Posted on

Curahan Hati Soal Westernisasi

jaman sekarang, westernisasi udah merambat kemana-mana nih, dari mulai bahasa, dialek, gaya hidup, sampai kebutuhan hidup, semua berbau kebarat-baratan dan serba luar negri. ngomong-ngomong pada tau gak westernisasi itu apaan? :mrgreen:

menurut om kamus westernisasi adalah pemujaan thd Barat yg berlebihan

ceritanya ada orang yang nanya:

“menurut abang kira-kira apa sih penyebab westernisasi sampe bisa sukses menyebar di Indonesia?”

jawabannya, televisi. entah kapan mulainya, yang jelas gw yakin kalo dalang utama dibalik westernisasi ini adalah kotak ajaib yang bisa bicara dan menampilkan gambar itu. masyarakat seperti senang  tersihir akan keindahan alam atau sesuatu yang berbau luar negri. dari kotak ajaib yang bisa menyihir inilah, masyarakat kita berubah mindsetnya, dari pekerja keras menjadi orang yang mau serba instan. akibatnya, hampir semua aspek bisa dibilang ketinggalan sama luar negri, seperti industri mesin misalnya. karena ketertinggalan inilah muncul ketergantungan terhadap produk luar negri. pokoknya kalo nggak impor nggak keren bro! hehe.. terbukti kan sekarang produk luar negri masih dipuja-puja bila dibandingkan dengan produk lokal?

terus ada yang nanya lagi “emang di Indonesia sekarang ini yang barat-barat gitu dipuja-puja?”

jawabannya, ya iyalah. sekarang kalo ini barat nggak dipuja mana mungkin jadi panutan hidup masyarakat sekarang? liat tuh sekarang banyak banget orang yang mengagung-agungkan budaya barat, sampe rela mengikutinya. dari gaya hidup, gaya bicara, kebutuhan hidup, semua maunya serba barat! pancasila pun ditinggalkan; boro-boro mau diamalkan, apal aja enggak!

***

sejenak mari gw ajak kalian semua balik lagi ketika jaman gw SD dulu, sekitar tahun 1998-2004. entah apakah waktu itu mata dan wawasan gw belum terbuka buat dunia luar (boro-boro deh,waktu itu internet aja gw nggak tau) yang jelas, seinget gw jaman dulu tuh Indonesia ini adalah negara yang bangga atas budayanya, alias nggak malu-malu pake bahasa indonesia, serta nggak malu juga pake atribut yang bernuansa merah putih. garis besarnya, nggak malu lagi menjadi orang Indonesia.

orang jaman dulu pasti tau si komo dan si unyil. kalian tau juga nggak? itu tuh acara boneka wayang (puppet show) yang menceritakan kisah polos anak-anak indonesia, dengan kisah moral yang baik tentunya. sayang banget si komo nggak berhasil bertahan karena kalah saing sama acara sok barat jaman sekarang, nggak kaya si unyil, yang bertahan sampe sekarang, tapi (sayangnya) ditambah embel-embel “Laptop”. dan cuma itu (si komo dan si unyil) deh menurut gw acara yang emang bener-bener pantes ditonton sama anak-anak. kalo jaman sekarang jangan ngarep deh, liat tuh konsep acara unyil sekarang. nggak lebih dari dokumenter biasa, cuma cara bicara hostnya doang yang cocok buat anak-anak. dengan begini pengetahuan anak sih bisa dipastikan nambah, tapi untuk moral bagaimana? inikah yang bisa disebut efek westernisasi? menyampingkan moral demi secuil pengetahuan?

weleh weleh

lain sama dulu, sekarang ini banyak banget acara televisi yang kesannya hedon banget, alias demen nayangin kesenangan dunia yang sesaat saja. boro-boro dapet pesan moral, foya-foya mulu isinya. liat tuh acara dokumenter yang ‘kosong’ nggak ada pesannya sama sekali, dimana si pembawa acara jalan-jalan ke luar negri cuma buat have fun doang. apa-apaan.. kayaknya kalo jalan-jalan ke luar negri tuh wow banget, padahal buat apa? dengan semakin rajinnya kita travel ke luar negri, malah memperkaya negara yang kita tuju itu. kaya nggak tau betapa norak dan katro nya orang indonesia aja.. kalo udah sampe sana pasti belanja, belanja, belanja.. sementara kalo kita jeli dan ngerti tujuan wisata yang bagus, nggak usah jauh-jauh di Indonesia masih banyak keindahan alam yang belum banyak terjamah.. masih seger dan hijau. ini nih.. yang bikin nasionalisme berkurang, karena pergi ke luar negri cuma untuk foya-foya ngabisin uang..

(beda cerita ya kalo ke luar negri dalam rangka melaksanakan sesuatu yang penting seperti menjalankan bisnis, belajar, atau bahkan berkompetisi untuk mengharumkan nama bangsa.)

dari fenomena diatas muncul pertanyaan, sejak kapan masyarakat kita gemar menghambur-hamburkan uang seperti ini? sejak kapan masyarakat kita gemar foya-foya ke luar negri?

***

ada fakta menarik yang mungkin kalian belum tau. fakta ini tentang stasiun televisi swasta kita. apa itu? simak nih.

gw pengen bahas dikit soal Indosiar, pada nggak tau kan dulu Indosiar ini stasiun TV yang misi utamanya mengedepankan budaya indonesia? nggak percaya? liat aja sendiri disini. tapi sekarang kok? iya. banyak banget acara drama asia kan? menurut gw ini termasuk pengaruh westernisasi, termasuk pengaruh dari budaya luar. dan makin kesini ternyata makin marak tuh acara yang menodai identitas bangsa, seperti acara talkshow (aduh jadi ikut kena westernisasi nih) tengah malem di salah satu stasiun televisi swasta kita, isinya obrolan bikin linu semua. obrolan malam, kebanyakan tentang clubbing dan seks. sejak kapan stasiun televisi berani menayangkan acara beginian?

l

Indonesia bukan tuh? Hedonesia itu.

coba hitung berapa banyak acara televisi yang judul acaranya menggunakan bahasa inggris? berapa banyak acara televisi yang hostnya suka nyampur-nyampur bahasa? berapa banyak acara televisi yang konten didalamnya mengandung bahasa inggris?

satu contoh yang bisa diambil itu ya acara masak-masak. banyak sekali bahan-bahannya diubah jadi bahasa inggris.

koki jadi chef. balik lagi bersama saya Chef Joko dalam acara Mas Jo: Masak Jorok!

peterseli (sejenis seledri) jadi parsley. untuk bahan-bahanya ada 100 gram daging ayam, 10 gram parsley, dan…

mentega jadi butter. sebelum memasak saya panaskan dulu butternya.. aduk-aduk terus sampai sore.. 

daging sapi jadi beef. yak pemirsa udah mateng ni.. warnanya sudah berubah kecoklatan dan aroma beef nya sedap banget!

‘nyam-nyam’ jadi ‘nom-nom’. duuh udah mateng nii.. makan dulu yuk! nomnomnomnom.

kematengan jadi overcook. hmm.. ini dagingnya saya rasain sepertinya overcook ya.. ehmm.. ahhh.. uhhh.. ssshhh.. tapi enak juga yah.

renyah jadi crispy, enak jadi yummy. ehmm crispy baget ayam tepungnya. yummy!

dah segitu aja, masih banyak banget kata-kata yang dijadiin basa inggris supaya keliatan modern dan nggak katro.

nah.. dari satu jenis acara aja udah banyak banget bahasa campurnya. gimana acara lain? itu juga baru di televisi aja lho, gimana media lain?

di acara-acara televisi juga pakaiannya itu barat banget deh! kalo jawa barat sih mending. ini barat maksudnya ke amerika-amerikaan gitu lho! masa iya di acara yang tayang siang-siang ada yang pake baju minim? pabrik bajunya menghemat biaya produksi atau apa nih!? dan acara yang tayang sore-sore ada yang belahannya di umbar!!! tapi sayang banget kenapa harus di SENSOR! kenapa pake baju yang mengumbar belahan kalo ujung-ujungnya bakal di sensor? kan bikin penasaran itu :lol:

dan gak cuma di televisi aja, di kehidupan nyata juga. masa iya sekarang cewek-cewek perumahan gw kalo malem dandanannya ya.. beeeeeh.. pake hot-pant! (apalah namanya, pokoknya celana pendek banget) nyamuk aja kaga berani nempel, soalnya percuma kalo dia nempel, pasti bakal kepleset saking mulusnya. dan tau gak sih kalo celana mereka itu makin malam makin pendek? kan bisa ngundang keributan itu! :lol:

cewek paling kanan numpang eksis. cewek paling kiri kurang pede sama pahanya. yang ditengah ini wow semuanya, makin malam makin pendek.

cewek paling kanan numpang eksis. cewek paling kiri kurang pede sama pahanya. yang ditengah ini wow semuanya, makin malam makin pendek.

beda banget kalo dibandingkan dengan jaman dulu, cewek cewek perumahan gw kalo malem keluar rumah pasti pake celana panjang (celana piyama itu lho) :lol:

belum lagi para Sales Promotion Girl di pameran-pameran itu, yang bedaknya nggak tanggung-tanggung, kalo ditimbang bisa 2kg tuh bedak dimuka itu demen banget pake celana atau rok yang pendeknya minta dipendekin lagi :lol: apa-apaan nih? perasaan dulu nggak gini-gini amat dah! termakan budaya barat kah?

muncul pertanyaan, sejak kapan? entah lah. pasti ada yang memulai. dan yang memulai itu pasti orang yang krisis nasionalisme, pengennya ikut budaya luar. please deh (eh!) mohon banget deh.

gara-gara yang mulai itu lah gw jadi ketularan westernisasi juga, nggak bisa dipungkiri lagi karena fenomena ini sudah terlanjur menyebar kemana-mana.. hiks..

***

westernisasi juga menyerang pilar-pilar nasionalisme remaja indonesia lho. jaman sekarang banyak yang mulai sakit karena ngikutin tren. liat aja di jejaring sosial seperti twitter atau facebook, dimana hampir semua anak gaul itu updatenya pake bahasa inggris.

emang sih nggak ada salahnya pake bahasa inggris, menghadapi globalisasi ini bahasa inggris itu sangat amat teramat penting sekali dan harus wajib kudu mesti dipelajari. gw sendiri juga sering nulis atau ngomong pake bahasa inggris, secara nilai TOEFL gw lumayan kok diatas rata-rata :mrgreen: (percaya gak? hahaha)

TAPI.. ehm. TAPI NIH YA!

seharusnya sebagai orang indonesia, bahasa inggris yang digunakan itu harus sesuai dengan ejaan yang baik, dan juga jangan dicampur-campur! kita bukan malaysia men!

anak-anak gaul 2012 PASTI pernah ngeposting tweet dengan bahasa inggris. dan sebagian dari mereka menuliskannya dengan grammar yang sungguh amat teramat sangat kacau. porak poranda. ini fakta lho, beneran. kalo nggak percaya coba sendiri aja. kalian follow atau add anak-anak gaul di dunia maya, tunggu sampai mereka posting status dengan bahasa inggrisnya itu.

nggak memungkiri juga, gw termasuk orang yang kadang suka nyampur-nyampur bahasa inggris dalam tulisan blog ini, tapi nggak sampe ke tulisan di jejaring sosial atau kehidupan nyata kok :mrgreen:

terlebih lagi anak gaul sekarang, suka menciptakan bahasa sendiri (ini yang bikin gw muak). salah satu bahasa yang dengan jeniusnya mereka ciptakan adalah “UNMOOD” <— Pffft. Ridiculous.

silahkan kalian cari di oxford, atau kamus ngetop inggris lainnya, ada nggak kata unmood? mau keliatan british tapi yang keliatan malah bodohnya. siapa sih yang bikin ini kata-kata?

bukan cuma tulisan bro, perkataan juga. anak gaul suka banget ngomong bahasa indonesia dicampur sama bahasa inggris.

westernisasi bukan nyerang dialek di televisi demi pencitraan agar terlihat modern aja, tapi nyerang dialek sehari-hari juga. jaman dulu tuh nggak ada namanya nyampur-nyampur bahasa, cuman sejak jamannya Cinta Laura dan si cetar badai Syahroni, mulai deh pada latah.

aduh jek, sorry ya gw mau lunch dulu bareng temen kantor! nanti gw ngumpul pas dinner aja ya?

gila gw ngeliat lo udah punya baby yang imut bikin gw envy dan pengen cepet-cepet married. wish me luck ya! next month aku bakal lamar pacarku.

ini soal matematika gampang kok, basically cuma ada angka 0-9 kan? tinggal dikasih operator aja, baru dihitung deh!

dan masih banyak blunder-blunder lainnya. memprihatinkan. mengingat negara kita ini bukan malaysia yang memang mencampur-campurkan bahasa melayu dengan bahasa inggris itu wajar.

***

mengkhawatirkan nih, kalo dibiarkan lama-lama gw takut kalo nantinya bangsa ini kehilangan jati dirinya.

gw gak mau munafik lah, maksudnya kita boleh-boleh aja pake barang atau menikmati teknologi dari barat seperti komputer dan kendaraan, tapi jangan berlebihan juga. kita jangan mau jadi kebo yang bisanya cuma menikmati, tapi seyogyanya kita harus bisa memanfaatkan teknologi tersebut. untungnya sekarang masih ada saja orang yang memperjuangkan itu semua. seperti mengadakan pentas budaya dengan nuansa modern, dengan media dokumentasi dan promosi melalui jejaring sosial maupun blog yang merupakan anak cucu dari westernisasi itu sendiri. marilah kita semua memanfaatkan limbah westernisasi ini untuk dijadikan emas yang bisa memperindah jati diri bangsa Indonesia.

About these ads

About aryasulistyo!

I tend to write to kill my spare-time.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s