Posted on

Konflik

Terjadi percakapan telpon antara dua orang pimpinan dari sebuah perusahaan Kimia.
” Saya tidak perduli berapa banyak pekerjaan anda ” Bill vice presiden bidang pemasaran dan penjualan berkata, ” American Stell adalah salah satu pelanggan utama kita. Saya mengatakan kepada mereka bahwa dalam waktu dekat kita akan memberikan solvent atas produk mereka ”.

” Saya mengerti posisi anda Bill ” berkata Gary vice presiden bidang penelitian dan pengembangan, ” tetapi saat ini kami pun memiliki selusin proyek penting yang kami harus selesaikan secepatnya, jadi tolong anda sampaikan pada American Stell bahwa kita akan memberikan solvent mereka bulan depan ”.

” Kalau begitu keadaannya maka kita akan kehilangan mereka” kata Bill kepada Gary. ” Kami mohon maaf, kami tidak bisa berbuat apa apa, jika hal ini mengecewakan anda telponlah Henry[presiden perusahaan] dan katakan padanya bahwa kelompok litbang membutuhkan staff yang lebih banyak”.
Berdasarkan uraian diatas :
1.Apakah telah terjadi konflik ? Bila telah terjadi konflik, jenis konflik fungsional atau disfungsional yang terjadi ?
2.Apa saran anda agar konflik yang terjadi menguntungkan organisasi ?

***

1. disfungsional karena terjadi konflik kecil yang bisa menghambat kinerja perusahaan.

2. Bill si wakil direktur pemasaran harus bertanggung jawab atas ucapannya yang menjanjikan sesuatu secara sepihak sementara Gary si wakil direktur pengembangan dituntut untuk memenuhi janji Bill kepada kliennya inilah yang menjadi konflik. Meskipun begini, konflik yang terjadi bisa saja membalikkan keadaan menjadi konflik yang menguntungkan, logikanya, jika:

 

-Gary dkk lebih mementingkan melayani American Steel daripada selusin proyek yang ada. maka kemungkinan lusinan proyek itu akan gagal dan ditolak karena proyek2 tersebut juga dituntut untuk selesai secepatnya. keuntungan sedikit (jika dibandingkan, 1 proyek dengan 12 proyek kan gedean 12) namun berlangsung lama, dan perusahaan akan merugi jika sisa proyek2 itu gagal.

-Gary dkk memiliki selusin proyek untuk diselesaikan secepatnya. jika ini di prioritaskan lebih, maka kemungkinan kehilangan American Steel menjadi lebih besar. keuntungan menjadi besar karena 12 proyek terselesaikan dengan baik, namun kehilangan pelanggan utama.

 

Bill harus mengabarkan American Steel tentang penundaan pemberian Solvent kepada produk American Steel. jika negosiasi berhasil, maka dua keuntungan bisa diambil perusahaan.

jika  negosiasi gagal, salah satu harus dikorbankan terkait terbatasnya jumlah pekerja,. agar konflik ini menjadi fungsional harusnya Gary dkk mengutus sebagian pekerjanya untuk melayani American Steel demi menjaga long-term partnership, dan sebagian lagi menyelesaikan sisa proyek berdasarkan prioritasnya (dari 12 proyek itu pasti punya prioritas sendiri kan)

 

 

btw pada tau gak solvent apa?

solvent (from the Latin solvō, “I loosen, untie, I solve”) is a liquid, solid, or gas that dissolves another solid, liquid, or gaseous solute, resulting in a solution that is soluble in a certain volume of solvent at a specified temperature. Common uses for organic solvents are in dry cleaning (e.g., tetrachloroethylene), as a paint thinner (e.g., toluene, turpentine), as nail polish removers and glue solvents (acetonemethyl acetateethyl acetate), in spot removers (e.g., hexane, petrol ether), in detergents (citrus terpenes), in perfumes (ethanol), nail polish and in chemical synthesis. The use ofinorganic solvents (other than water) is typically limited to research chemistry and some technological processes. =Wikipedia

 

About aryasulistyo!

I tend to write to kill my spare-time.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s