Posted on

Allah punya jalannya Sendiri, bro

Gila.. tanggal 9 februari ini bener bener keliatan, bahwa kehidupan ini punya Twist yang bener-bener complex dan unpredictable. 

di postingan ini bakal gw ceritain semua kejadian secara gamblang, dan kebanyakan tentang salah seorang sahabat gw, si Hilman. bermula dari beberapa hari sebelumnya, tanggal 5 kalo ga salah, si Kahfie ngasih info ke gw kalo ada event bagi-bagi 100 Andromax U gratis dari Smartfren di kota kasablanka. siapa yang gak tertarik coba? bisa dapet kesempatan dapet smartphone murah dengan spek yang mewah. dan saat itu juga gw daftar langsung via twitter, dengan me-mention 2 orang yang mau diajak, nah si Hilman ini salah satunya.

skip cerita aja, langsung masuk ke pagi hari di tanggal 9 februari. pagi sekitar jam 10 gw berangkat nyamper doi. sempet online sebentar disana, dan cek update dari akun twitter smartfren. ternyata di kota kasablanka udah penuh banget, padahal baru jam setengah sebelas. “gila banyak banget.. jadi males kesana gw” itulah kira-kira yang dibilang sama dia pagi itu. beh.. belom mulai aja udah males bawaannya.. tapi karena gw bilang “yah kalo rejeki nggak kemana” akhirnya dia mau pergi juga.

nggak sabar nungguin si Kahfie yang lagi UAS, sekitar jam 11 gw telpon dia. well.. ternyata dia udah ada di daerah Rs.Mekarsari, mau jemput pacarnya dan nyuruh gw sama hilman nunggu disana.. “okelah” pikir gw. “buruan deh, jam setengah sebelas aja udah rame banget, gimana nanti siang”

***

akhirnya kita berempat berangkat juga, naek motor, gw diboncengin si hilman soalnya motor gw motor balap ga ada spion nya😆

well.. semua berjalan normal sih, isi bensin, ngebut, hajar polisi tidur, dsb.. sampai akhirnya, pas mall kota kasablanka udah tinggal 10 menit lagi kalo bawa motor 60km/jam, tiba tiba ban terasa ada yang aneh.. dan emang aneh. ternyata bannya bocor. apes deh..

untung aja, di deket kejadian itu ada tukang tambel ban. langsung deh kita berempat minggir dulu kesana. hmmm.. feeling gw ga enak, soalnya pas tukang tambel ban lagi ngebongkar ban, celengan nya keliatan. hahaha just kidding men.. feeling gw ga enak karena ngeliat kondisi ban dalemnya, bukan bolong aja tapi agak sobek sedikit. damn.

ini lagi abangnya nggak profesional, harusnya dia tau kalo ban udah kaya gitu tuh harusnya diganti, bukan ditambel. tapi nggak apa apa deh, kalo gw nyrocos aja bisa berantem gw sama dia. panjang urusan😀

setelah nunggu sekitar 10 menit, kami pun bergegas kembali. sebelum naik si Hilman bilang, “kalo ini ban bocor lagi berarti emang minta diganti nih” dan gw bales dengan tawaan “hahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahaha”.. erm.. panjangan ya?

oke, dengan ucapan basmalah tulus dari hati keluar lewat mulut kami pun berangkat lagi.

perlu diketahui juga ini lokasi tambel ban deket sama fly-over, gw gak tau fly-over mana yang jelas itu fly-over😆 nah.. pas naek, brrrmmmm… lancar. nah pas turun, brrrrrrrrr..plekplekplek.. buset.. bocor lagi😦

ini serius lho bukan gw ngada-ngada, true 100% kejadian asli tanpa rekayasa apapun. kejadian ini juga merupakan rekor tambel ban tersingkat yang pernah gw alami. sekitar 200 meter bro! 7000 perak (ongkos tambel) cuma buat 200 meter -__-

yah.. buru-buru menepi lagi deh, hiks.. kali ini bener aja, si Hilman ini langsung inisiatif ambil duit di BNI. selamet, untung ada atm deket lokasi kejadian. sembari nanya tukang ojek, ada bengkel tapi rada kesonoan lagi. yaudah lah dorong terus sampe kesonoan -_-

well, dari sini gw udah punya feeling, bahwa ini sudah benar-benar ada dalam skenario indah milik Allah swt. pertama, ban yang bocor 2x dalam waktu sangat singkat. kedua, pas banget ban bocor ada atm disana. hmm..

gw jadi ga enak sama hilman, gara gara boncengin gw yang banyak pahala jadinya berat dan menyebabkan ban kempes begitu.

setelah agak lama dorong, akhirnya nemu bengkel, tapi bengkel kecil. padahal hilman niatnya mau ganti ban tubeless. terpaksa harus dorong lagi. perlu diketahui juga ini dorongnya bukan di medan yang datar aja, nanjak juga. gw sebagai partner yang baik pastinya bantu ngedorong. tapi capek juga ya. nanjak bro!

ilustrasi

ilustrasi

akhirnya.. udah rada jauh, masih belom nemu bengkel yang tepat. nanya lagi lah sama abang abang yang lagi ngobrol sama tukang sapu jalanan. “mas, bengkel besar dimana ya?” “oh lurus aja nanti belok kiri” “ooh.. makasih ya mas” .. buset. jauh juga.. tapi biarlah, biar jauh yang penting ketemu bengkelnya dan bisa buru-buru merapat ke kota kasablanka.

ilustrasi

ilustrasi

ngedorong motor, sambil bisa menatap lantai atas gedung mall kota kasablanka dari sana membuat hati jadi sakit dan miris.. “damn.. padahal gedung sudah didepan mata, tapi ada aja ya musibahnya” keluh hati kecil ini.. oh..

dan tambah sakit rasanya ketika kita tahu bahwa kita telah dibohongi. begitulah kira-kira. itu abang abang rese juga.. masa dikibulin. ternyata setelah belok kiri, sepanjang jalan itu kaga ada bengkel. sempak juga nih. akhirnya kami dikonfrontasi sama tukang ojek lain, bilang kalo bengkel mah disono mas (sambil nunjuk arah berlawanan)

itu artinya, setelah ikut instruksi abang abang yang ngobrol sama tukang bersihin jalan, yaitu belok kiri, dan telah mendorong sejauh kira-kira 100 meter, ketemu tukang ojek, dan diberitahu bahwa bengkel itu adanya di arah yang berlawanan😦 seakan akan abang abang itu seneng sumringah sambil bilang:

ilustrasi

ilustrasi

kampret.. setelah dibohongi kami hanya bisa pasrah. untuk mempersingkat waktu, si hilman nekat naikin motornya dengan ban yang klepek-klepek nggak karuan, sementara gw jalan ngikutin dari belakang kaya detektip sambil bawa helm. sementara si kahfie sama pacarnya, si yudith turut memandu hilman sampai menemukan bengkel yang tepat.. hiks.

sepanjang jalan, gw cuma bisa jalan. sambil ngelirik ke anak-anak punk yang lagi mejeng di kolong jembatan sama temen-temennya, takut dipalak gw.. hahaha tapi cuek lah.

ilustrasi

ilustrasi

bayangin aja bro, ternyata jaraknya jauh juga. sekitar 400 meter gw jalan, baru sampe ke bengkel. gila.. berasa juga yah. pas dibengkel gw langsung dikasih pocari sweat kaleng dingin sama si hilman, sambil bilang “gila kasian gw liat lo..” hett dah sempak bener nih orang masa tampang gw yang kaya eksekutif muda gini dikasihanin.. wakakaka. tanpa ragu langsung gw tenggak abis tuh pocari.. abis haus sih.

ngadem dikit, sambil denger si hilman nego sama nci-nci yang punya bengkel. tambah seger aja gw ngeliat anaknya itu nci yang bening mulus kaya personel JKT48.

cakep bener.. mulus lagi, cuma pake hotpant doang lagi, kaosnya agak ketat lagi. orangnya tinggi bener lagi kaya batang pinang 17 agustusan. waaw.

setelah deal, langsung si mekanik ngebongkar itu ban motor dan si kahfie dan yudith pun izin ke gw, katanya mau makan disebelah.. buset.. emangnya gw mandor apa segala-gala harus izin.. wkwkwkw.

nggak lama, si kahfie sms gw. isinya “ya.. mau nasi goreng ga?” widih sedapp.. rejeki ga kemana ini mah.. gw demen dah. langsung gw cabut ke sebelah, ke tempat si kahfie dan pacarnya makan. ternyata gw dikasih nasi goreng sisa dia (masih banyak) hehehe.. tapi jangan salah, biarpun sisa tapi masih layak makan😀

ternyata dengan alasan “sudah kenyang”, dia rela (atau nekat) kasih itu nasi ke gw. tapi setelah suapan pertama, gw tau kalo alasan sebenarnya adalah “nasinya ga enak” ahahahaha🙂

gimana enak, nasinya lembek banget😦 nasi goreng kok lembek😆

tapi namanya orang laper, hajar aja udah, lumayan nasi goreng gratis😀

nah, dari sini nih gw juga udah berasa, bahwa lagi-lagi ini sudah masuk skenarionya Allah. bahwa gw rela jalan jauh demi menghemat waktu (gw tau, ini hal sepele, tapi kalo ikhlas Insya Allah ada aja balesannya) dan dapetlah 1 kaleng pocari gratis dan nasi goreng gratis. hahaa

sambil nunggu si mekanik selesai, ngobrol-ngobrol dikit dulu, diselingi gurauan dan candaan khas mahasiswa kreatif seperti kami berempat ini. hmm.. ternyata si yudhit abis buka twitter, dan disana, smartfren update twitternya bahwa smartphone gratis itu masih tersisa 70 unit. wah.. ada kesempatan nih. “mudah-mudahan bisa dapat smartphone nya, meskipun cobaan kecil yang harus dilewati ini terasa melelahkan” “aamiin”.

bener aja, si hilman abis tuh duit 240 ribu cuma buat ban tubles. akhirnya sebelum berangkat gw nyuruh bungkusin tuh ban motor yg lama, sayang karena masih bagus alurnya. gw gendong dah tuh ban sampe parkiran kota kasablanka.. pegel bro🙂

 

ilustrasi: ganti kandang burung jadi Ban

ilustrasi: ganti kandang burung jadi Ban

 

***

setelah sampai, akhirnya.. bisa napas lega. ternyata lokasi tidak sepenuh dan seramai yang tadi pagi gw liat di twitter.. wow! kami pun langsung daftar. hilman yang pertama kali daftar, dapet nomer 1081, gw daftar setelahnya, dapet nomer 1082, si kahfie yang entah kenapa daftar setelah gw dapet nomer 996 wakakaka.. dan si yudhit daftar setelah kahfie dapat nomer 1083. “mudah-mudahan bisa bawa pulang smartphone hari ini”

baru duduk sebentar, ternyata sirine udah bunyi aja. langsung lah kami merapat. tapi sayang, kami gak dipilih mengikuti games yang disediakan kala itu. padahal hadiahnya 10 unit Andromax U lho!!! gak apa deh, masih ada games yang lain kan😀

oh ya, pas lagi nonton games itu, gw gak sengaja ngeliat kawan gw waktu SMA dulu, si Ajeng.. hehe😀 ternyata udah ada cowoknya dia😀 selamat ya😀

wow.. singkat cerita, setelah game itu usai, gw sama hilman memutuskan untuk beli minum sebentar di carefour, 1 lantai dibawah food society kota kasablanka. lumayan sih, 20 menit ada kali gw sama hilman muter muter nyari pesenan si kahfie sama si yudhit. haha.. sambil galau juga nih takut gamesnya keburu mulai, langsung buru buru deh balik ke food society.

emang dasar rejeki ga kemana, pas gw sampe sana, acara games berikutnya baru mulai. buset.. udah penuh aja orang:\

nah.. di games yang ini tuh, sistemnya beda sama yang tadi. kalo tadi peserta games dipilih suka suka MC nya, kalo sekarang dipilih dengan cara cepet-cepetan kirim SMS ke nomer yang udah diberikan. sementara panitia sibuk menerima SMS yang masuk dan mendatanya, si hilman ngajakin gw solat ashar. waktu itu sekitar masih jam setengah lima apa jam empat lewat gitu gw lupa. tapi gw menolak karena mindset gw kali itu udah terpaku sama hal duniawi, nafsu dan macem macem, kalo gw ingin dapet smartphone. celakalah.

dan emang rejeki ga kemana ya, dari 40 orang yang bakal dapet kesempatan bawa pulang 20 unit andromax U, nomer 1082 lah yang dipanggil kedua setelah yang pertama. wow! dan nggak lama, ternyata nambah lagi si yudhit, nomer 1083 yang dapet kesempatan ini😀 widiuh.. tegang nih gw jadinya.. gila, setelah 40 orang terkumpul, gw liat di kerumunan penonton si hilman udah kaga ada. ternyata udah cabut dia cari musholla. salut.

dan.. peraturan games sudah ditentukan. yaitu, ketika MC bilang “pegang kuping kiri” para peserta harus melakukan sebaliknya, yaitu pegang kuping kanan. nah dari situlah petaka terjadi.. jreng..

disaat peserta tinggal 23 orang, gw dengan bodohnya melakukan kesalahan fatal. ketika MC bilang “angkat kaki….” nah otak gw yang brillian ini bilang kalo kebalikan dari angkat itu turun padahal yang harusnya dibalik itu kiri jadi kanan, dan kanan jadi kiri. gublok tenan… wkwkwkwkw. dan sialnya lagi, si yudith, yang padahal tinggal 21 orang lagi, terpaksa di diskualifikasi karena bergerak sedikit ketika seharusnya diam. duh.. kebayang kan tegangnya gimana? kayak gini nih:

ilustrasi tegang

ilustrasi tegang

jujur aja, gw kecewa berat sama diri gw sendiri. padahal kalo gw bisa bertahan, gw bisa dapetin itu andromax, dan handphone corby gw yang lama bisa gw kasih adek gw. rejeki ga kemana deh, gw cuma bisa menyesal dan pasrah. games selesai sekitar jam 6. dan waktu itu si hilman belom balik juga. akhirnya kami bertiga putuskan untuk kebawah nyari musholla, mau solat magrib (skip ashar) astagfirullahaladzim..

setelah selesai solat magrib berjamaah, bareng sama hilman juga, kami berangkat menuju food society lagi. dijalan, hilman cerita “gila tadi gw nyari musholla sampe keluar mall, dikibulin satpam” katanya. ya Allah.. ini anak niat bener yah kata gw dalam hati. salut gw sama ini orang. dan gw pun berfikir lagi, emang bener bener nih skenario Allah. ini anak sengaja kali ya dibawa muter muter dulu demi untuk berkomunikasi dengan Sang Khalik.

akhirnya semua peserta udah kumpul. dan MC serta panitia dari seputarevent bagi bagi souvenir dari smartfren. dah hokinya gw, gw dapet 1 tempat CD. lumayan deh. modalnya cuma teriak2 paling heboh doang, eh dapet😛

dan, akhirnya games terakhir dimulai, kali ini hadiahnya 27 unit Andromax U. sistemnya sama kaya tadi, pake SMS. entah kenapa, pas gw SMS kesana kok error (nggak terkirim). gw pikir pulsa habis, ternyata setelah di cek pulsa masih ada 2000 perak lagi. SMS lagi aja deh daripada nggak sama sekali mendingan gw telat deh. seperti tadi, sementara panitia sibuk nyortir nomer yang masuk, para peserta disuguhi hidangan musik indie dari Endah&Rhesa. salah satu gitaris wanita yang gw anggap PRO banget setelah Marrie Linnemann, (walaupun beda genre yah, tetep aja pro :D) wow.. shocking dan amazing! tidak bisa dilupakan!

dan akhirnya, tanpa disangka, si hilman, nomor dada 1081 dipanggil pas mau terakhir-akhir! alhamdulillah. jujur aja gw turut seneng kalo temen gw akhirnya dapet kesempatan juga.

dan gw doain supaya menang, dan bener aja, dia menang! luar biasa memang, siapa sih yang nggak seneng menang smartphone seharga 1.5 juta cuma modal balik kiri badan sama megang pipi kanan?😀😀😀

gila.. ternyata emang bener Allah punya jalannya Sendiri, betapa enggak, nih gw ringkas ya

1. si hilman ogah ogahan ikut karena liat tempatnya penuh sesak.

2. si hilman mungkin terpaksa karena gw ajak, akhirnya ban bocor pas mau nyampe.

3. abis nambel ban, baru 200 meter udah kempes lagi. beruntung di deket situ ada ATM. dan si hilman pun dorong motor ada kali 500 meter sambil gw bantu dikit dari belakang.

4. si hilman keluar duit 240.000 buat ganti ban, karena ban dalemnya udah sobek kira kira 6cm.

5. si hilman ngajakin gw sholat, tapi gw nggak mau, takut ketinggalan games. akhirnya dia rela muter-muter keluar mall dikibulin satpam cuma buat sholat. sendrian bro!

6. nggak disangka, nomer dada si hilman dipanggil MC, dan dapet kesempatan dapet andromax.

7. walau sempet salah sedikit melakukan instruksi, yakni ketika disuruh balik kanan, dia malah hadap kanan, dan ibu-ibu yang comel mau ngadu ke panitia kalo si hilman salah, tetep aja Allah melindungi dia dengan cara yang indah sekali yaitu membuat para panitia seperti acuh terhadap masalah ini.

8. ketika pengambilan smartphone, nomer dada si hilman ini hilang. dan kata panitia ternyata “nggak bisa diambil mas hadiahnya”. dan nggak disangka sangka, ada anak kecil nemu itu nomer dada 1081 di lantai dan buru-buru ngasih ke gw dan gw langsung kasih ke hilman.

9. dan akhirnya, 1 unit Andromax U berhasil dia dapat.🙂

***

well.. dari jauh gw bisa liat ekspresi senang dari seorang anak muda yang rajin ibadah dan melakukan amal baik, gw cuma bisa geleng kepala. kagum sama ini orang.

ilustrasi

ilustrasi

gila kan? sinting malah. ternyata gw melakukan hal yang sangat fatal, bahwa gw terlalu sombong, karena gw lupa sama perkara sholat. dan dari kejadian ini gw bisa belajar.

bahwa, pertama. jangan pernah tinggalkan sholat, ajak teman teman kita untuk sholat, dan rajin rajin bersedekah.

kedua, bahwa doa seorang yang ikhlas dan tulus itu ternyata manjur lho. terbukti ketika (insya Allah) gw mendoakan hilman untuk menang, secara ikhlas dalam artian nggak main-main doanya. dan ternyata… it happens!🙂

gw lupa mendoakan diri gw sendiri, karena ketika gw maju, gw berdoa “semoga gw menang” karena kalo “gw harus menang” atau “menangkanlah saya” mungkin terkesan egois dan nggak tahu malu, bagi saya yang berani melewatkan sholat dan melupakan Allah waktu itu. hiks.. sedih sih, tapi gw seneng, akhirnya gw bisa belajar banyak dari si hilman ini.🙂

gila, untung dulu emak gw nyekolahin gw di PGRI, kalo nggak, mana mungkin bisa gw ketemu hilman, dan temen-temen terbaik lainnya yang pernah gw kenal seumur hidup gw?

Allah punya jalannya Sendiri, bro :)

iyalah, siapa yang sangka ini orang yang pertamanya ogah-ogahan ngga niat ikutan, tapi karena sholat aja bisa dapet hadiah, sementara gw, yang pertamanya niat banget, tapi karena tidak sholat jadi ngga dapet hadiahnya, cuma nyaris.

oh iya, setelah gw terkesima liat performance Endah&Rhesa, bikin semangat gw bangkit lagi, gw pengen kejar impian gw, untuk manggung di event-event secara profesional😀

main gitar solo atau band acoustic pastinya🙂

doain gw selalu ya, karena gw yakin doa yang baik dan tulus pasti akan berbalik ke yang mendoakannya kok. serius deh.😆

aamiin :))

About aryasulistyo!

I tend to write to kill my spare-time.

7 responses to “Allah punya jalannya Sendiri, bro

  1. gile bro ceritanya panjang amat wkwkwk

  2. fasyaulia

    Makanya kalau diajak solat, harusnya mau hahaha. Btw, iya ih cerita nya panjang banget -__-

  3. ilustrasi zazazad sekali haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s