Posted on

Terima Tawaran atau Tetap Pada Komitmen?

update tugas softskill, klik Continue reading untuk melihat soalnya, atau bisa juga klik Page List Tugas yang berada persis dibawah banner atas

Beberapa orang aktivis ingin memperjuangkan aspirasi masyarakat. Mereka mempunyai kepedulian yang sama terhadap kondisi masyarakat terutama hal yang berhubungan dengan permasalahan hukum dan ekonomi, namun mereka menyadari bahwa untuk memperjuangkan hal tersebut bukan persoalan yang mudah. Pada sisi yang lain beberapa aktivis tersebut mendapatkan tawaran untuk bergabung dengan partai politik yang memberikan jaminan kepada mereka bahwa mereka nantinya akan diangkat menjadi wakil rakyat di lembaga legislatif.

Pertanyaan :
1. Pilihan manakah yang sebaiknya mereka ambil, apakah tetap pada komitmen mereka semula yaitu memperjuangkan aspirasi tersebut di luar lembaga resmi ataukah mereka menerima tawaran partai politik? Jelaskan jawaban anda !
2. Bila mereka sepakat memperjuangkan diluar lembaga resmi, jenis organisasi apakah yang sebaiknya mereka bentuk ?

Jawaban :

1. Mereka sebaiknya menerima tawaran partai politik. Terlebih lagi mereka diberi jaminan untuk menjadi wakil rakyat di lembaga legislatif yang jelas-jelas memiliki kuasa untuk membuat hukum, sehingga dalam memperjuangkan aspirasi rakyat terutama fokus di bidang hukum akan lebih mudah. Bila dilihat dari latar belakang, latar belakang aktivis ini memungkinkan untuk memperjuangkan aspirasi sebanyak 100% tanpa basa-basi, tanpa berbelit-belit sehingga proses membangun hukum yang baik dan kuat akan berlangsung cepat dan tepat. Aspirasi bidang hukum selesai, kini tinggal bidang ekonominya. Perlu diketahui juga, prinsip hubungan timbal balik antara Hukum dan Ekonomi, yaitu: Ekonomi yang maju, adalah ekonomi yang dasar hukumnya baik dan kuat.

Jadi, jika mereka memilih untuk menjadi bagian dari legislatif, perjuangan membela aspirasi hukum dan ekonomi akan berlangsung dengan efektif

2. Sebaiknya dibentuk organisasi sosial yang bukan bertujuan untuk mencari keuntungan, melainkan non-profit oriented yang bertujuan untuk memperjuangkan aspirasi khususnya bidang hukum dan ekonomi. Salah satu kesulitan yang memungkinkan adalah kesulitan untuk mendapatkan pengakuan dari masyarakat luas. Padahal dengan mendapat pengakuan dari masyarakat tentunya proses perjuangan aspirasi ini bisa setidaknya terlaksana lebih mudah.

About aryasulistyo!

I tend to write to kill my spare-time.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s