Posted on

YOUTUBE: “An error occurred, please try again later”

post kali ini tentang youtube yang merupakan situs ketiga yg paling sering saya akses setelah kaskus dan yahoonews.
baiklah mari kita masuk ke topik

hmm apakah kalian pernah mengalami kejadian seperti.. ketika lagi mau buffer youtube tetapi muncul peringatan “An error occurred, please try again later” dan harus reload baru bisa jalan buffernya?
atau pernah nggak kalian ngalamin kejadian serupa, tapi walaupun di reload berkali-kali tetep nggak jalan juga buffernya, sementara kekuatan sinyal modem sudah tegang seperti habis mengkonsumsi steroid?

kalian pernah ngalamin hal yang serupa? oke.. biar saya tebak.. pasti kalian pake google chrome ya?

***

well.. kejadian menyebalkan ini bermula ketika suatu hari.. tepatnya pagi hari, saya lagi asik-asik buffer youtube, dari video satu ke video lainnya, dari satu channel ke channel satunya, semua berjalan normal dan nyaris tanpa buffer sama sekali (hebat bener nih kartu modemnya).
capek online sejak pagi, siangnysa saya matiin. dan ketika setelah magrib saya online lagi, buka youtbe dan tiba-tiba aja muncul pesan error tersebut!

saya kira hanya kesalahan teknis aja ya, biasanya kan emang suka begitu. tapi setelah saya refresh bahkan sampai 10 kali, tetep aja itu pesan nggak ilang-ilang. anehnya ketika saya buka youtube dari firefox lancar-lancar aja tuh buffernya, kok di chrome nggak ya? wonder why?

***

browsing sana sini mencari solusi, dan ketemu juga akhirnya: install ulang chromenya dan update flash + java terbaru!
entah mengapa tiba-tiba jaringan jadi lemot ya, bayangin aja, saya download chrome installer yg ukurannya hanya 700 kb saja sampai memakan waktu 1 jam! memakan waktu lama karena suka macet ditengah proses download dan nggak bisa di resume -__-
baiklah, skip cerita saya udah punya flash dan java terbaru. saya install chromenya tapi nihil. tetep error juga youtubenya. kenapa nihhhh??

akhirnya saya memutuskan buat bikin thread di kaskus dan menanyakan solusinya. ada beberapa orang yg merespon, dan ketemu hal paling simpel yang dengan bodohnya tidak saya perhatikan dengan serius sebelumnya: PROXY!!! Goddamn PROXY!!

ya, ternyata masalah proxy! saya pake settingan IP Dynamic, sehingga tiap kali connect, IP saya berubah-ubah🙂
dan karena dynamic ini mungkin proxy juga ikut berubah, nggak tau juga. bahkan sampai sekarang ini buka youtube dari chrome (pakai IP dan Proxy dari system) masih suka bloon, alias masih suka ngadet2 juga -__-

lain kalo di mozilla firefox, saya selalu pake proxy manual yang bertujuan untuk membypass situs-situs tertentu🙂
proxy manual yang saya pasang proxy dari amerika, dan proxy itu bisa membuffer youtube tanpa masalah🙂

ada yang bilang gini: “kenapa nggak diganti aja proxy di chrome?”
saya pernah ganti proxy di chrome, namun hasilnya tetep sama aja. heran kok bisa gitu ya? bahkan orang2 di luar negri juga banyak yang protes sama chrome, karena setelah sekian lama dipake, malah nggak bisa buat buffer youtube. hmmm.. common issue. bahkan dari pihak chrome maupun youtube yg sama2 google pun nggak merespon atas keluhan2 usernya. terbukti di beberapa forum komputer luar negri, banyak anggotanya yang protes karena hal ini.

“clear cookies and cache dong?”
sudah, dan itu nggak berfungsi sama sekali. yang ada malah tambah lemot buka situsnya (yaialah cache nya ilang)

well intinya, masalah kemungkinan besar emang ada di browsernya, cobalah install ulang chromenya. backup juga bookmarks dan login data, jangan kayak saya yg lupa backup jadi ilang semua dah data-datanya😮

kalo masih nggak bisa juga coba ganti proxynya, coba ganti terus proxy karena jarang banget proxy yg bisa tahan berhari-hari. biasanya setelah 1-2 hari itu proxy udah mati dan harus ganti sama proxy yg baru.

nggak bisa juga? berarti anda senasib sama saya. mulai sekarang kalo mau buffer pake browser lain aja, IE misalnya. hahahaha😀

About aryasulistyo!

I tend to write to kill my spare-time.

7 responses to “YOUTUBE: “An error occurred, please try again later”

  1. akew ⋅

    ahh, ngoccoll ni, justru d firefox kaga bisa, malah d chrome yg jln.

  2. madi ⋅

    hadoh bloon sok bener lu ah..udah jelas2 yg bs di chrome..wkwkwk

    • yah selamat satu lagi orang kurang pintar nyasar disini :beer:

      “jelas-jelas” darimana orang yang ngalamin gue sendiri kok😆

      kalo situ punya pengalaman sendiri ya silakan tulis di blog pribadi🙄

  3. Rimaa APL ⋅

    proxy itu apa ya ?

  4. Thank’s Gan……….Membantu bgt

Leave a Reply

