna-apa-enggak-nya ! hehehe.

pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah membuka software yang dimaksud, perlu diperhatikan bahwa versi selain CS5 mungkin memiliki tools/cara yang berbeda, meskipun tipis perbedaannya, jadi ya tinggal di coba-coba aja. lanjut deh! buka softwarenya, terus kamu masuk ke file-open- dan pilih foto yang nggak ingin kamu perkecil resolusi ataupun DPI nya. foto ini berperan sebagai “foto contoh”. maksudnya apa tuh? nanti kamu pasti ngerti deh, simak aja😉

setelah “foto contoh” terbuka, sekarang kita cari panel “ACTION” yang biasanya, terletak disebelah kanan photoshop kamu. penampakannya seperti ini:

Image

C: kok di photoshop gue nggak ada ya gan? hoax nih :hoax :hoax :hoax :betty

A: ah ilah ini kenapa anak forum sebelah mampir kemari sih? hahahaha, kalo nggak ada, bukan berarti beneran nggak ada (halah). coba deh ente buka toolbar Window, terus ceklis tulisan “action” nya, pasti panel action bakal nongol di layar ente :betty :betty

C: … wah ternyata ada gan! :ngakak :ngakak maap gan ane tadi ga liat :sup2 :sup2 nais inpo gan :cendolbig donk gan :malu

A: …

sudah.. sudah.. sekarang yuk kita lanjut ke tahap berikutnya!

selanjutnya, hal yang harus dilakukan adalah.. menekan tombol “create new action” yang ada di panel action dibagian bawah, yang gambar iconnya seperti kertas yang terlipat sedikit diujung atasnya (disamping icon tempat tidur.. eh tempat sampah maksudnya). sudah? sekarang kita buat aja action baru namanya.. erm.. “300DPI” dan klik Record!

Image

setelah dipencet/diteken/diklik Recordnya, kamu akan sadar kalo ternyata ada yang berubah pada tampilan panel actionnya, apakah itu?

Imageya, ada tombol khas “radio” yang menandakan kalau photoshop sedang “merekam” sesuatu. apakah itu?

B: set dah.. daritadi apakah itu melulu.. cepetan dong?

…hiks.. baiklah. ternyata, photoshop sedang dalam kondisi “stand-by” untuk merekam segala aktivitas photoshop kita! biar ngerti dan nggak penasaran lagi, langsung deh, kita praktekin aja ya? misalnya kita mau mengubah DPI foto kita yang jumlahnya ratusan itu, nah, selagi photoshop merekam, mari kita ubah DPI “foto contoh” tadi🙂

caranya, klik Image>Image Size lalu buat kondisinya seperti ini (contoh)

Image

gambar diatas cuma contoh aja loh ya, gue cuma pake resolusi gambar kecil, 400*300 doang.. hehe, nah! di bagian “Document Size” kamu ubah dulu tuh yang biru-biru, menjadi “Pixel/Inch” karena kita kan mau mengganti DPI (Dots Per Inch) dan atur ukuran menjadi 300 Pixel/Inch. lalu Ok!

setelah itu, simpan “foto contoh” kedalam folder baru; folder ini nantinya akan berisi ratusan foto yang bakalan kamu edit menggunakan proses batch ini. nah, karena proses rekaman nya sudah seharusnya selesai di poin ini, maka sebaiknya kita hentikan saja aksi rekaman tersebut, klik tombol khas “radio” tadi, kita pencet yang bentuknya kotak (stop).

B: ooh jadi begitu ya, foto contoh itu merupakan objek pembelajaran buat photoshop, agar bisa merekam aksi apa aja yang sudah kita lakukan? dalam hal ini pastinya photoshop merekam aksi memperkecil DPI dan menyimpan gambar di folder tertentu, yekan?

A: yoi broooh ngerti kan maksudnya? hehe simak lagi nih lanjutannya.

nah setelah kamu menghentikan rekaman secara paksa, sekarang kamu buka ratusan foto yang mau diubah DPI nya, klik File>Open, lalu pilih semua fotonya pake Ctrl+A aja biar cepet. setelah semua foto kebuka di photoshopnya, pasti tampilan photoshop menunjukkan foto ke “sekian” tuh, nah kamu pilih tampilan foto pertama yang mau diedit dulu, baru deh kita menuju ke..

Image

File>Automate>Batch let’s go!!! note: jangan pedulikan tulisan berbahasa inggris pada gambar, karena itu grammar paling ngaco yang pernah gue liat.. wakakakaka

setelah batch diklik, muncul jendela yang mungkin bisa bikin kamu bingung, tapi tenang aja, disini bakal gue jelasin kok.. hehe. mari simak gambar berikut kalo mau ngerti:

Image

ikutin sama persis ya,, di bagian Play, kamu atur Set menjadi Default Actions dan Action nya 300DPI (ini nama action yang kamu buat tadi)
terus, di bagian Source, kamu pilih Folder. lalu pilih Direktorinya dengan menekan Choose, dalam contoh ini gue ambil gambar dari folder C:\Users\Arya\Downloads\BW\AP\AP1\; folder ini berisi ratusan foto yang mau gue ubah DPI nya. terus lagi, di bagian Destination, kamu pilih Folder, dan pilih direktorinya juga, disini gue coba taro hasil editan tadi kedalam folder C:\Users\Arya\Downloads\BW\AP\AP1\300DPI. ceklis Override Action “Save As” Commands nya juga tuh. nah, dibawahnya pilih Document Name untuk dropbox bagian kiri, dan extension untuk dropbox bagian kanan. ingat, disini case sensitive lho, jadi harus sama persis dengan gambar diatas.. heheh. kalo udah sama semua, klik OK.

udah beres deh, photoshop bakal otomatis melakukan aksi memperkecil DPI dan menyimpan foto kedalam folder yang dituju untuk setiap foto yang ada😉

good luck dan semoga beruntung mencobanya!

B: widih badai. terimakasih bro, berkat lo ilmu gue nambah nih, sering-sering aja ngepost beginian ya?

A: sama-sama bro, ini gue juga boleh dapet ilmu dari pelbagai situs, terinspirasi dari masalah yang gue alami sendiri. ngomong-ngomong, si C mana ya bro? nggak keliatan daritadi..

B: di banned momod bro, ngejunk mulu kerjaannya :ngakak

A: ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s