Posted on

Fingerstyle. bagi sebagian orang Indonesia, fingerstyle masih terdengar asing ditelinga, khususnya di telinga anak muda Indonesia.

itu karena menurut pengamatan gw, anak muda jaman sekarang ini lebih sering mendengar lagu-lagunya Lady Gaga sama Boy band Korea.

loh apa hubungannya?

jelas ada hubungannya. lagu itu kalo didengar dari usia dini bisa tumbuh jadi mindset. menurut pengamatan gw sebagai pengamat musik (masa iya) bahwa, orang yang udah biasa dicekoki lagu begini sejak remaja secara terus menerus, nggak bakalan mau denger lagu dengan aliran lain meskipun di paksa sama temannya sekalipun! mengerikan!

sudahlah.. kita sudahi persoalan genre musiknya, mari kita bahas fingerstyle. apa itu fingerstyle?

menurut wikipedia, fingerstyle adalah teknik bermain gitar dengan memetik senarnya langsung dengan (ujung kuku) jari tangan, atau pick gitar yang di pasang di jari jemari tangan itu sendiri.

nah! pernah denger? hmm.. mungkin. soalnya di Indonesia ada juga artis fingerstyle nya lho, dari mulai yang pemula sampai ahli, dari mulai yang belum ngetop sampai yang sudah ngetop, dari mulai artis youtube, sampai artis televisi, sampai artis off-air juga ada lho!

salah dua nama yang populer adalah om Jubing Kristianto dan opa Nelson Rumantir. tau kan? pastinya:mrgreen:

Nelson Rumantir

yah.. sebenarnya banyak sekali hal mengenai fingerstyle yang bisa dibahas, tapi takut kepanjangan, gw singkat aja dan akan saya bagi, dan mudah-mudahan di tulisan berikutnya akan gw bahas:mrgreen:

buat postingan pertama ini gw mau share metode belajar fingerstyle yang sangat efektif tanpa harus keluar uang buat kursus! yay!:mrgreen:

tapi berhubung di dunia ini ga ada yg gratis, begitu juga trik dari gw ini. pasti ada aja modal awal dan modal akhirnya

(dah kayak akuntansi aja🙄 ) nggak. just kidding:mrgreen:

modal awal yang dibutuhkan tentu saja seperangkat gitar. kalo gw sih pake gitar akustik (bukan klasik) dengan leher kecil dan body yang tidak terlalu gendut, menggunakan senar baja murahan merk Pyramid yang beli di toko sanjay. tapi terserah sih kalian mau pake gitar akustik apa aja.. yang penting judulnya bukan gitar elektrik🙂

yang kedua nih, kuku! yoi bro, kuku lu tuh rapihin dulu, potong semua yang tangan kiri, yang tangan kanan di potong jangan sampe abis, sisain dikit biar suara petikannya nyaring:mrgreen:

yang ketiga nih, seperangkat komputer. laptop juga bisa. tapi gw pake nya komputer, karena gw ga punya laptop. kalo kalian punya sih gpp pake aja, jangan lupa diinstall software penunjangnya ya, seperti power tab editor atau guitar pro editor:mrgreen:

yang keempat nih, modal Tekad. sekarang mah yang penting tekad bro. orang mau dapet duit tapi ga mau kerja, kalo udah tekad bisa ngerampok bank bro! eh itu mah namanya Nekad men!😥

dan yang klimaks, eh kelima nih, suasana hati yang baik. jangan sekali-kali nyoba belajar aransemen gitar dengan suasana yang lagi carut marut😦 karena percuma, nanti feel nya ga dapet🙄 lebih baik belajar aransemennya ketika suasana hati sedang berbunga-bunga, selain belajarnya jadi nikmat, aransemen pun bisa dikuasai cenderung lebih cepat dan akurat!:mrgreen:

kalo sudah kekumpul semua modal awalnya, saatnya belajar men!

***

buat pemula, simak nih nasehat dari oom yang kagetan melulu

oom kagetan

“buat para adek-adek pemula yang oom cintai sini oom ajari yah, pertama belajar dulu memetik dawai.. eh senar gitar dengan bertahap, pertama dengan jempol saja, petik satu persatu. kemudian naik tingkat menjadi dengan dua jari, yakni jempol dan telunjuk, ulang terus sampai lancar. lalu sisanya ditambah lagi jadi dengan jari jempol, telunjuk, tengah, dan jari manis untuk memetiknya. ulangi teruuuuus sampai lancar dan tidak kaku lagi. kalau bisa sih jari kelingking kanan dipakai buat metik juga, kalo kamu berhasil metik senar dengan kelima jari kananmu, selamat, karena kamu ada bakat untuk jadi gitaris profesional”

***

gimana? nasehat yang sangat berharga dari oom kagetan, sekarang kalo udah lancar metik senarnya, kita meluncur ke tahap selanjutnya, yaitu tahap pembelajaran!

***

metode gw dalam mempelajari aransemen gitar dengan baik, benar, hemat biaya, hemat energi, dan menyenangkan adalah dengan berulang-ulang mendengarkan lagu-lagu instrumen atau paling tidak lagu-lagu yang ada petikan gitarnya, mencari tablaturnya, rasakan feel nya, pelajari notasinya, latihan terus, dan selamat! kalian berhasil mempelajari aransemen dengan sempurna!

hehehehe.. biar lebih jelasnya, simak nih saran dari pak tua berjanggut.

pak tua janggut

“lagu untuk pemula cocoknya lagu tradisional dari kampung halaman saya, Britania Raya. yang berjudul Greensleeves.”

apa tuh greensleeves? lagu alay ya?

please deh..

buka aja nih

http://www.youtube.com/watch?v=ldSvr_nDjKU

gw yakin seyakin-yakinnya, tanpa mendengar lagu ini, kalian gak akan tau ini lagu apa:mrgreen:

coba deh dengerin sendiri, pasti reaksi kalian bakalan kaya.. “oooh lagu ini toh :D”

udah? ya. bener banget men, ini lagunya si Mozart. kenal Mozart ga? ngga? gw juga ngga. tapi gw tau Mozart🙄

Mozart itu salah satu komposer ngetop jaman dulu, jamannya lagu klasik lah, beethoven, bach, chopin dan kawan-kawannya.

hmm.. sebenernya sih banyak banget versi instrumental dari lagu ini, ada yang modelnya orkestra, ada yang pake pan-flute, ada juga yang pake gitar. nah, kita sekarang coba pake gitar dulu yah:mrgreen:

kalo udah puas dengerinnya, langsung deh simak tablaturnya:

greensleeves

kalo kekecilan di open link in new tab aja bro🙂

mohon maap nih sebelumnya di wordpress nggak boleh upload file macem ginian😥 jadinya gw cuma bisa ngasih screenshot nya aja deh😥

nah, lagunya udah, tablaturnya juga udah, sekarang tinggal dipelajari aja bro! hehe.. inget nih, jangan langsung semuanya dipelajarin, pelan-pelan, biar enak.. (apa sih ini) pokoknya pelajari dikit-dikit2, kalo udah nanti tinggal dihafal dan dicari posisi jari yang enak yang mana🙂 gampang kan? pastinya bro!

***

kalo kepercayaan diri kalian udah mulai bangkit karena sudah berhasil menguasai lagu greensleeve, bisa kok bikin varian lain, dengan cara di ubah sedikit aransemennya. mengubah aransemennya bisa dilakukan dengan menambahkan notasi baru yang pastinya bisa bikin lagu terdengar lebih wow, atau bisa juga menambah/menurunkan tempo agar feel nya dapet.

lagu ini sih kalo menurut gw levelnya masih pemula, karena bisa dipelajari atau bahkan dikuasai dalam waktu kurang dari 24 jam:mrgreen:

untuk lagu yang beberapa tingkat diatas ini gw kasih bocoran deh..

(ini termasuk lagu yang sangat indah tapi butuh waktu lebih untuk dikuasai)

metodeku

yap.. berhubung di harddisk gw gak ada mp3 lagu “Close To You” aransemennya Tommy Emmannuel, gw jadinya ngembat cache di youtube, dan akhirnya dimainin deh, gw dengerin temponya dia, gw rasain feel nya dia, dan gw amati pergerakan jari jemarinya sambil membuka file tablatur di software penunjang nya:mrgreen:

alhamdulillah udah bisa sih, meskipun gak 100% mirip😀

lagu buat pamer ke cewek nih:mrgreen:

***

hmm.. apalagi ya? kayaknya udah deh segitu aja metode belajar gw hehe

intinya tuh, kita harus tekun dan punya tekad yang kuad (halah) kuat maksudnya.

tekad itu ada karena biasanya karena latar belakang atau alasan mengapa kita rela belajar gitar seharian penuh. ya.. semacam obsesi lah gitu🙂

karena dengan obsesi, yang juga dibarengi dengan sikap realistis, mampu memajukan diri kita ketahap yang lebih baik:mrgreen:

bodo amat deh apa kata orang, yang penting ini hidup gw, ya suka-suka gw, resikonya juga buat gw

:mrgreen::mrgreen::mrgreen:

5 responses to “All About Fingerstyle

  1. Fahmiie ⋅

    Thx bro udh dijelasin secara gamblang😀

  2. alvin bro

    Waah,, hebaaaat betapa kerennya artikel tentng fingerstyle ini,,, perkenalkn ya saya pemin fingerstyle gitar sama seperti kamu, saya sangat suka meaaragement lagu,, terutama lagunya sungha jung *eh itu niru ya. ngomong2 anda ahli ngk tntang arragement lagu pakai fingerstyle?? Soalnya saya mau bikin komunitas fingerstyle indonesia,, hehehe,, di indonesia mah emng jarang sekali orang mengenal fingerstyle,, sudah saatnya kita mengalahkan sungha jung yg juga telah menghipnotis indonesia sejalan dengan kpop boyband korea itu,, mari buktikan para pejuang muda indonesia mampu bersaing dengan para prefesiionbal didunia.. Keep spirit and you can do it!!

    • ah terlalu memuji hahaha

      gak apa-apa pertama niru niru boleh kok hahaha saya juga suka niru aransemen orang kok, kalo aransemen sendiri belom bisa hehe😆

      waduh kalo dibilang ahli sih saya jauh dibawah dari kata tersebut mas Alvin.. bisa dibilang saya cuma sekedar hobby saja.. les musik pun tidak pernah hehe

      ide bagus tuh.. coba kamu konsultasikan saja.. atau bicarakan lebih detail ke mas Jubing Kristianto.. beliau aktif di facebook dan suka banget merespon komentar penggemarnya yang masuk🙂

  3. aglteam

    Salam kenal…izinkan saya berbagi link untuk yg ingin belajar gitar secara lengkap dan mengunduh materi untuk pemula, blues, jazz dalam bhs indonesia silahkan kunjungi http://www.gitarzoom.blogspot.com
    trimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s