Posted on

Guitar Life: Getting Started!! part 2

jika kalian sudah memilih kira-kira tikungan mana yg mau ditempuh.. kalian tentunya butuh persiapan untuk itu😀

marilah kita bahas sama-sama disini tentang..

WHAT YOU NEED

mainkan musiknya…

oke.. hal yang sangat sangat pokok dan WAJIB untuk dimiliki oleh masing-masing penempuh tikungan yg berbeda adalah:

wkwkwkwkw😀 ya iyalah.. pokoknya, mau akustik, atau elektrik, mau nylon maupun string, doesn’t really matter! yg penting gitar! (ingat! bukan ukelele atau bass! apalagi piano! jangan!)

dan.. yang TIDAK WAJIB dimiliki oleh masing-masing penempuh tikungan tersebut adalah:

betul sekali. Talent! Bakat! ini sebetulnya penting gak penting. yg paling penting kan asal ada kemauan, disitu ada jalan🙂 akan lebih berarti kalo kita memulainya dari 0 kan (sama seperti saya dulu.. learn from scratch!) jangan minder! masih ada waktu untuk belajar!

oke kalau dua syarat pokok ini terpenuhi, silahkan baca sesuai tikungan yg ditempuh oke.. let’s get started!

ROCKER

Cewek mana yg nggak suka anak band? apalagi rocker.. beh!

sebagai seorang rocker sudah sepantasnya memiliki gitar elektrik, beserta efek dan amplifiernya. jangan lupa jangan maen ini gitar sembarangan siang-siang di ruang tamu. bisa-bisa kena gaplok ibu atau bapak.

mainlah di ruangan tertutup dan kedap suara, ekspresikan kegilaan dan kreativitas untuk menciptaan lengkingan yang “wow amazing!”

pelajari trik2 gitar (khususnya rock) di youtube, saya sarankan menggunakan software yg mumpuni untuk belajar genre ini, apalagi kalo anda termasuk anggota band cadas. linknya nih bisa didapat disini. selamat bermain! tampilannya nggak sebagus guitar pro yg bayar sih, tapi lumayan lah. sebenernya ada lagi software gitar yg sering saya pake. tapi itu ntar saya kasih tau di bagian Fingerstyle.

oh ya.. selain hal-hal diatas yg dibutuhkan seorang rocker adalah kegilaan. ya betul! jangan ngaku rocker kalo nggak gila! gila disini berarti elu mampu melawan rasa malu didepan umum (tapi jangan malu-maluin) muka tembok! yessss! jangan sedih kalo belom ada cewek yg tertarik, mungkin timingnya belom tepat! atau jangan2 elu salah manggung.. jangan manggung di tenda pemakaman orang! bisa-bisa nyusul yg punya hajat lu ntar! nyusulnya pake ini nih: BANDOSA!!

overall, yg dibutuhkan adalah: Gitar,Seperangkat komputer, Software pendukung, Referensi luar, Kegilaan!

ANAK BAND KELAS TERI

wkwkwkkww belom nulis aja bawaanya udah pengen ketawa. tapi ya terserah juga, selera orang kan beda-beda.. gua tulis juga deh biar para pembaca bisa “mengukur” kira2 cocok nggak sama aliran ini.

first of all, tipe gitaris ini nggak  muluk-muluk, tipe ini nggak nuntut banyak dan macem-macem, modalnya agak banyak dan lumayan juga persiapannya.. berikut daftarnya biar rapih:

-modal gitar akustik saja sudah cukup. ya betul. bahkan pemain gitar profesional saja bermain dengan gitar akustik biasa ketika pertama kali mengenalnya. jadi jangan berkecil hati dulu!

-harus rela keluar duit sekitar 15,000 tiap 3 hari. untuk apa? sudah pasti untuk membeli cetakan buku chord di kaki lima. yah satunya sih biasanya gocengan, ada juga yg 10,000.. tapi biasanya.. emang dasar otak ga mau ngalah.. dia beli dah tuh buku yg gocengan 2 biji.. lumayan dapet 2, referensi lagu makin banyak. oh iya.. btw.. akhir2 ini banyak juga penerbit buku chord yg asal2an aja. masak lirik sama chord ga cocok? udah gitu covernya ngerusak mata wkwkwkwkw.. buku musik, didalemnya ada rubrik khusus buat puisi wkwkwkwkw jokes jorok (ada pornonya) wkwkwkw titip salam wkwkwkw horoskop wkwkwkwkwkw dan masih banyak lagi rubrik2 yg nggak guna.. buset dah… macem2 aja penerbitnya🙂

-persiapan mental! wow boleh nih persiapannya! tapi tunggu.. mental buat apa dulu nih? tentu saja mental untuk menghadapi omelan orang tua dan guru! apa hubungannya? jelas.. tipe yg beginian pasti sering cabut sekolah buat nonton acara musik lipsync di mall-mall itu kan? atau kalo yg udah ga sekolah juga sering kan? siap2 mental buat liat IPK semester buat anak kuliahan yg sering bolos kuliah buat nonton ginian wkwkwkwkw mental juga harus kuat buat menghadapi cacian pedasss sepedas cabe jalapeno yg siap menanti golongan ini!

-persiapan yg terakhir, list lagu2 mp3 di mp3 player harus penuh dengan lagu POP MELAYU dan ROCK GAK JELAS! lumayan sambil boker denger ginian, siapa tau bisa dapet inspirasi! dan jangan sekali2 elu nanya tentang band klasik jaman dulu ke orang ini. bisa2 elu dibilang nggak gaul alias kuno sama mereka wkwkwkw

nah.. itu dia persiapan standar bagi anak band kelas teri.. golongan ginian gak butuh youtube!!! di youtube video tentang band kayak gini udah dapet komen negatif pasti wakakakaka..
oh ya persiapan mental juga diperlukan soalnya (ANEHNYA!!!!) golongan ini pasti sering dapet job manggung di kawinan orang.. golongan ini juga termasuk yg paling sering diekspose ke media dan KATANYA sih paling gampang ngetopnya! mau muntah gw serius wakakakaka

overall, yg dibutuhkan adalah: Gitar, Waktu luang, Buku chord, Mental baja, Playlist penuh dengan lagu2 melayu top versi on the crot.

BAND “HI-CLASS” -LEVEL DIATAS BAND KARBITAN

band unik, karakteristik personel unik.. memainkan alat musik yg unik cenderung  tidak lazim bagi kebanyakan masyarakat awam.. sebut saja saxophone, harmonica, maraccas, dan sebagainya.. cool dan stylish.. 2 kata yg gak bisa dipisahkan buat golongan yg ini! persiapan sih rata-rata hampir sama kayak rocker deh- guitar elektrik/akustik, software gitar, referensi youtube-.  tapi khusus gitaris, ada perbedaan sedikit yaitu di penampilan. tentunya pemain gitar aliran Jazz atau Funk nggak pake celana robek dan rambut gondrong dan tatto dimana-mana kan?

kalo lagi manggung jangan lupa tebar pesona yah. lirik sana sini (lirik cowok jangan, lirik bini orang boleh) sama emparkan senyuman seorang ekstrovert yg enerjik😀 dijamin bakal jadi pusat perhatian! gunakan jurus tebar pesona disaat yg tepat. jangan lu tebar pesona pas penonton pada pulang! disangka gila lu! wkwkwkwk

berikan sedikit “pidato” sebelum manggung, misalnya “lagu ini khusus aku persembahkan untuk mamak di kampung.. aku kan kembali mak!” lalu dengarlah teriakan histeris para penonton!

overall, yg dibutuhkan adalah: Gitar,Seperangkat komputer, Software pendukung, Referensi luar, Penampilan yg sesuai, dan Jurus ninja tebar pesona (dah kaya ninja hattori aja segala jurus pasti dibilang jurus ninja)

FINGERSTYLE

my favorite so far! golongan ini butuh persiapan yg sangat matang sebelum berkarya. bahkan potongan/bentuk kuku anda akan sangat mempengaruhi kualitas permainan anda! biasakan potong kuku kiri (agar bisa nyaman menari di fret gitar) dan potong kuku kanan berbentuk KURVA agar permainan anda bisa mulus semulus paha cleopatra! (kuku tangan! bukan kuku kaki!)


well, kalo golongan2 sebelumnya berupa band, yg ini beda.. this is ALL BY YOURSELF 100% !!! dibutuhkan konsentrasi tinggi dalam mengkombinasikan jari jemari anda untuk memetik senar 1,2,3,4,5,6! Bass, Rythm, Lead! Yes!! keuntungan main digolongan ini.. kalo dapet honor itu duit bisa lu abisin sendiri hahahhaa

kreatifitas juga diuji disini.. jangan terlalu berharap sama Tablatur orang.. tapi usahakan ciptakanlah cover sendiri sesuai versi anda masing2. contoh: lagu “Burung kutilang” yg di cover sama pak Jubing itu pasti memiliki banyak sekali versi, tergantung kenyamanan anda memainkannya mau seperti apa😉 jalankan prinsip Amati, Tiru, Modifikasi!

seperti yg saya janjikan diatas.. mengenai software gitar TERBAIK yg saya punya dan gunakan sampai detik ini.. (dengan berat hati saya tulis.. tapi demi pembaca.. akan saya tulis dengan ikhlas) adalah TuxGuitar dan Powertab Editor! yep! software open-source ini so far adalah yg terbaik karena ya.. tampilannya yg User Friendly dan pilihan suara Midi yg bisa diubah sesuai keinginan (guitar, banjo, choir, clap, many more!) untuk link cari sendiri ya, lupa saya linknya dimana. nanti kalo inget bakal saya update.

soal penampilan, who cares! tapi ya jangan berpenampilan urak2an.. berpenampilanlah sewajarnya, yg enak dipandang. apalagi kalo pemain gitarnya cewek.. yg enak dipandang harus lebih ditonjolkan lagi wkwkwkkwwkkww -BECANDA…NIH!! sebenernya banyak fingerstyle guitarist cewek yg cakep2 walau berpakaian tertutup tetep aja enak dipandang🙂 cari aja di youtube

berlatih terus.. nanti kalo udah jago, bisa di modifikasi dengan tambahan alat2/perlengkapan lain yg mendukung permainan anda.

overall, yg dibutuhkan adalah: Gitar,Seperangkat Komputer, Software pendukung, Potongan kuku yg cantik, Kreativitas yg lebih, dan Konsentrasi tinggi.

masih lanjut.. ntar aja editnya ngantuk gw

About aryasulistyo!

I tend to write to kill my spare-time.

One response to “Guitar Life: Getting Started!! part 2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s