Posted on

Bagaimana Alkohol Mempengaruhi Tubuh Anda!

hmmm.. siapa tak kenal Alkohol.. zat yang satu ini seakan menjadi konsumsi populer anak muda zaman sekarang. Betapa memprihatinkannya kalo sekarang warung2 pun bisa mengoplos zat ini dengan campuran zat lainnya, kemudian menjualnya dengan harga yang “murah”!!

Tapi menurut orang2 yang pernah maboy (survey! survey! saya positif nggak mengandung alkohol sama sekali!) mengkonsumsi alkohol itu menyenangkan karena ada sensasi yg ngga bisa terlukiskan! haha cacad.

*postingan ini merupakan postingan saya di KASKUS.US

Nah sekarang saya mau menjelaskan nih ke kalian semua tentang bagaimana alkohol mempengaruhi tubuh kalian! wakakaaa simak gan..

 

Bila dikonsumsi dalam jumlah besar selama jangka waktu lama, alkohol dapat membahayakan hampir setiap bagian dari tubuh Anda. Banyak efek yang reversible (bisa dipulihkan) jika konsumsi alkohol dapat dikendalikan.. namun jika tidak terkendali, efeknya adalah permanen!

 

Efek dari alkohol bisa menyerang berbagai bagian organ dalam manusia seperti otak, darah, hati, jantung, lambung, dan sebagainya.

 

DARAH

Penyalahgunaan alkohol secara berkepanjangan dapat menyebabkan kondisi darah termasuk beberapa bentuk anemia dan kelainan pembekuan darah. Kondisi ini dapat mengakibatkan kerentanan terhadap perdarahan dan juga memar2. Penggunaan berkepanjangan alkohol juga dapat merusak fungsi sel darah putih. dan dengan demikian membuat pelaku lebih cenderung menjadi mudah terinfeksi! bayangin tuh koreng kaga sembuh2 gara2 sel darah putihnya pada rusak! hahaa..

 

TENGGOROKAN

Setengah dari kasus kanker di laring, tenggorokan dan mulut ternyata disebabkan oleh alkohol. Selain itu, muntah hebat akibat minum berlebihan bisa merobek esophagus! sobek! aje gile.. sobek!

 

JANTUNG

Konsumsi alkohol yang berlebihan dan berkepanjangan ternyata berkontribusi besar terhadap kondisi seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan gagal jantung. Peminum fanatik bisa mendapatkan denyut jantung tidak teratur dari kebiasaan alkoholik mereka.

 

SENDI dan OTOT

Osteoporosis dan dan beberapa bentuk arthritis dapat memburuk akibat penyalahgunaan alkohol. Selanjutnya, alkohol bisa menyebabkan atrofi otot, yang dapat menyebabkan nyeri otot yang tajam dan kelemahan pada otot!

 

GINJAL (dahsyat banget nih)

Minum alkohol yang berkepanjangan dapat menyebabkan gagal ginjal.

Fungsi utama dari ginjal adalah untuk mengatur komposisi dan volume cairan dan elektrolit beredar melalui tubuh.

Ginjal berfungsi untuk mengatur air, asam/basa, hormon tertentu dan mineral (kalsium, kalium, natrium, dll) dalam tubuh.

Alkohol dapat mempengaruhi atau membahayakan fungsi keseimbangan ginjal, dan dengan demikian dapat menyebabkan konsekuensi parah pada fungsi ginjal dan dengan demikian juga, dapat menyebabkan resiko lain pada anggota tubuh kita.

intinya ginjal rusak, semua rusak! ngeri ya..

 

HATI

Sirosis adalah penumpukan jaringan parut yg mengubah struktur hati dan menyebabkan aliran darah tersumbat. Sirosis dapat diakibatkan oleh hepatitis alkoholik, yang, tentu saja, disebabkan oleh overdrinking. Sirosis bisa menyebabkan varises, yang bisa pecah dan berpotensi memicu pendarahan internal!

 

PARU-PARU

Peminum berat lebih rentan terhadap pneumonia dan kolaps paru, dan juga memiliki lebih banyak infeksi paru.. mancap

 

PANKREAS

Alkohol dapat mengurangi jumlah enzim pencernaan disekresi oleh pankreas, sehingga menyulut dan membocorkan enzim pencernaan, yang kemudian menyerang pankreas itu sendiri. Gile.. enzimnya kok jadi kanibal gitu ya

 

SISTEM REPRODUKSI

Karena alkohol mempengaruhi otak dan ginjal, otomatis produksi hormon terpengaruh.

Pada pria, ini bisa berarti bahwa produksi sperma dan testosteron yang terpengaruh, dan yang dapat menyebabkan impotensi (dan)atau infertilitas.

Pada wanita, estrogen metabolisme di hati bisa menurun, yang meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh. Perubahan ini dapat berkontribusi untuk ketidakteraturan menstruasi dan berpotensi infertilitas.

Infertilitas = Ketidak-suburan alias Mandul!

 

SEL TUBUH LAINNYA

Alkohol dapat merusak sel-sel yang melapisi lambung dan usus, yang dapat menghalangi penyerapan dan rincian nutrisi dalam organ-organ.!

 

LAMBUNG

Alkohol dapat mengiritasi lambung ke titik rangsangan gastritis  (radang selaput perut), ulkus dan refluks asam. Terlalu lama mengkonsumsi alkohol dapat mengikis lapisan lambung dan menyebabkan rembesan darah kronis ke dalam perut. Jika peminum (baca: pemabok) sangat beruntung, lambung bisa pecah dan menyebabkan pendarahan besar. bocor dah tuh lambung hahaha

 

OTAK (paling fatal diantara yang paling fatal)

Alkohol dapat mempengaruhi beberapa bagian otak, tetapi secara umum, alkohol menyerang jaringan otak dan menekan sistem saraf pusat. Juga, alkohol menghancurkan sel-sel otak. dan perlu diingat, tidak seperti jenis lain dari sel-sel dalam tubuh, sel-sel otak tidak beregenerasi. Minum berlebihan selama jangka waktu lama dapat menyebabkan masalah serius dengan kognisi dan memori.

Ketika alkohol mencapai otak, mengganggu komunikasi antara sel-sel saraf, dengan berinteraksi dengan reseptor pada beberapa sel. Alkohol menekan aktivitas saraf jalur rangsang dan meningkatkan aktivitas saraf jalur penghambatan. Di antara tindakan lainnya, alkohol meningkatkan efek neurotransmitter GABA penghambatan. Meningkatkan inhibitor memiliki efek membuat orang lamban. Juga, alkohol melemahkan glutamin excitatory neurotransmitter, yang meningkatkan kelesuan bahkan lebih jauh!

 

dan inilah poin2 ke-FATAL-an nya!

Korteks serebral memproses informasi dari indera Anda, proses pemikiran, para inisiat mayoritas gerakan otot sukarela dan memiliki beberapa kontrol atas lebih rendah-agar pusat-pusat otak. Dalam korteks serebral, alkohol dapat:

  • Mempengaruhi proses berpikir, menyebabkan peminum lemah/merasa sulit dalam menentukan sesuatu.
  • Menekan penghambatan, menjadikan si peminum untuk menjadi lebih banyak bicara dan lebih percaya diri (mungkin para copet/rampok pada nekat karena sebelum beraksi mabok dulu).
  • Menumpulkan indera dan meningkatkan ambang rasa sakit (suka merasa agak kebal, saking lemotnya reseptor penerima rasa sakit, cmiiw)

Sistem limbik, yang terdiri dari hippocampus dan daerah septum otak, mengontrol memori dan emosi. Pengaruh alkohol pada sistim ini adalah bahwa orang tersebut mungkin mengalami beberapa kehilangan memori dan mungkin memiliki kondisi emosi emosi yang berlebihan.

Cerebellum berfungsi mengatur gerakan otot. Korteks serebral memulai gerakan otot dengan mengirimkan sinyal melalui medula dan sumsum tulang belakang untuk otot-otot. Sebagai sinyal saraf melewati medula, mereka dipengaruhi oleh impuls saraf dari otak kecil, yang mengontrol gerakan halus, termasuk yang diperlukan untuk keseimbangan. Ketika alkohol mempengaruhi cerebellum, gerakan otot menjadi tidak terkoordinasi. Suka ngaco gitu.. badan ma pikiran ngga kompak😀

Hipotalamus mengontrol dan mempengaruhi banyak fungsi-fungsi otomatis  otak (melalui medula), dan koordinat rilis hormon (melalui kelenjar pituitari). Alkohol menekan pusat-pusat saraf di hipotalamus yang mengendalikan gairah dan kinerja seksual. Dengan peningkatan konsumsi alkohol, meningkatkan hasrat seksual – tetapi penurunan kinerja seksual. Napsu doang gede, goyangannye kaga ada hahahaa..

Dengan menghambat sekresi pituitari anti-diuretik hormon (ADH), alkohol juga mempengaruhi ekskresi urin. ADH bekerja pada ginjal untuk menyerap kembali air, sehingga ketika inhibitted, ADH akan drop, dan ginjal tidak menyerap air sebanyak biasanya dan ginjal akan menghasilkan lebih banyak urin. Kencing terus mang…

pengaruh atau kontrol fungsi tubuh yang terjadi secara otomatis, seperti denyut jantung suhu Anda, dan pernapasan. Ketika alkohol mempengaruhi  medula alias Batang Otak, seseorang akan mulai merasa mengantuk. Konsumsi meningkat dapat menyebabkan pingsan. Tak perlu dikatakan, efek alkohol pada medula bisa berakibat fatal jika berlebihan. Mantep dah..

 

 

Nah itu tadi kira2 efek2 yg bisa ditimbulkan Alkohol pada tubuh kita.

Masih mau mabok2an? Pikir 1 juta kali dulu deh..

About aryasulistyo!

I tend to write to kill my spare-time.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s