Posted on

Handphone Kena Air!? Ini Solusinya!

A: Gue tau nih tipsnya supaya Handphone masih bisa nyala kalo dah kerendem aer cucian.

B: Gue udah tau. Di kaskus banyak yg share tuh. lepasin batrenya trus masukkin di beras biar airnya nyerep.. basi loe!

A: Udah pernah ngalamin belom?

B: Belom.

jadi gini para pembaca. saya pegang hape 2 biji (dua2nya JAVA kok, LG KU250 dan SAMSUNG CORBY TOUCH) dan keduanya itu pernah kerendem aer! (bodo amat) miris sekali para pembaca. tapi keduanya sekarang udah normal kembali kok. mau tau caranya? simak nih ceritanya😀

ceritanya gini, yg pertama, si LG KU250 kena air total karena nekat ujan2an sambil naik motor (handphone di kantong dalam jaket) dikala hujannya deras.. sederas cacian rakyat indonesia ke Nurdin Halid waktu itu. ketika pulang sampe di rumah, handphone masih nyala (yaiyalah hape gue kan kuat.. buat mecahin es batu aja bisa.. masa kena aer hujan aja mati sih) heh.. asiknya hape nyala.. walau aer hujan deres mengalir dari selipan2 hape (sesuatu banget yah) tapi tunggu dulu.. ada yg aneh, dan apa yg aneh? itu handphone nggak bisa geter! (no vibration! ga asik lagi) langsung lah saya lepas itu komponennya mulai dari Casing, Batre, Integrated Circuit, TFT Screen, Keypad.. (sebenernya hanya mretelin batrenya doang) dan tunggu seharian. (ya seharian) tapi akhirnya masih nggak bisa geter juga!

dan yg kedua, si CORBY. kejadianya waktu lagi defecate saya kebiasaan bawa handphone buat facebook-an (update terus lah) karena biasanya baca komik, tapi lagi males baca yaudah facebookan aja. dan setelah selesai hajatnya.. itu hape saya taro di rak sikat gigi (diatas komik bekas gue baca kemaren2 males ngeluarinya) dan mungkin karena permukaan licin dan agak miring.. dan.. PRAK! itu hape sama batre mencar2 di ubin kamar mandi! buru-buru deh ambil, tapi sialnya yg jadi fokus utama gue itu malah hapenya, bukan batrenya -__-

dengan handuk seadanya gue lap deh itu onderdil sampe sekiranya kering, dan coba nyalain.. dan BISA! yea.. tapi ada yg aneh.. apa yg aneh? geter bisa.. suara ada.. trus apa yg aneh? SUARANYA MENDEM! jelas lah speakernya mungkin kemasukan aer! teringat kata kaskus, katanya kubur tuh hape di beras, pretelin dulu batrenya, kubur dah seharian, trus nyalain lagi! oke semua sudah dilakukan, dan ketika mau dinyalain. “………” hape nya matot alias mati total😦 masalahnya ada dimana? jelas di BATREnya! karena sempet besoknya minjem batre corby ke temen kampus dan akhirnya bisa nyala dan speakernya normal kembali🙂

jadi sebenernya apa yg menyebabkan handphone itu pulih kembali tanpa ke tukang servis? KESABARAN

B: palelu pitak kesabaran. masa sih? tapi kok bisa???

jadi gini ceritanya, khusus buat si LG, karena hapenya bisa nyala (hanya nggak bisa geter aja, dan masalahnya ada di batre, karena setau saya kalo getaran hape itu berasal dari batre) maka gue paksain nyala terus tuh. sabar aja gue kalo lagi di sekolah (waktu itu) hape harus di silent (bukan vibrate only) jadi kalo ada sms atau tilpun gue nggak tau😦 berhari-hari sampe berminggu-minggu, ternyata.. getaran hape berangsur pulih.. dari pelan… pelan.. sampe akhirnya kenceng lagi kayak biasa! (ini serius nggak ngada ngada!)

yg kedua juga sama, tapi karena matot, ga ada duit buat beli batre, terpaksa nggak pake fasilitas handphone selama sekitar 2 minggu, isi pulsa ke modem sebagai gantinya🙂 dan bermula dari keisengan, “gue dah nabung nih buat beli batre.. duit segini sayang juga langsung diabisin.. coba neh gue nyalain, kalo masih mati juga emang udah nasib gue nih..” dan “……” NYALA!!! nyala para pembaca!

keadaan hape, simcard dan batre corby dalam 2 minggu itu terpisah, jadi nggak di gabung, takut-takut kalo masih ada sisa aer nanti mendep di sirkuit batrenya malah rusak beneran. dan mungkin 2 minggu itu waktu yg pas buat si batre untuk kering (gue nggak tau juga)

entah kenapa bisa begitu, hanya Allah yg tau.. memang semua ini ada karena kuasa-Nya. Luar biasa!

intinya: kalo hape kena aer, jangan buru-buru ke tukang servis. lakukan pengecekkan untuk mengetahui komponen apa yg rusak, caranya, pinjem hape teman/sodara yg sejenis, lalu tukeran batre. kalo hape kalian nyala, maka batrenya rusak. kalo hape kalian mati,   berarti hape kalian yg rusak dan harus di servis. kalo batre rusak dan nggak mau keluar duit, mendingan tunggu 1-2 minggu dengan membiarkan hape dan batre terpisah di tempat yg kering dengan suhu ruangan yg pas. selama menunggu itu jangan lupa simcardnya pindahin juga ke hape cadangan ya🙂

B: oh ternyata gitu ya bang. butuh kesabaran juga ya. dan untung2an juga kalo-kalo udah nunggu lama tapi batrenya tetep rusak gimana tuh bang?

A: Derita itu mah

About aryasulistyo!

I tend to write to kill my spare-time.

Leave a Reply

